Blog

bisnis tanpa modal

Mau Bisnis Tanpa Modal? Intip 6 Ide yang Bisa Kamu Coba!

Apakah kamu sedang mencari ide bisnis tanpa modal?

Sepertinya, sekarang ini hampir semua orang ingin menjadi entrepreneur dan memulai bisnis sendiri. Sayangnya, banyak juga yang jadi patah semangat karena beranggapan bahwa memulai bisnis harus selalu mengeluarkan modal besar.

Mengajukan modal pinjaman ke bank atau lembaga keuangan lain juga biasanya perlu agunan dan persyaratannya tidak mudah. Apa kamu juga mengalami hal yang sama?

Namun, jangan sedih dulu, masih ada banyak kesempatan untuk memulai bisnis dengan modal sedikit atau bahkan bisnis tanpa modal sama sekali.

Baca Juga: 6 Media Terbaik Untuk Bantu Pasarkan Bisnismu

Ide Bisnis Tanpa Modal

Coba pertimbangkan beberapa ide di bawah ini sebagai inspirasi untuk memulai bisnis kamu sendiri tanpa memusingkan modal.

1. Membuat Produk Sendiri

Foto: SIRCLO Photo Stock

Gunakan skill dan pengetahuan yang sudah kamu miliki untuk memulai bisnis tanpa modal sekarang juga.

Banyak bisnis yang diawali dari hobi atau keterampilan sederhana dan menjadi sukses karena dijalankan dengan penuh passion.

Pikirkan apa yang bisa kamu buat atau lakukan untuk orang lain dengan bayaran tertentu, misalnya:

  • Punya hobi merajut? Mulailah dengan membuat beberapa tas rajut dengan design yang sedang trend saat ini.
  • Mahir merangkai bunga atau parsel? Kamu bisa mulai dengan menawarkan jasa membuat rangkaian bunga atau hampers untuk hadiah ulang tahun, valentine, ataupun wisuda.
  • Lukisan atau doodle sering dipuji teman? Coba buat tampilan tas, baju, atau sepatu polos menjadi lebih unik dengan skill kamu ini.

Membuat produk sendiri memang perlu sedikit modal, tapi bisa dijual dengan harga berkali lipat dari biaya produksi.

Masih tidak cukup modal untuk produksi? Tunjukkan beberapa karya yang pernah kamu buat sebagai referensi dan gunakan sistem pre-order agar customer bisa membayar di muka.

Baca Juga: Berikut Alasan Mengapa Review Produk Penting Untuk Bisnismu

2. Menjual Produk Orang Lain

Apa kamu merasa kurang kreatif atau tidak mau repot membuat sesuatu? Jika iya, sudah banyak contoh bisnis besar yang dimulai dengan menjual produk yang dibuat oleh pihak lain.

Coba pilih mana yang paling sesuai untuk kamu sebelum menjalani bisnis tanpa modal:

  • Dropship

Dengan cara ini, kamu bisa mulai berjualan berbagai jenis barang tanpa modal sedikit pun. Pada intinya, kamu akan bekerjasama dengan produsen atau supplier untuk menjual barang mereka dengan harga khusus. Yang harus kamu lakukan hanya mencari pembeli serta mengirimkan data pembeli dan melakukan pembayaran pada supplier.

  • Menjual produk dengan niche spesifik

Tertarik dengan segala hal berbau vintage? Coba cari berbagai barang atau baju vintage yang bisa dibeli dengan harga murah di toko antik, pasar loak, dan garage sale, lalu jual kembali dengan harga lebih tinggi.

3. Go Online

Foto: SIRCLO Photo Stock

Sudah mendapat inspirasi untuk memulai bisnis tanpa modal tapi bingung cara promosi?

Agar bisa cepat berkembang dan menjangkau lebih banyak calon customer potensial, manfaatkan berbagai platform online untuk melakukan promosi dan menjual produk.

  • Media Sosial

Kamu bisa mulai dengan membuat akun khusus di Facebook, Instagram, atau keduanya. Sebagai awal, kamu bisa menampilkan beberapa foto berkualitas baik, lalu berikan caption menarik dan gunakan hashtag yang relevan dengan produk yang kamu tawarkan.

  • Marketplace

Cukup dengan membuat akun dan mengunggah foto serta deskripsi produk kamu sudah bisa mulai berjualan. Tapi harus diingat bahwa marketplace biasanya tidak mengakomodasi sistem pre-order.

  • Toko Online Gratis

Mempunyai toko online sendiri bisa meningkatkan kredibilitas bisnis kamu di mata customer. Penyedia jasa pembuatan website toko online murah biasanya menawarkan free trial.

Salah satunya SIRCLO yang bahkan menawarkan Paket Starter tanpa syarat dan batas waktu. Cocok sekali untuk para pemula bisnis online yang masih menyesuaikan diri dengan e-Commerce.

Baca Juga: 8 Produk Jualan Online Terlaris di Marketplace, Apa Saja?

4. Freelance

Bisnis tanpa modal berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjadi freelancer atau pekerja lepas.

Di dunia yang serba digital saat ini, semakin banyak orang yang mencari penulis atau editor lepas. Kamu yang memiliki skill menulis dan mengedit pun punya peluang yang besar untuk menghasilkan uang dari cara ini.

Kamu bisa mencari peluang penghasilan dengan layanan jasa tersebut melalui berbagai situs freelance.

Selain menulis atau mengedit, kamu juga bisa mencoba peruntungan menjadi penerjemah bahasa. Biasanya, banyak perusahaan yang membutuhkan penerjemah Bahasa Inggris, Bahasa Korea, atau Bahasa Mandarin.

Meski tanpa mengeluarkan biaya, kamu bisa memeroleh keuntungan sebanyak-banyaknya jika mencoba menjadi freelancer.

Kamu pun bisa menghandle lebih dari satu freelance sehingga lebih banyak uang yang diperoleh.

5. Blogging/Vlogging

Foto: SIRCLO Photo Stock

Banyaknya tren yang bermunculan di media sosial bisa menjadi peluang yang bagus untuk kamu jika ingin menjalani bisnis tanpa modal. Misalnya, dengan menjadi blogger atau vlogger.

Kamu bisa membuat website sendiri untuk menulis berbagai konten kekinian. Jika jumlah pengunjung websitemu banyak, potensi untuk memasang iklan internet pun semakin besar.

Dengan demikian, website kamu bisa menghasilkan uang.

Sementara itu, bagi kamu yang memiliki skill public speaking yang bagus dan percaya diri untuk tampil di depan kamera, bisa mencoba menjadi vlogger.

Pilihlah tema vlog yang sesuai dengan passion kamu. Misalnya, membagikan tips dan trik seputar pendidikan, kecantikan, memasak, fashion, dan lainnya.

Semakin menarik video atau konten yang kamu sajikan, akan semakin banyak pula audiens yang menonton video kamu.

Kamu pun bisa memeroleh banyak keuntungan melalui iklan yang tersemat dalam vlogmu.

Namun, jika kamu ingin menjadikan blog dan vlog ini sebagai bisnis, pastikan kamu konsisten dalam mengunggah konten sehingga pembaca atau penonton terus terhubung denganmu.

Jangan lupa juga untuk selalu melek tren dan up to date dengan perkembangan media sosial. Jadi, konten yang kamu buat selalu relevan bagi pembaca atau penonton.

Baca Juga: 6 Tips Memasarkan Produk Secara Online dengan Budget Terbatas

6. Jasa Desain Digital

Menyediakan jasa desain secara digital juga salah satu ide bisnis tanpa modal yang bisa kamu coba.

Jika kamu terampil menggambar atau membuat ilustrasi digital, manfaatkanlah sebaik mungkin untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Kamu bisa membuat aneka ilustrasi digital sesuai permintaan konsumen. Misalnya, ilustrasi dari foto yang berisi ucapan ulang tahun atau wisuda.

Ini bisa menjadi pilihan hadiah yang menarik dan paling dicari oleh pelanggan. Semakin menarik atau semakin sulit ilustrasi yang kamu buat, maka harga jasanya bisa semakin tinggi.

Kamu pun bisa promosi secara gratis di media sosial yang ada, seperti Instagram atau Twitter.

Unggah juga karya-karya yang telah kamu buat sebelumnya sehingga audiens tertarik untuk menyewa jasa gambarmu.

Itu dia berbagai ide bisnis tanpa modal yang bisa kamu coba sekarang juga. Jadi percaya kan, modal itu bukan halangan untuk memulai bisnis?

Yuk coba perhatikan, skill dan keterampilan apa yang kamu miliki sekarang, lalu manfaatkan sebaik mungkin sebagai modal awal.

Selama kamu punya passion, ketekunan, serta kemauan untuk belajar dan terus berinovasi, kesuksesan sebagai entrepreneur bisa segera kamu raih, lho.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!