Blog

4 Langkah Mudah Membangun Blog E-Commerce

Terpikir membuat blog untuk toko online kamu? Apakah benar blog itu akan berguna? Jawabannya cukup mudah bagi kita: iya.

Di SIRCLO, artikel blog terus dikembangkan untuk menghasilkan konten yang banyak dengan tujuan menjaring lebih banyak leads atau minat konsumen – manfaat yang sama juga akan kamu dapatkan saat mulai blogging. Semakin banyak blog yang kamu hasilkan, semakin tinggi jumlah traffic yang akan didapatkan dengan bertambahnya konten dalam situs kamu. Saat Google melakukan review pada website, ia akan menempatkan situs dengan halaman dan konten yang banyak pada posisi lebih tinggi. Bisnis B2B yang nge-blog secara teratur juga terbukti menerima leads sebesar 67% lebih daripada yang tidak melakukannya sama sekali.
 
Saat nge-blog, kamu pun bisa mengambil kesempatan untuk showcase produk yang kamu jual atau informasi apa saja yang sejalan dengan bisnis kamu. Blogging memberikan karakter dan suara pada brand kamu sehingga setiap pembaca mendapatkan kesempatan untuk memahaminya secara lebih dalam.
 
Jadi, bagaimana pembuatan blog ini dimulai? Coba ikuti dulu 4 tahap mudah di bawah ini!
 

Tahap 1: Cari ide-ide yang baru dan bermanfaat

 

Tahap pertama dimulai dengan mencari topik. Apa pun bisa dibahas dalam blog selama itu bisa dikaitkan dengan ruang bisnis di mana kamu memang memiliki keahlian. Seperti review mengenai produk, event atau kegiatan sosial yang dijalani, atau informasi bermanfaat lainnya seperti tips & trik untuk penggunaan dan pemeliharaan suatu produk dengan baik. Tutorial produk DIY (Do It Yourself) juga bisa menjadi gagasan kamu untuk mendorong kreatifitas para pembaca.
 
Intinya, jangan semata-mata membuat blog untuk menaikkan traffic toko online kamu. Lakukan riset dan temukan trend yang sedang diminati oleh audiens kamu. Tentunya, blog ditulis dengan tujuan untuk dibaca. Buatlah konten yang bersifat informatif sehingga berguna bagi para pembaca. Minat mereka akan semakin tinggi kalau artikel kamu bisa menjadi sebuah problem-solver atau pemecah masalah

 

Tahap 2: Susun jadwal post dengan baik

 

Menyusun jadwal posting akan membantu kamu untuk mengorganisir blog sehingga tanggal-tanggal penting yang sudah ditetapkan tidak akan terlewat. Jangan tunggu sampai hari-H untuk mulai brainstorming ide. Setidaknya sempatkan pada satu (atau lebih baik, dua) minggu sebelumnya untuk menentukan topik dan judul artikel yang ingin kamu post, lengkap dengan waktu penulisan dan tanggal artikel akan dimuat live dalam blog. Sesuaikan topik artikel blog kamu dengan jadwal posting media sosial untuk memastikan tidak akan ada konten yang akan clash.

 

 

Tahap 3: Kembangkan artikel

 

Saat memasuki tahap pengembangan artikel, kamu bisa memacu pada poin-poin di bawah ini:
  • Gunakan headline atau judul artikel yang kuat. Headline blog adalah salah satu aspek terpenting karena judul merupakan kontak pertama pembaca dengan artikel kamu.

Catatan: Untuk membuatnya semakin catchy, kamu bisa menggunakan angka, kata sifat yang menarik (penting, hebat, unik, effortless, free, menyenangkan), gagasan rasional (fakta, alasan, ide, taktik, rahasia, trik, cara), kata trigger (apa, bagaimana, kapan, kenapa) dan ‘janji’ manfaat apa yang pembaca dapatkan dengan membaca artikel kamu.
  • Bagi konten artikelnya ke beberapa poin. Dari sana, kembangkan secara sistematis satu per satu.

  • Untuk artikel yang bersifat informatif, akan semakin baik kamu kamu bisa mengambil referensi dari berbagai narasumber untuk mendukung argumen kamu.

  • Gunakan visual yang menarik, video, atau infografik yang dapat memperjelas penyampaian.

  • Sisakan bagian akhir pada artikel untuk meringkas poin-poin takeaway untuk para pembaca dan arahkan mereka untuk mengunjungi situs utama toko online kamu.

Tahap 4:  Promote!

 

Tahap ke-empat dan terakhir adalah promosi! Kamu bisa memulai dengan menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, atau Instagram.
 
Pastikan untuk menyesuaikan tampilan promosi artikel kamu dengan setiap medium yang dipakai. Misalnya, menggunakan image berkualitas tinggi yang mampu menggambarkan topik artikel tersebut untuk Instagram – atau membahas konten blog post itu secara singkat di Twitter dalam bentuk rentetan ‘kultwit’ atau kuliah Twitter. Salah satu keuntungan menggunakan media sosial adalah kesempatan untuk menampilkan visual dan juga kalimat deskriptif yang bisa mendukung headline kamu.
 

Penting juga untuk memperhatikan kapan saja audiens kamu aktif untuk mengatur jadwal posting pada waktu yang tepat. Keuntungan lain dari Facebook dan Twitter adalah kamu bisa schedule post tersebut sehingga dapat di-post secara otomatis pada jam-jam tertentu. Tergantung budget yang dimiliki, kamu juga bisa menggunakan ads (iklan) berbayar untuk memperluas jangkauan post tersebut pada netizens dengan latar belakang yang sesuai target dan juga untuk mendapatkan respon yang lebih bervariasi.

 

Pada akhirnya, blogging tidak harus dibawa ribet dan pusing. Pembuatannya mudah, berbiaya efisien, dan kalau dilakukan dengan tepat tidak akan memakan waktu secara berlebihan.
 
Jadi apa lagi yang kamu tunggu? Start creating your blog now!
 

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!