Blog

10 Ide Konten Menarik untuk Instagram Bagi Pebisnis Pemula

Bagi kebanyakan pebisnis pemula, Instagram menjadi platform penjualan utama atau bahkan platform satu-satunya untuk meningkatkan awareness, menjangkau customer, dan melakukan penjualan. Namun apa yang harus dilakukan setelah kamu membuat akun untuk bisnismu? Konten apa yang harus dibagikan untuk menarik target customer dan meningkatkan penjualan?

Hal ini sering menjadi kendala bagi pebisnis. Kamu harus bisa membuat konten-konten yang menarik dan relevan bagi target customer bisnismu sehingga mereka ingin mempelajari lebih lanjut produk yang kamu tawarkan. Apabila kamu bingung atau belum tahu konten seperti apa yang harus kamu bagikan, beberapa ide konten di bawah ini bisa menjadi inspirasi untuk akun Instagram bisnismu. 

Baca juga: Instagram Shopping Resmi Diluncurkan di Indonesia!

Foto atau Video Produk

Salah satu cara paling sederhana untuk mulai membuat konten untuk Instagram bisnismu adalah mengunggah foto atau video produk. Namun, foto produk tidak bisa sekadar foto saja. Apabila tidak dilakukan dengan baik, konten bisa terlihat seperti spam dan malah menjauhkan customer

Agar foto atau video terlihat baik, kamu bisa menunjukkan produk dari beberapa sisi. Selain menambah variasi, ini juga memungkinkan kamu untuk menunjukkan fitur-fitur atau keunggulan produkmu. Misalnya, jika kamu ingin menunjukkan bahwa material produkmu berkualitas, kamu bisa menggunakan foto close up agar material terlihat lebih jelas. Ini terutama penting apabila kamu baru mengeluarkan suatu produk. 

Selain itu, gunakan background yang selaras di tiap fotonya. Ini bukan berarti background harus selalu sama, tetapi sebaiknya antara satu background dengan yang lainnya tidak terlalu berbeda agar feed terlihat rapi. Selain itu, pastikan bahwa background tidak membuat produk terlihat kurang jelas. 

Agar memudahkan pengalaman berbelanja customer, kamu juga bisa menambahkan shopping tag Instagram Shopping pada foto produkmu sehingga customer yang tertarik bisa langsung kamu arahkan untuk mempelajari produk lebih lanjut dan melakukan transaksi. 

Bermain dengan Pola Feed

Saat ini banyak akun bisnis di Instagram yang mengatur feed mereka agar membentuk suatu pola. Ini merupakan salah satu cara untuk menarik customer saat mereka pertama kali mengunjungi profil bisnismu. Apabila visual feed menarik perhatian mereka, mereka pun akan lebih lama melihat-lihat kontenmu dan mempelajari lebih lanjut tentang produk yang ditawarkan.

Ada banyak cara untuk mengatur pola feed mulai dari grid diagonal dimana pola foto terus berulang membentuk diagonal, tiles dimana konten diatur secara selang-seling sehingga membentuk pola seperti papan catur, feed berdasarkan baris dimana setiap 3 deret foto pada feed memiliki visual yang serupa, puzzle dimana post satu dengan yang lainnya menyambung, dan banyak lagi. 

Baik kamu menggunakan pola feed tiles, puzzle, jenis lainnya atau bahkan tidak menggunakan pola feed, pastikan kontenmu memiliki koordinasi warna yang konsisten dan sesuai dengan branding yang ingin dibangun agar profilmu terlihat rapi. 

Bangun Gaya Hidup

Selain foto produk, kamu juga bisa membagikan konten yang menunjukkan produkmu sebagai bagian dari gaya hidup. Ini akan membuat produkmu terlihat relevan di mata target customer. Misalnya jika kamu menjual pakaian atau sepatu olahraga, kamu bisa menampilkan foto model yang sedang berolahraga menggunakan produkmu.

Dengan cara ini, kamu juga bisa membangun citra brand-mu. Pada foto seperti ini, kamu bisa menampilkan lebih dari satu produk. Misalnya model menggunakan sepatu dan baju olahraga yang kamu jual. Kemudian pada produk kamu bisa menambahkan shopping tag Instagram Shopping. 

Alhasil, kamu bisa meningkatkan exposure beberapa produkmu lewat satu konten. Selain membuat konten terlihat lebih bervariasi, cara ini juga dapat membantumu memberikan konteks pada produk. Kamu juga bisa menampilkan cara menggunakan produk yang kamu jual. 

Flatlay

Flatlay adalah jenis foto di mana kamu meletakkan barang-barang di atas permukaan datar seperti lantai, tempat tidur, atau meja kemudian menatanya dengan cara yang kreatif. Misalnya jika kamu menjual pakaian, kamu bisa membuat flatlay untuk membagikan inspirasi outfit of the day. Konten flatlay merupakan salah satu tipe konten yang banyak digemari orang karena terlihat bersih, simpel, dan menarik. Pada tipe konten ini, kamu juga bisa menampilkan beberapa produk sekaligus dan menyertakan shopping tag pada masing-masing produk. 

Bagikan Konten yang Bermanfaat untuk Customer

Kamu tidak harus selalu membagikan konten seputar produkmu saja lho. Kamu bisa membagikan konten-konten lain yang bermanfaat bagi customer. Misalnya membagikan quotes yang menarik dan relevan bagi target customer kamu, atau membagikan tips-tips yang masih berhubungan dengan produkmu.

Misalnya jika kamu menjual makanan sehat, kamu bisa membagikan tips seputar menjalani hidup sehat atau video tutorial mengenai cara kreatif menyajikan makanan sehat yang kamu jual. Untuk tipe konten seperti ini, kamu bisa menggunakan pola feed tiles. Kamu juga bisa memanfaatkan konten ini untuk mendorong orang mengunjungi websitemu. Misalnya jika kamu membagikan tips, kamu bisa mengajak customer untuk membaca tips lebih lanjut di blog pada website. 

Meme atau Konten Menghibur Lainnya

Meme atau konten lucu bisa menjadi konten yang membantumu meningkatkan jangkauan audiens. Selain menghibur audiens, konten lucu juga mendorong orang untuk membagikannya ke teman-teman mereka sehingga awareness bisnismu juga semakin meningkat. 

Kamu bisa menggunakan meme atau budaya pop yang sedang tren sehingga konten lebih segar dan menarik. Selain itu, sebaiknya konten lucu ini juga relevan dengan bisnis atau produk yang kamu tawarkan maupun persona brand yang ingin dibangun. Meme atau konten lucu ini juga bisa menjadi cara kreatif bagi kamu untuk menunjukkan keunggulan produkmu. 

Konten Interaktif

Jenis konten lainnya yang bisa kamu coba adalah konten interaktif seperti konten yang mengajukan pertanyaan, game, quiz, atau giveaway. Jenis konten ini umumnya efektif untuk meningkatkan engagement dan membangun komunikasi dengan followers

Selain itu, cara ini juga bisa membantumu mendapatkan insights dari audiens yang bisa membantumu mengoptimalkan penjualan dan mengembangkan produk. Untuk konten seperti ini, kamu bisa menambahkan CTA atau call to action pada caption misalnya mengajak followers untuk meninggalkan komentar, men-tag teman mereka, atau klik link pada bio. 

Testimoni

Setelah customer selesai bertransaksi, kamu bisa menanyakan mengenai kepuasan mereka. Apabila mereka puas, kamu bisa meminta mereka untuk membagikan foto mereka menggunakan produkmu dan meminta review dari mereka. Kamu bisa membagikan foto tersebut sebagai bentuk testimonial. Konten testimonial dapat membantu meningkatkan penjualanmu karena meningkatkan kepercayaan calon pembeli. 

Terkadang ada juga customer yang mengunggah foto mereka saat menggunakan produk dan men-tag akun Instagram bisnismu. Kamu bisa membagikan konten seperti ini sebagai bentuk dari testimoni. Jangan lupa untuk izin terlebih dahulu dan berikan mereka kredit pada caption. Hal ini dapat mendorong customer lainnya untuk ikut membagikan foto mereka menggunakan produkmu.

Konten Behind The Scene

Konten behind the scene bisa jadi salah satu alternatif untuk konten Instagram bisnismu. Bagikan foto timmu yang mencerminkan persona dari brand atau menunjukkan proses di balik layar. Misalnya jika kamu menjual tas kulit, kamu bisa menampilkan foto saat tas kulit tersebut sedang dibuat. Konten seperti ini akan membuat brand terlihat lebih personal dan customer pun merasa lebih dekat dengan brand.

Konten Momen Spesial

Customer biasanya senang melihat konten untuk momen-momen spesial misalnya konten spesial liburan akhir tahun, Natal, atau tahun baru. Kamu bisa membagikan konten musiman untuk momen-momen tersebut. Pastikan kamu mengunggahnya di hari dan momen yang tepat agar konten tetap relevan. Selain dapat menarik customer, ini juga salah satu cara untuk membangun hype terhadap brand-mu terutama apabila kamu akan mengadakan promo pada momen tersebut. 

Baca juga: Bisa Jadi Inspirasi, Ini 6 Brand yang Menggunakan Instagram Shopping

Ada banyak cara yang bisa kamu eksplorasi untuk membuat konten yang menarik bagi Instagram bisnismu. Yang terpenting, kamu bisa menyesuaikannya dengan apa yang relevan dan menarik bagi target customer-mu agar pada akhirnya konten tersebut bisa mendorong tingkat penjualan. 

Kamu juga bisa mengaktifkan Instagram Shopping di akun Instagram brand atau bisnis-mu! Dalam beberapa minggu, katalog produk di website SIRCLO Store akan bisa langsung dihubungkan ke Instagram Shopping; mempermudah brands untuk menjajakan produk di Instagram, meningkatkan exposure brand, serta memanfaatkan fitur-fitur unggulan Instagram Shopping. Jika kamu belum memiliki website toko online, kamu bisa mulai membuat website e-commerce dengan harga mulai dari Rp 275.000 per bulan di sini!

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!