Blog

Alasan Kenapa Toko Perlui Punya Website

3 Alasan Kenapa Brand Perlu Website Sendiri

Tahun 2020 merupakan tahun duka saat semua orang banyak menghabiskan waktunya di rumah. Hal ini berpengaruh pada tren belanja yang mulai berjalan secara digital. Menurut data yang dihimpun oleh Google terhadap beberapa brand yang tersebar di Indonesia, Singapura, dan Thailand memperlihatkan lebih dari 90% pengguna mengatakan bahwa mereka akan terus menggunakan layanan berbelanja online via website di masa mendatang.

Temuan lain terlihat bahwa 55% pembeli sudah menggunakan situs website selama aktivitas mereka dalam membeli barang. Hal ini menunjukkan bahwa website merupakan saluran penting untuk urusan belanja secara digital selain lewat pasar langsung. Maka dari itu, terdapat banyak manfaat jika brand kamu memiliki website sendiri. Simak 3 alasan kenapa brand kamu perlu memiliki website sendiri.

Pembeli Menginginkan Menjelajahi Produk Secara Mendalam

Akibat adanya pandemi, aktivitas belanja semakin ramai dilakukan lewat belanja online. Langkah inilah yang perlu dipahami. Berikan pengalaman yang menarik dan unik saat pembeli berkunjung ke websitemu. Kamu bisa tampilkan foto, video, atau bentuk grafis lain yang menguraikan detail dan harga produk. Dengan begitu kamu bisa memanjakan mata pembeli.

Hasil penelitian bahkan menyebutkan bahwa 41% pembeli mengatakan bahwa para pembeli semakin termotivasi untuk menggunakan situs website untuk tempat berbelanja online karena mereka menawarkan spesifikasi produk yang jelas, menampilkan spesifikasi produk melalui aset foto atau video, dan mudah dinavigasi.

Salah satu satu pembeli asal Singapura memberikan ulasan mengenai metode berbelanja online lewat website. Menurutnya dengan berbelanja lewat website, ia bisa mengunjunginya beberapa kali bahkan satu sampai empat kali untuk mengetahui apakah ada hubungan emosional dengan produk tersebut atau tidak. Hal itu ia lakukan sampai mendapatkannya.

Baca juga: 3 Brand Memanfaatkan Chat Commerce Sebagai Sarana Meningkatkan Penjualan

Pembeli Ingin Berbelanja Secara Aman dan Dibantu Membuat Keputusan Belanja

Sebagai pembeli, rasa keinginan berbelanja yang mudah dan aman sangat mereka harapkan. Saat memiliki website belanja dan memberikan rasa keamanan yang tinggi kepada pembeli, maka mereka pun akan semakin rajin berbelanja lewat websitemu. Apalagi ditambah menurut data dengan sumber yang masih sama menyebutkan 42% pembeli mengatakan mereka merasa produk yang mereka beli dapat dipercaya atau asli, sementara 41% mengatakan mereka yakin bahwa informasi di situs web itu benar.

Selain itu, pembeli juga menggunakan website sebagai medium belanja online dengan harapan untuk membuat keputusan pembelian yang lebih tepat. Hal ini dilatarbelakangi karena belanja online seperti ini kerap kali terdapat promo menarik. Promo tersebut bisa dalam bentuk diskon, cashback, ataupun gratis ongkos kirim. Saat promo berkeliaran ditambah notifikasi yang muncul di hadapan para pembeli, maka pembeli pun semakin mudah dalam membuat keputusan berbelanja.

Pembeli Ingin Terhubung Dengan Brand Lewat Pelokalan Produk

Saat pembeli baru yang ingin mulai melakukan aktivitas belanja online lewat website, hal pertama yang mereka perhatikan adalah bahasa di website tersebut. Apalagi jika pembeli tersebut kurang memahami penggunaan bahasa asing. Selain itu, produk-produk lokal pun bisa jadi alasan pembeli untuk sekedar melihat sampai membelinya. Penggunaan bahasa asing bisa menyulitkan pembeli untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk atau opsi pengiriman yang ditawarkan.

Dari pendekatan bahasa dan produk yang dilokalkan, akan muncul rasa yang terhubung dari pembeli ke website tempatnya melakukan belanja online. Rasa terhubung ini bisa memberikan rasa nyaman sehingga menimbulkan ketergantungan dari pembeli terhadap website terkait. Jika sudah memasuki tahap ketergantungan, pembeli akan membeli barang jenis apapun pasti di website tersebut.

Baca juga: Ide Kemasan yang Ramah Lingkungan untuk Produk Bisnis Onlinemu

Sangat penting bagi kamu untuk segera berinvestasi membuat website yang mumpuni untuk menampung brandmu. Saat ini banyak pembeli ingin dapat menemukan, meneliti, mengevaluasi pilihan mereka, dan melakukan pembelian dengan lancar. Membangun hubungan dengan pembeli lewat website merupakan kunci pertumbuhan bisnis di masa depan.

Tuntutan zaman yang memuat semuanya serba digital tak perlu kamu risaukan. Kamu bisa membuat toko online berupa website yang menarik dan bahkan sesuai dengan keinginanmu lewat SIRCLO Store. SIRCLO Store memungkinkan kamu untuk berjualan secara efisien dan menjangkau lebih banyak audiens karena toko onlinenya dapat terhubung dengan marketplace dan Whatsapp. Alhasil, kamu bisa mengelola banyak channel penjualan dengan mudah, cepat, dan tepat.

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce terdepan di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan solusi yang terbagi menjadi 2 kategori utama, yaitu solusi entrepreneur dan enterprise. Pada kategori entrepreneur, SIRCLO menawarkan platform pengelolaan toko online UMKM untuk berjualan di 3 platform yang berbeda (website, marketplace, chat commerce), yaitu SIRCLO Store. Pada kategori enterprise, SIRCLO menawarkan layanan e-commerce enabler secara end-to-end melalui SIRCLO Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui ICUBE by SIRCLO.

SIRCLO telah melayani lebih dari 100.000 brands untuk mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear, serta dipercaya oleh brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, dan Levi’s. Berlokasi di Green Office Park 1, The Breeze (BSD – Serpong), hari ini SIRCLO memiliki 700 karyawan serta perwakilan yang berbasis di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.SIRCLO.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!