Blog

Tips memikat customer melalui chat commerce

5 Cara Ampuh Pikat Konsumen Lewat Chat Commerce

Bagi para pelaku bisnis, hadirnya teknologi menjadi suatu alat bantu yang dapat meningkatkan kemajuan bisnis. Tak terkecuali hadirnya chat commerce. Chat commerce bisa menghubungkan antara pelaku bisnis dan konsumen lewat percakapan Whatsapp Business. Hal ini menjadikan cara belanja online lebih mudah dilakukan karena bisa didapatkan hanya dengan percakapan Whatsapp.

Kemudahan ini tak serta merta bisa terjadi tanpa penggunaan yang baik. Untuk itu, kamu perlu memaksimalkan fitur dan penggunaan chat commerce agar mendatangkan banyak konsumen. Berikut beberapa cara yang perlu kamu lakukan untuk memikat konsumen lewat chat commerce.  

Baca juga: Chat Marketing, Solusi Dalam Meningkatkan Penjualan

Berikan Informasi Secara Detail

Sebelum menawarkan produk kepada konsumen, sebaiknya kamu bisa mulai membuat deskripsi produk secara detail. Sematkan nama produk, harga, ukuran, warna, sampai jenis pengiriman. Semua hal kecil yang biasa ditanyakan usahakan sudah dicantumkan di dalam informasi tersebut agar memudahkan konsumen.

Saat informasi sudah disampaikan dengan jelas, konsumen akan mudah mendapatkan manfaat dari produk kamu dan mereka bisa cepat memutuskan membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan. Untuk semakin memudahkan konsumen, kamu juga bisa menyiapkan pengaturan chatbot jika ada hal yang kurang jelas dari produk kamu bisa terjawab.

Chatbot bekerja menggunakan artificial intelligence (AI) dalam membalas semua pesan yang masuk ke website atau Whatsapp terkait. Chatbot merupakan jenis chat marketing yang sudah handal untuk urusan membantu konsumen dalam belanja online. Terutama soal konsumen saat melakukan transaksi.

Coba Minta Konsumen Untuk Memberikan Ulasan

Jangan salah, hasil ulasan orang lain dapat mempengaruhi pemikiran para konsumen untuk membeli barang yang kamu tawarkan. Untuk itu, penting bagi kamu untuk meminta konsumen yang sudah membeli barang mencantumkan ulasan menurut mereka. Hal ini bisa berupa deskripsi dan rating. Lewat chat commerce kamu bisa melakukan hal ini.

Semakin banyak ulasan yang dibuat konsumen, berbanding lurus dengan penjualan. Apalagi jika ulasannya mayoritas hal yang positif. Salah satu indikator yang membuat konsumen percaya terhadap suatu barang yang dijual yakni dengan ulasan orang lain.

Melalui chat commerce, kamu bisa langsung menyapa konsumen yang sudah membeli barang untuk meminta kesediaannya melakukan ulasan di kolom yang sudah disiapkan. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan ulasan baru dan membangun komunikasi yang baik dengan konsumen. Hal tersebut perlu dijaga agar konsumen puas dan mau datang lagi.

Survei Hasil Ulasan Konsumen

Saat sudah terkumpul beberapa ulasan yang dibubuhkan oleh para konsumen, saatnya kamu melakukan hal penting untuk kemajuan bisnis kamu. Ya, survei ulasan konsumen terhadap barang penjualan. Hal ini penting agar kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan produk yang dijual di mata konsumen dalam waktu tertentu.

Survei ini bisa kamu lakukan untuk bahan evaluasi demi pengembangan produk yang lebih baik. Peningkatan produk wajib dilakukan agar kepuasan konsumen tetap terjaga. Faktor tersebut bukan sembarang bualan, dengan produk yang baik konsumen akan senang memiliki barang yang kamu jual.

Survei ini bisa juga kamu kumpulkan secara manual lewat percakapan dengan konsumen via chat commerce atau dengan membuat kolom agar lebih memudahkan melakukan rekap data. Memikat konsumen harus seimbang antara promosi produk dengan kualitas barang yang diberikan.

Atasi Ulasan Negatif Dengan Hal Positif

Lalu, bagaimana jika terdapat ulasan negatif dari konsumen? Jangan panik, hal tersebut wajar terjadi. Kamu bisa menjawabnya dengan cara yang tenang menanggapi ulasan negatif menjadi bentuk yang positif. Bahkan, lebih baik lagi jika kamu memberikan solusi atas semua ulasan negatif.

Tanggapan yang cepat dan profesional bisa mengembalikan kepercayaan konsumen. Respon yang cepat bisa menandakan kamu peduli dan akan membuat perubahan yang lebih baik untuk menjaga kepuasan konsumen.

Dengan chat commerce, saat terdapat ulasan yang masuk kamu bisa menanggapinya dengan ramah dan solutif. Apalagi belanja lewat percakapan lebih intim sehingga kamu harus bisa membuat konsumen tidak kecewa. 

Baca juga: Faktanya 91% Orang Indonesia Senang Berbelanja Melalui Chat Commerce

Manfaatkan Media Sosial Dengan Maksimal

Selain Whatsapp Business API yang menjadi salah satu senjata medium chat commerce, kamu juga perlu memanfaatkan media sosial lain untuk ladang promosi produk. Kamu bisa melakukannya dalam bentuk konten tips dan trik, cara penggunaan, sampai pada konten video yang menjelaskan suatu produk.

Apalagi saat ini banyak media sosial yang mendukung untuk mempromosikan barang. Kamu bisa memilih akan bermain di Instagram, Facebook, Twitter, Tiktok, atau media sosial lainnya. Jika kamu ingin medium berjualan yang mudah, sudah tentu kamu harus menggunakan chat commerce yang bisa dijalankan di Whatsapp. Kemudahan dalam berjualan tersebut bisa kamu coba rasakan dengan bergabung bersama Sirclo.

SIRCLO saat ini sedang bekerjasama dengan WhatsApp mengajak para pelaku bisnis seperti kamu untuk berkembang dengan mengikuti kelas mentoring #PastiPrioritas. Untuk informasi mengenai mentoring bisa kamu klik di sini.

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce terdepan di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan solusi yang terbagi menjadi 2 kategori utama, yaitu solusi entrepreneur dan enterprise. Pada kategori entrepreneur, SIRCLO menawarkan platform pengelolaan toko online UMKM untuk berjualan di 3 platform yang berbeda (website, marketplace, chat commerce), yaitu SIRCLO Store. Pada kategori enterprise, SIRCLO menawarkan layanan e-commerce enabler secara end-to-end melalui SIRCLO Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui ICUBE by SIRCLO.

SIRCLO telah melayani lebih dari 100.000 brands untuk mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear, serta dipercaya oleh brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, dan Levi’s. Berlokasi di Green Office Park 1, The Breeze (BSD – Serpong), hari ini SIRCLO memiliki 700 karyawan serta perwakilan yang berbasis di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!