Blog

3 Cara Ampuh Mendorong Pelanggan Berbelanja di Website Toko Online

Berbisnis online sangatlah mudah dengan adanya sosial media seperti Facebook, Instagram dan Pinterest. Keuntungan berbisnis online melalui sosial media tidak dapat dipungkiri. Tanpa dikenakan biaya, kamu sudah bisa berinteraksi dengan pelanggan untuk berbisnis online. Dengan sosial media, foto produk kamu dapat ditata dengan rapi dan dapat dengan mudah diakses oleh kalangan luas. Strategi hashtags juga membantu kamu untuk mendapatkan pelanggan yang baru.

Namun, sosial media bukanlah cara terbaik untuk berbisnis online secara produktif. Komunikasi antara penjual dan pembeli sering harus dilakukan dengan aplikasi lain, seperti WhatsApp atau LINE. Transaksi yang dilakukan pun manual dan memungkinkan untuk terjadinya hit and run oleh pembeli. Adapun kerugian lainnya dari berbisnis online melalui sosial media ialah terbatasnya jam operasi sehingga pelanggan tidak dapat berbelanja kapan saja.

Hal inilah yang menyebabkan maraknya pebisnis online yang akhirnya memutuskan untuk membuat website toko online. Selain memperkuat identitas brand, website toko online juga dapat memberikan solusi pada masalah-masalah di atas. Dengan website toko online, pelanggan dapat melakukan percakapan dengan penjual di website toko online itu sendiri tanpa harus membuka aplikasi lainnya. Pelanggan juga dapat melihat katalog produk dan melakukan transaksi kapan saja tanpa harus melakukan komunikasi langsung dengan penjual.

Apabila kamu sudah berjualan online, akan timbul rasa kekhawatiran dengan ide membuat toko online. Hal ini disebabkan oleh pelanggan kamu yang sudah terbiasa dengan cara belanja manual. Akan tetapi, ada beberapa cara yang ampuh untuk mendorong pelanggan agar mau melakukan transaksi di website toko online kamu.

  1. Jual Produk Ekslusif di Website Toko Online
    Untuk menarik perhatian pelanggan yang senantiasa belanja melalui sosial media, unggah beberapa produk terbaik yang hanya bisa dibelanjakan di website toko online kamu. Selain itu, kamu juga bisa memilih satu atau dua warna yang paling menarik di koleksi produk kamu untuk dijadikan produk eklusif website toko online. Dengan demikian, pelanggan akan berusaha belajar bagaimana caranya belanja online di website toko online kamu.
  1. Diskon untuk Transaksi di Website Toko Online
    Diskon adalah cara promosi yang paling sering dilakukan oleh para pebisnis, terutama pebisnis online. Trik yang dapat dilakukan untuk mendongkrak transaksi di website toko online kamu adalah memberikan kode kupon yang dapat dimasukkan saat melakukan proses pembayaran. Misalnya, khusus untuk hari Batik Nasional pada tanggal 2 Oktober, kamu sebarkan kode kupon CINTABATIK30 untuk diskon sebesar 30% bagi pelanggan yang belanja di website toko online.

    Diskon menarik lainnya adalah diskon member. Dengan mendaftarkan alamat e-mail di website toko online kamu, pelanggan berkesempatan mendapatkan hadiah khusus atau diskon khusus pada hari ulang tahunnya dan pada hari-hari penting lainnnya.

  1. Loyalty Points di Website Toko Online
    Salah satu tantangan dalam berbisnis adalah menjaga hubungan baik dengan pelanggan agar mereka mau berbelanja di toko online kamu terus-menerus. Dengan sistem loyalty points, kamu dapat memberikan insentif tinggi bagi pelanggan untuk sering berbelanja. Misalnya, untuk setiap pembelian sebesar Rp 50.000, pelanggan mendapatkan 1 poin. Poin dapat dikumpulkan sampai mencapai angka-angka tertentu untuk ditukarkan dengan reward yang menarik.

Cara-cara di atas dapat kamu praktekkan langsung untuk mendorong pelanggan berbelanja di website toko online kamu. Namun ingat, 3 cara diatas bukanlah cara yang mutlak. Kamu harus bisa berkreasi dan berani bereksperimen untuk menemukan cara yang paling ampuh dalam mendorong pelanggan untuk berbelanja di website toko online.

Untungnya, kamu tidak perlu khawatir dengan masalah teknis dalam mengimplementasikan cara-cara di atas karena website toko online SIRCLO telah dilengkapi oleh fitur-fitur marketing yang lengkap. Contohnya, diskon khusus member baru, diskon ulang tahun, diskon member, dan loyalty points. Dengan fitur seperti ini, kamu hanya perlu memikirkan strategi harga yang baik agar diskon ini menarik bagi pelanggan.

Kami mengerti bahwa kesuksesan bisnis online Anda adalah yang paling utama.

Mulai kisah sukses Anda sekarang juga!