Blog

fitur feed

5 Alasan Kenapa Kamu Perlu Memanfaatkan Fitur Feed di Marketplace

Saat ini banyak marketplace menawarkan fitur-fitur menarik yang dapat membantu para pebisnis online untuk memaksimalkan penjualan mereka, salah satunya fitur feed.

Layaknya media sosial, lewat fitur feed ini kamu bisa membagikan konten kepada followers maupun calon pembeli sehingga mereka tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut tentang produk yang kamu jual.

Di fitur feed ini, kamu bisa membagikan konten berupa foto ataupun video. Dengan membagikan konten-konten yang menarik dan relevan bagi followers-mu, kamu bisa memperkuat branding toko online-mu, menarik lebih banyak pengunjung, serta meningkatkan penjualan.

Agar bisa menjangkau konsumen yang luas, kamu perlu mengunggah konten yang menarik secara konsisten.

Baca Juga: Cari Tahu Tipe Konten Media Sosial yang Cocok untuk Bisnismu!

Alasan Menggunakan Fitur Feed untuk Online Shop

memanfaatkan fitur feed
Foto: Unsplash.com

Konten yang kamu bagikan di feeds tidak harus melulu berjualan produk, lho. Berikut manfaat dari fitur feed beserta cara yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan fitur ini.

1. Mempromosikan Produk

Salah satu manfaat utama dari fitur feed adalah untuk mempromosikan produkmu. Di sini, kamu bisa membagikan mengenai keunggulan dan manfaat dari produk yang kamu jual. Gunakan foto dan visual yang menarik agar orang ingin mencari tahu lebih lanjut.

Kamu juga bisa menggunakan video untuk menunjukkan cara pemakaian maupun kualitas produkmu secara langsung.

Pada caption, bagikan informasi-informasi penting mengenai produkmu seperti spesifikasi, bahan, dan sebagainya.

Ceritakan hal-hal menarik yang bisa menggugah emosi audiens sehingga mereka tertarik untuk berkunjung ke halaman profil.

Untuk meyakinkan konsumen, kamu bisa menggunakan foto atau video saat produkmu sedang digunakan atau bahkan foto dari testimoni pembeli.

Berbagi konten visual adalah cara terbaik untuk memberi tahu audiens. Namun, pendekatan dengan pelanggan selain produk-sentris juga merupakan strategi pemasaran yang memiliki potensi untuk berhasil.

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Jumlah Audiens di Media Sosial Lewat Content Marketing

2. Membagikan Informasi Terbaru

Selain untuk mempromosikan produk, kamu juga bisa menggunakan feeds untuk membagikan informasi terbaru seputar toko onlinemu.

Misalnya, membagikan informasi mengenai promo atau produk terbaru. Dengan demikian, followers bisa mengikuti update tokomu sekaligus menarik calon pembeli untuk melihat-lihat produk yang kamu jual.

Usahakan untuk mengunggah konten yang bersifat visual. Jadi, tak hanya berupa teks. Namun, sebaiknya kamu tetap berpegang pada skema warna dan gaya yang konsisten untuk memperkuat identitas merek toko online-mu.

3. Meningkatkan Branding

Lewat feeds, kamu juga bisa mengedukasi followers mengenai toko online dan produk yang kamu jual.

Misalnya, kamu bisa membagikan tips dan trik yang berkaitan dengan produkmu.

Jika kamu menjual pakaian, kamu bisa membagikan inspirasi outfit. Selain itu, kamu juga bisa membagikan fakta-fakta menarik, tutorial, ataupun testimoni dari pelanggan.

Dengan membagikan konten-konten yang sifatnya soft selling, kamu bisa semakin dekat dengan followers dan calon pembeli.

Mereka pun semakin mengenal toko online-mu. Dengan demikian, lapakmu akan lebih mudah diingat oleh target konsumen.

Baca Juga: Tips Menggunakan Copywriting untuk Memperkuat Branding dan Promosi di Marketplace

4. Menjangkau Calon Pembeli

Lewat fitur feed, kamu tidak hanya bisa menarik followers untuk membeli produkmu tetapi kamu juga bisa menarik calon pembeli untuk menjadi pengikut dan mencari tahu lebih lanjut soal lapakmu.

Gunakan hashtag yang relevan dan sedang tren saat membagikan konten di feeds agar kamu bisa menjangkau target konsumen yang lebih luas. Namun, jangan gunakan hashtag terlalu banyak karena dapat berdampak negatif sehingga jangkauan audiens menjadi terbatas.

Apabila kamu membagikan konten-konten yang relevan dan menarik bagi followers, konten kamu bisa muncul di halaman explore yang artinya konten kamu bisa menjangkau lebih banyak konsumen secara gratis tanpa perlu beriklan.

Semakin banyak dan sering kontenmu dilihat oleh pengguna, semakin besar kemungkinan penjualan produkmu meningkat.

5. Berinteraksi dengan Followers

Fitur feeds juga memungkinkan kamu untuk berinteraksi dengan followers. Menjaga hubungan dengan pelanggan dan calon pembeli penting lho, dalam menjalankan bisnis online.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk berinteraksi dengan mereka, Kamu bisa membuat konten quiz berhadiah, giveaway, game, dan banyak lagi. Pada caption, kamu bisa menanyakan pendapat dari followers-mu.

Selain meningkatkan interaksi, dari sini kamu juga bisa mendapatkan insights mengenai target konsumen sehingga kamu bisa mengembangkan serta memasarkan produk yang sesuai dengan preferensi mereka.

Kamu bisa mengunggah foto atau video ‘dibalik layar’ pembuatan dan pemotretan produk yang dijual. Lalu, libatkan audiens untuk berinteraksi.

Misalnya, menanyakan pendapat mereka tentang produk apa yang sedang mereka inginkan sehingga toko online kamu mungkin dapat berinovasi.

Bisa juga dengan memulai percakapan menggunakan hashtag sendiri dan menginspirasi audiens untuk bergabung.

Ingat, dalam melibatkan penggemar tidak hanya tentang memublikasikan foto dan video produk. Jadi, kamu benar-benar harus terhubung dengan mereka!

Misalnya, aktif membalas komentar yang diunggah audiens pada foto yang kamu unggah. Usahakan juga untuk aktif melayani pembeli melalui fitur pesan yang disediakan oleh marketplace.

Bangunlah hubungan yang baik dengan audiens karena bisa saja mereka potensial untuk menjadi pembeli produk kamu.

Baca Juga: 10 Cara Jitu untuk Menambah Followers Instagram Bisnis Online Kamu

Unggah konten secara rutin di feeds dan tetap aktif sehingga kesempatan tokomu mendapatkan traffic dan followers yang banyak semakin tinggi. Pelajari juga fitur-fitur feeds tiap marketplace sehingga kontenmu bisa maksimal.

Di Shopee misalnya, kamu bisa langsung membagikan konten di feeds ke media sosial. Di Tokopedia, kamu bisa menggunakan 1 foto untuk mempromosikan 3 foto sekaligus. 

Agar berjualan online lebih mudah, gunakan Connexi untuk mengintegrasikan semua channel marketplace yang kamu gunakan sehingga kamu tidak perlu repot meng-update satu per satu detail produk yang kamu jual. Menjalankan bisnis online pun jadi lebih efisien!

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!