Blog

4 Platform Jualan Online yang Cocok untuk UMKM

Merambah ke platform digital kini bisa dibilang sudah menjadi suatu keharusan bagi bisnis, termasuk juga UMKM. Apalagi di tengah pandemi seperti saat ini, beralih ke platform digital dapat menjadi solusi agar bisnis dapat bertahan. Menurut data dari salah satu provider telekomunikasi Telkomsel, pemanfaatan platform digital oleh UMKM di masa pandemi meningkat 15%.

Ini menunjukkan pentingnya bagi pelaku UMKM untuk bisa beradaptasi dan memanfaatkan platform jualan online untuk menjual produknya. Saat ini sudah ada begitu banyak pilihan platform jualan online. Bentuknya pun berbagai macam dengan keunggulannya masing-masing. 

Berikut beberapa platform jualan online yang dapat digunakan oleh UMKM: 

Media Sosial

Media sosial merupakan salah satu platform jualan online yang paling banyak digunakan oleh pelaku UMKM. Selain mudah, pelaku usaha tidak perlu mengeluarkan modal apapun untuk mulai berjualan. Jumlah target audiens yang dapat dijangkau pun banyak karena pengguna media sosial terus bertambah.

Beberapa platform media sosial yang umumnya digunakan untuk berjualan di antaranya Facebook, Instagram, dan baru-baru ini TikTok. Saat berjualan di media sosial, terapkan strategi pemasaran agar calon pembeli lebih tertarik. 

Misalnya kamu bisa membagikan konten-konten terkait manfaat yang bisa didapat konsumen jika membeli produkmu, keunggulan produkmu, atau foto produkmu dalam konteks yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari target konsumenmu. Selain itu, kamu juga bisa membangun interaksi dengan mereka misalnya lewat games, kuis, giveaway, dan lain-lain.

Manfaatkan fitur-fitur yang ada agar jangkauan lebih optimal. Contohnya pada Instagram kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada Instagram Story. Begitu pula pada TikTok, kamu bisa memanfaatkan tren-tren yang ada untuk mempromosikan produkmu. 

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Nilai Tambah Produk Agar Bisnis Bisa Bersaing

Cara lain untuk mendongkrak penjualan adalah dengan beriklan. Saat ini, rata-rata fitur iklan di media sosial memungkinkanmu untuk memilih target audiens berdasarkan beberapa kategori sehingga jangkauan kontenmu bisa lebih tepat.

Saat berjualan di media sosial, jangan lupa juga untuk menyertakan informasi terkait produk seperti ukuran, warna, bahan maupun informasi penting lainnya seperti kontak dan metode pembayaran. Dengan begitu, konsumen akan lebih mudah untuk bertransaksi.

Marketplace

Platform lain yang juga dapat digunakan oleh UMKM untuk berjualan online adalah marketplace. Saat ini sudah ada begitu banyak platform marketplace yang bisa dipilih pelaku usaha untuk mulai berjualan. 

Salah satu keunggulan dari marketplace adalah jumlah penggunanya yang terus meningkat. Sama juga dengan media sosial, modal yang dibutuhkan untuk membuat toko di marketplace tidak besar. Tak hanya itu, marketplace juga sudah dilengkapi fitur maupun program yang dapat membantu mendongkrak penjualanmu.

Agar penjualan bisa efektif, cari tahu terlebih dahulu marketplace mana yang cocok untuk produk yang kamu jual. Biasanya tiap-tiap marketplace sudah memiliki target pasarnya sendiri serta kategori produk yang biasa dibeli. Setelah menentukan marketplace, kamu bisa melakukan riset kompetitor. 

Dengan melakukan riset, kamu bisa mengetahui strategi seperti apa yang cocok untuk menarik calon pembeli mulai dari segi foto produk, deskripsi, promosi, hingga profil toko. Jangan lupa memanfaatkan fitur-fitur yang bisa membantu penjualanmu seperti live, feed, broadcast chat, dan lain-lain.

Baca juga: Pelanggan Meninggalkan Keranjang Belanja? 5 Cara Ini Bisa Jadi Solusi!

Aplikasi Chatting

Aplikasi chatting tidak hanya dapat digunakan untuk berhubungan sosial, tetapi juga dapat digunakan untuk berjualan online. Bahkan aplikasi chat menawarkan cara yang lebih personal untuk terhubung dengan pelanggan.

Data menunjukkan, konsumen akan lebih yakin untuk melakukan transaksi jika sudah berkomunikasi secara personal dengan penjual. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi chatting seperti Whatsapp atau LINE Official untuk menawarkan produk kepada customer. Selain itu, kamu juga bisa mengirimkan informasi seperti promosi, produk baru, atau update status order kepada customer melalui aplikasi chatting.

Website Toko Online

Platform lain yang bisa kamu gunakan adalah website toko online. Dengan memiliki website, bisnismu akan terlihat lebih profesional sehingga calon pembeli lebih yakin untuk bertransaksi. 

Buat tampilan website semenarik mungkin dan pastikan website mudah dinavigasikan. Hindari memuat terlalu banyak informasi dalam satu halaman agar pengunjung tidak bingung. Buat katalog produk dan kategorikan agar konsumen mudah mencari produk. Kamu juga bisa mempermudah customer dengan menyediakan beragam metode pembayaran dan pengiriman. 

Agar pengalaman belanja pelanggan semakin mudah dan menyenangkan, kamu bisa mengintegrasikan antara satu platform dengan yang lainnya. Kamu bisa melakukannya melalui SIRCLO Store yang memfasilitasi penjualan di website, marketplace, Whatsapp, serta memasarkannya ke media sosial. Menjalankan bisnis jadi semakin efektif dan kepuasan pelanggan pun terjaga.

SIRCLO Store bisa menjadi platform yang kamu gunakan untuk meningkatkan nilai tambah bagi produk dan bisnismu. Lewat solusi ini, kamu bisa hadir di banyak platform penjualan mulai dari website toko online, marketplace, hingga chat commerce. Tiap-tiap channel penjualan ini pun bisa saling tersinkronisasi sehingga kamu bisa mengelola dan memantau penjualan dengan mudah. Dengan begitu, bisnismu bisa memiliki value yang kuat dan terus bersaing.

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce terdepan di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan solusi yang terbagi menjadi 2 kategori utama, yaitu solusi entrepreneur dan enterprise. Pada kategori entrepreneur, SIRCLO menawarkan platform pengelolaan toko online UMKM untuk berjualan di 3 platform yang berbeda (website, marketplace, chat commerce), yaitu SIRCLO Store. Pada kategori enterprise, SIRCLO menawarkan layanan e-commerce enabler secara end-to-end melalui SIRCLO Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui ICUBE by SIRCLO.

SIRCLO telah melayani lebih dari 100.000 brands untuk mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear, serta dipercaya oleh brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, dan Levi’s. Berlokasi di Green Office Park 1, The Breeze (BSD – Serpong), hari ini SIRCLO memiliki 700 karyawan serta perwakilan yang berbasis di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!