Blog

5 Alasan Kenapa Kamu Perlu Memanfaatkan Fitur Feeds di Marketplace

Saat ini banyak marketplace menawarkan fitur-fitur menarik yang dapat membantu para pebisnis online untuk memaksimalkan penjualan mereka, salah satunya fitur feeds. Layaknya media sosial, lewat fitur feeds ini kamu bisa membagikan konten kepada followers maupun calon pembeli sehingga mereka tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut tentang produk yang kamu jual.

Di fitur feeds ini, kamu bisa membagikan konten berupa foto ataupun video. Dengan membagikan konten-konten yang menarik dan relevan bagi followers-mu, kamu bisa memperkuat branding toko online-mu, menarik lebih banyak pengunjung, serta meningkatkan penjualan.

Baca juga: 6 Kategori Produk yang Laris Dijual di Marketplace, Apa Saja?

Agar bisa menjangkau konsumen yang luas, kamu perlu mengunggah konten yang menarik secara konsisten. Konten yang kamu bagikan di feeds tidak harus melulu berjualan produk lho. Berikut 5 manfaat dari fitur feeds beserta cara yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan fitur ini.

Mempromosikan Produk

Salah satu manfaat utama dari fitur feeds adalah untuk mempromosikan produkmu. Di sini, kamu bisa membagikan mengenai keunggulan dan manfaat dari produk yang kamu jual. Gunakan foto dan visual yang menarik agar orang ingin mencari tahu lebih lanjut. 

Kamu juga bisa menggunakan video untuk menunjukkan cara pemakaian maupun kualitas produkmu secara langsung. Pada caption, bagikan informasi-informasi penting mengenai produkmu seperti spesifikasi, bahan, dan sebagainya. Untuk meyakinkan konsumen, kamu bisa menggunakan foto atau video saat produkmu sedang digunakan atau bahkan foto dari testimoni pembeli.  

Membagikan Informasi Terbaru

Selain untuk mempromosikan produk, kamu juga bisa menggunakan feeds untuk membagikan informasi terbaru seputar toko online-mu. Misalnya membagikan informasi mengenai promo atau produk terbaru. Dengan demikian, followers bisa mengikuti update tokomu sekaligus menarik calon pembeli untuk melihat-lihat produk yang kamu jual. 

Meningkatkan Branding

Lewat feeds, kamu juga bisa mengedukasi followers mengenai toko online dan produk yang kamu jual. Misalnya kamu bisa membagikan tips dan trik yang berkaitan dengan produkmu. Jika kamu menjual pakaian, kamu bisa membagikan inspirasi outfit. Selain itu, kamu juga bisa membagikan fakta-fakta menarik, tutorial, ataupun testimoni dari pelanggan. 

Dengan membagikan konten-konten yang sifatnya soft selling, kamu bisa semakin dekat dengan followers dan calon pembeli dan mereka pun semakin mengenal toko online-mu. Dengan demikian, lapakmu akan lebih mudah diingat oleh target konsumen. 

Menjangkau Calon Pembeli

Lewat feed, kamu tidak hanya bisa menarik followers untuk membeli produkmu tetapi kamu juga bisa menarik calon pembeli untuk menjadi pengikut dan mencari tahu lebih lanjut soal lapakmu. Gunakan hashtag yang relevan dan sedang tren saat membagikan konten di feeds agar kamu bisa menjangkau target konsumen yang lebih luas. 

Apabila kamu membagikan konten-konten yang relevan dan menarik bagi followers, konten kamu bisa muncul di halaman explore yang artinya konten kamu bisa menjangkau lebih banyak konsumen secara gratis tanpa perlu beriklan. Semakin banyak dan sering kontenmu dilihat oleh pengguna, semakin besar kemungkinan penjualan produkmu meningkat. 

Berinteraksi dengan Followers

Terakhir, feeds juga memungkinkan kamu untuk berinteraksi dengan followers. Menjaga hubungan dengan pelanggan dan calon pembeli penting lho dalam menjalankan bisnis online. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk berinteraksi dengan mereka, Kamu bisa membuat konten quiz berhadiah, giveaway, game, dan banyak lagi. Pada caption, kamu bisa menanyakan pendapat dari followers-mu. 

Selain meningkatkan interaksi, dari sini kamu juga bisa mendapatkan insights mengenai target konsumen sehingga kamu bisa mengembangkan serta memasarkan produk yang sesuai dengan preferensi mereka. 

Baca juga: Terapkan Tips-Tips Ini Agar Bisa Bersaing dengan Kompetitor di Marketplace

Unggah konten secara rutin di feeds dan tetap aktif sehingga kesempatan tokomu mendapatkan traffic dan followers yang banyak semakin tinggi. Pelajari juga fitur-fitur feeds tiap marketplace sehingga kontenmu bisa maksimal. Di Shopee misalnya, kamu bisa langsung membagikan konten di feeds ke media sosial. Di Tokopedia, kamu bisa menggunakan 1 foto untuk mempromosikan 3 foto sekaligus. 

Agar berjualan online lebih mudah, gunakan Connexi untuk mengintegrasikan semua channel marketplace yang kamu gunakan sehingga kamu tidak perlu repot meng-update satu per satu detail produk yang kamu jual. Menjalankan bisnis online jadi lebih efisien!

Kami mengerti bahwa kesuksesan bisnis online Anda adalah yang paling utama.

Mulai kisah sukses Anda sekarang juga!