Blog

strategi branding untuk bisnis kamu

4 Strategi Branding Yang Bisa Bantu Bisnismu

Branding merupakan proses meneliti, mengembangkan, dan menerapkan fitur khusus ke perusahaan sehingga konsumen dapat mengasosiasikan brand dengan produk atau layanan perusahaan. Branding juga berfungsi sebagai daya tarik yang ditawarkan kepada konsumen agar tergiur membelinya.

Dengan strategi yang tepat, branding bisa menjadi salah satu cara untuk menghadapi kompetitor dalam persaingan bisnis. Trias Puspita Sari, Business Operations Manager Sirclo menjelaskan bahwa terdapat beberapa strategi branding yang bisa kamu manfaatkan, seperti sosial media, marketing digital, kolaborasi dengan brand lain, dan website. Selengkapnya simak artikel Sirclo berikut ini 

Baca juga: Lapak di Marketplace Sepi Pembeli? Terapkan 5 Cara Berikut

Sosial Media

Maraknya sosial media bisa dimanfaatkan sebagai tempat branding bagi bisnismu. Saat ini menurut riset Sirclo Insight dalam Navigating Indonesia’s E-Commerce: COVID-19 Impact & The Rise of Social Commerce menyebutkan bahwa aktivitas belanja menggunakan smartphone berada pada angka 95%. Dengan rincian 99% lewat marketplace, 51% website, dan 44% lewat sosial media.

Angka yang disebutkan diatas bisa menjadi landasan untuk kamu mengembangkan branding di sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan Tiktok yang mulai disasar banyak perusahaan sebagai medium bisnis.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengunggah konten seputar tips sukses dan cerita sukses dari klien mengenai dunia bisnis. Cara ini bisa menjadi salah satu konten pengisi di sosial media kamu. Selain itu gunakan juga fitur audio visual seperti IGtv, reels, dan tiktok untuk membahas tips dan trik penggunaan produk kamu lewat video.

Marketing Digital

Akibat pandemi, seminar yang biasanya dilakukan secara langsung disuatu tempat dan dihadiri banyak orang kini menjadi webinar. Webinar sama seperti seminar pada umumnya, hanya saja dilakukan secara online lewat zoom meeting. Cara ini banyak dilakukan pelaku bisnis untuk tetap eksis dan menyampaikan pesan soal usaha bisnisnya.

Webinar bisa menjadi senjata bagi kamu untuk melakukan strategi branding. Kamu bisa mengundang pembicara inspiratif yang berbicara banyak soal industri yang berkesinambungan dengan bisnismu. Dengan begitu, akan banyak audiens yang tertarik jika tema dan pembahasannya sesuai yang mereka inginkan.

Kolaborasi

Sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa hidup sendiri Begitupun dengan urusan bisnis. Kamu sebagai pegiat bisnis harus bisa bekerjasama dan berkolaborasi dengan orang lain. Bahkan, cara ini bisa meningkatkan branding bisnismu jika strategi yang digunakan tepat sasaran.

Beberapa cara bisa kamu lakukan, seperti menggabungkan dalam suatu paket bundling produk dengan produk dari brand lain dengan harga yang menarik, bekerjasama dengan brand lain untuk memberikan diskon atau promo, bahkan berkolaborasi menghadirkan produk baru demi menjangkau audiens kedua brand terkait.

Baca juga: Sambut Festival 10.10, Jualan Laris Manis Dengan Cara Ini

Website

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk melakukan branding ialah dengan membuat tulisan mengenai tips dan trik di website. Tips dan trik atau informasi lainnya usahakan relevan dengan sektor bisnis kamu agar terdapat kesinambungan antara tulisan dengan produk yang dijual.

Tulisan yang dibuat gunakan teknik SEO & SEM dengan kata kunci yang relevan dan sering digunakan dalam topik bisnis terkait. Hal tersebut perlu dilakukan agar orang lain saat mengetikan kata kunci terkait di mesin pencarian Google, maka tulisan kamu berada pada urutan teratas.

Lewat tulisan, kamu bisa menggiring dan melakukan branding terkait kebutuhan bisnismu. Selain itu, website juga bisa menjadi tempat kamu berjualan. Jika kamu memiliki website dengan tampilan menarik, hal itu bisa menjadi nilai tambah bagi para konsumen.

Lalu, sudahkah kamu memiliki website sebagai toko online bisnismu? jika belum, ini saatnya kamu bergabung bersama SIRCLO Store. Sirclo Store memungkinkan kamu untuk berjualan secara efisien dan menjangkau lebih banyak pelanggan karena dapat terintegrasi dengan marketplace dan Whatsapp. Sehingga bisnismu bisa berjalan dengan otomatis lewat satu pintu.

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce terdepan di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan solusi yang terbagi menjadi 2 kategori utama, yaitu solusi entrepreneur dan enterprise. Pada kategori entrepreneur, SIRCLO menawarkan platform pengelolaan toko online UMKM untuk berjualan di 3 platform yang berbeda (website, marketplace, chat commerce), yaitu SIRCLO Store. Pada kategori enterprise, SIRCLO menawarkan layanan e-commerce enabler secara end-to-end melalui SIRCLO Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui ICUBE by SIRCLO.

SIRCLO telah melayani lebih dari 100.000 brands untuk mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear, serta dipercaya oleh brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, dan Levi’s. Berlokasi di Green Office Park 1, The Breeze (BSD – Serpong), hari ini SIRCLO memiliki 700 karyawan serta perwakilan yang berbasis di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!