Blog

3 Dokumen Legalitas Bisnis yang Harus Dimiliki Bisnis Online

Memulai dan menjalankan bisnis bukan hanya soal mencari modal dan menjual produk. Diperlukan juga sejumlah syarat administratif yang harus dipenuhi agar bisnis diakui secara sah, termasuk juga bisnis online.

Apalagi, sejak tahun lalu pemerintah telah mengeluarkan peraturan dimana bisnis online juga harus memiliki izin usaha. Memiliki dokumen legalitas yang lengkap tidak hanya penting sebagai bukti bahwa bisnismu berjalan atas dasar hukum, tetapi juga dapat memudahkanmu dalam menjalankan bisnis.

Baca juga: Bagaimana Pengaruh Harbolnas Terhadap Perekonomian Digital di Indonesia?

Dengan memiliki dokumen-dokumen penting, bisnismu jadi terlihat lebih kredibel dan dapat dipercaya. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan akses untuk pemberdayaan, pelatihan, dan pendanaan. Sejumlah bentuk kerjasama juga mensyaratkan bisnis untuk memiliki dokumen legal. Dengan memiliki dokumen-dokumen tersebut, kamu akan lebih mudah untuk menjalin kerjasama untuk suatu proyek.

Bagi kamu yang menjalankan bisnis online, berikut beberapa dokumen bisnis yang perlu kamu miliki.

NIB

NIB atau Nomor Induk Berusaha merupakan identitas pelaku usaha yang dapat memudahkan kamu untuk mendapatkan perizinan usaha. Dengan adanya NIB, pelaku usaha tidak perlu lagi mengurus surat izin usaha seperti SIUP, TDP, dan sebagainya. 

NIB wajib dimiliki pebisnis yang ingin mengurus izin usaha. Untuk mendapatkan NIB, kamu hanya perlu melakukan pendaftaran secara online di Online Single Submission (OSS) dengan mengisi NIK dan data-data lainnya yang diperlukan. Dengan memiliki NIB, kamu akan secara otomatis memiliki SIUP dan TDP. NIB juga tidak memiliki batas masa berlaku.

IUMK

IUMK (Izin Usaha Mikro Kecil) merupakan izin usaha bagi usaha mikro dan kecil. Dengan memiliki izin ini, kamu bisa mendapatkan akses ke pemberdayaan yang bisa membantumu mengembangkan usaha. Yang termasuk dari usaha mikro adalah usaha dengan omset tahunan maksimal Rp 300 juta sementara usaha kecil merupakan usaha dengan omset tahunan maksimal Rp 2,5 miliar. 

Kamu juga bisa mendapatkan IUMK melalui OSS. Beberapa syarat dokumen yang diperlukan untuk mengajukan IUMK di antaranya surat pengantar dari RT atau RW, KTP, Kartu Keluarga, pas foto, dan formulir IUMK. 

NPWP Badan Usaha

Dokumen legalitas lain yang perlu dimiliki bisnis online adalah NPWP Badan Usaha. NPWP diperlukan untuk mengurus wajib pajak mulai dari menghitung, membayar, dan melapor pajak. Selain untuk perpajakan, NPWP juga diperlukan untuk mengurus dokumen perizinan usaha lainnya. 

NPWP Badan Usaha sendiri terbagi menjadi 3, yakni untuk Badan Usaha Berorientasi Laba, orientasi non-profit, dan Badan Usaha Operasi Kerjasama. Kamu bisa mengurus NPWP Badan Usaha secara online melalui situs Dirjen Pajak atau langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

Dengan memiliki 3 dokumen di atas, kamu dapat mendapatkan akses yang lebih luas ke berbagai kesempatan untuk mengembangkan bisnis dan memperluas jaringan sekaligus meningkatkan kepercayaan konsumen. Selain itu, kamu juga bisa meningkatkan peluang bisnis dan kerjasama dengan berbagai instansi baik swasta maupun lembaga pemerintahan. 

Baca juga: SIRCLO Dukung UMKM dan Brand Lokal melalui Program #MulaiSekarang

Kini kamu bisa mulai berjualan online dengan solusi teknologi yang terjangkau dari SIRCLO melalui program #MulaiSekarang! Berjualan dengan website mulai dari Rp 275,000 per bulan. Dengan menjadi pengguna SIRCLO, kamu bisa mendapatkan potongan biaya dari Rekan Legal untuk layanan pengurusan dokumen legal seperti NIB dan IUMK mulai dari Rp 299,000 juga loh! Penawaran ini berlaku hingga 31 Desember 2020.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!