Blog

3 Hal Penting yang Bisa Jadi Boomerang Saat Berbisnis Online

Jika kamu ingin memulai sebuah bisnis online maka berhati-hatilah karena ada beberapa hal yang nantinya malah bisa menjadi boomerang saat berbisnis online. Memulai bisnis online bukanlah suatu perkara yang mudah namun disitulah nanti kamu akan belajar bagaimana mengelolanya dengan baik dan benar.

Tantangan dalam Bisnis Online

Tantangan utama dalam menjalankan bisnis online sebenarnya adalah para pembeli itu sendiri dan kamu sebagai pendiri. Disini kamu tidak hanya menjual sebuah barang lalu mendapatkan uang, namun juga kamu ditantang untuk memenuhi permintaan pasar serta menghadapi persaingan-persaingan yang ada di luar. Selain itu, ada banyak sekali faktor dari dalam yang mempengaruhi perkembangan bisnis kamu sendiri.

Boomerang dalam Bisnis Online

1. Money Oriented vs Value Oriented

Dua hal ini bisa menjadi hal penting yang dapat memajukan atau bahkan menghancurkan bisnis online kamu. Bagi pebisnis yang terlalu berorientasi terhadap keuntungan semata, maka hal itu malah akan jadi sebuah boomerang saat berbisnis online. Bukanlah suatu hal yang baik ketika seorang pebisnis terlalu mementingkan keuntungan sehingga mengesampingkan kualitas dari barang itu sendiri.

Pembeli adalah raja merupakan ungkapan yang tepat karena mereka layak untuk mendapatkan pelayanan yang baik saat membeli, salah satunya adalah kualitas barang yang baik. Selain itu, mereka juga memiliki hak untuk membandingkan barang dari satu toko ke yang lainnya. Disini akan terjadi kondisi dimana para penjual akan berusaha merebut hati calon pembelinya. Salah satu hal yang dilakukan adalah dengan memperbaiki atau bahkan menaikkan nilai dari barang tersebut.

2. Prinsip Salah mengenai Solo Fighter

Yang dimaksud dengan Solo Fighter disini adalah ketika kamu berambisi mengerjakan bisnis online kamu sendiri tanpa membutuhkan bantuan dari orang lain. Pada awalnya hal ini memang baik, namun ketika bisnis online kamu berkembang maka kamu akan membutuhkan orang lain. Kemampuan serta keahlian kamu tidak akan bekerja secara maksimal karena kamu akan dituntut serta diforsir untuk mengerjakan segala sesuatunya sendiri. Akibatnya, kualitas dari produk yang kamu hasilkan tentunya akan menurun karena tidak dikerjakan secara maksimal.

Solusi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengajak partner bisnis dimana akan membantu serta meringankan kerja kamu. kamu bisa mengajak beberapa beberapa kerabat, teman, atau bahkan keluarga yang memiliki potensi serta keahlian yang sesuai dengan bisnis kamu untuk dijadikan partner berbisnis. Dengan begitu kamu akan lebih fokus dalam usaha mengembangkan bisnis online kamu.

3. Menjual Barang yang Tidak Dibutuhkan

Menjual sesuatu yang unik, menarik serta tidak ada yang menandingi memang suatu ide awal yang bagus dalam melakukan bisnis online. Namun, ketika kamu menawarkan barang-barang yang tidak dibutuhkan pasar, itu akan menjadi suatu hal yang percuma bukan? Banyak kasus dimana para pebisnis memiliki konsep ide berjualan yang bagus, barang yang diproduksi juga sangat unik, tetapi bisnis tersebut tidak mampu bertahan lama.

Kita dapat belajar dari selera orang Indonesia yang terlalu mengikuti tren masa kini. Mereka akan tertarik dan mau membeli hanya untuk mengikuti tren yang ada saja, selanjutnya barang kamu tidak akan menarik minat mereka lagi. Solusinya adalah dengan mengukur permintaan pasar serta memprediksi tren yang tengah berkembang. Jika orientasi bisnis online kamu adalah pada barang yang sedang tren, maka mulai sekarang berfikirlah untuk mengembangkannya agar dapat terus diminati orang banyak. Jangan sampai apa yang awalnya berjalan baik, pada akhirnya akan menjadi sebuah boomerang saat berbisnis online.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!