Blog

5 Cara Meningkatkan Nilai Tambah Produk Agar Bisnis Bisa Bersaing

Menjalankan bisnis bukan hanya sekadar menjual produk. Diperlukan aspek-aspek pendukung lainnya agar bisnis bisa terus berkembang dan bersaing dengan bisnis-bisnis lainnya, misalnya aspek pelayanan ataupun tampilan produk. 

Salah satu cara yang dapat dilakukan pelaku usaha agar bisnis tetap relevan adalah dengan memberikan nilai tambah pada produk maupun bisnis yang dijalankan. Bagaimana cara meningkatkan nilai tambah produk agar bisa menarik konsumen dan menjaga kepuasan pelanggan? Berikut beberapa upaya yang dapat kamu lakukan.

Bangun Antisipasi

Alih-alih langsung mengajukan produk kepada customer, kamu bisa membangun antisipasi dengan menyampaikan manfaat dari produkmu dan membangun koneksi. Bisnis dapat membangun koneksi personal dengan audiens lewat berbagai cara, misalnya melalui konten-konten yang menarik dan relevan di berbagai platform. 

Kamu bisa mulai dengan menunjukkan bahwa kamu bisa memahami masalah yang dihadapi oleh calon pembeli dan bagaimana produkmu bisa menjawab kebutuhan atau keinginan mereka.

Berikan Presentasi yang Baik

Saat menampilkan produk di platform penjualan, berikan presentasi yang baik mulai dari foto, video, nama, dan deskripsi produk. Jika produk dipresentasikan dengan baik, maka calon pembeli pun akan melihat bisnismu sebagai bisnis yang profesional dan terpercaya. 

Dengan begitu, produk juga akan terlihat berkualitas sehingga akhirnya customer lebih yakin untuk melakukan pembelian. Sesuaikan presentasi produk dengan branding yang ingin kamu bangun agar brand semakin mudah diingat.

Baca juga: Pelanggan Meninggalkan Keranjang Belanja? 5 Cara Ini Bisa Jadi Solusi!

Mempercantik Kemasan

Bukan hanya produk saja, kemasan juga menjadi aspek yang mempengaruhi kesan brand-mu di mata customer. Kemasan menunjukkan identitas dari brand kamu dan terkadang, kemasan inilah yang akan menentukan bagaimana seorang konsumen akan memandang brand-mu. 

Buat tampilan kemasan yang menarik dan tentunya selaras dengan gaya serta warna brand kamu. Kamu juga bisa membuat kemasan yang ramah lingkungan sebagai nilai tambah. Dengan begitu, kamu menunjukkan bahwa kamu tidak sekadar berjualan tetapi juga mengajak konsumen untuk juga peduli terhadap lingkungan.

Berikan Pelayanan Berkualitas

Pelayanan yang berkualitas merupakan kunci utama untuk mempertahankan pelanggan. Walaupun terkesan sepele, layanan yang baik bisa menjadi nilai pembeda yang membuat bisnismu lebih unggul dibanding kompetitor.

Maka itu, perhatikan dengan baik layanan yang kamu berikan kepada pelanggan. Berikan respons yang cepat terhadap chat yang masuk, segera selesaikan isu yang dihadapi konsumen, dan berikan jawaban yang ramah dan jelas. Hal-hal ini dapat membuat customer merasa lebih diperhatikan sehingga mereka nyaman untuk terus berbelanja denganmu.

Baca juga: Berikut 3 Mobile Commerce Yang Akan Tren Sepanjang 2021

Tawarkan Pengalaman yang Menyenangkan

Kemudahan kini menjadi salah satu faktor penting untuk mendapatkan dan mempertahankan konsumen. Sekarang ini customer menggunakan banyak platform belanja online untuk memenuhi kebutuhan mereka. Maka itu, kamu bisa memberikan kemudahan bagi mereka dengan hadir di banyak channel.

Kemudian, sinkronisasikan channel-channel tersebut sehingga mereka tetap bisa terhubung dengan brand dan menemukan produkmu terlepas dari channel yang sedang mereka gunakan. Berikan pilihan metode pembayaran dan pengiriman yang beragam sehingga customer bisa memilih sesuai keperluan mereka.

SIRCLO Store bisa menjadi platform yang kamu gunakan untuk meningkatkan nilai tambah bagi produk dan bisnismu. Lewat solusi ini, kamu bisa hadir di banyak platform penjualan mulai dari website toko online, marketplace, hingga chat commerce. Tiap-tiap channel penjualan ini pun bisa saling tersinkronisasi sehingga kamu bisa mengelola dan memantau penjualan dengan mudah. Dengan begitu, bisnismu bisa memiliki value yang kuat dan terus bersaing.

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce terdepan di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan solusi yang terbagi menjadi 2 kategori utama, yaitu solusi entrepreneur dan enterprise. Pada kategori entrepreneur, SIRCLO menawarkan platform pengelolaan toko online UMKM untuk berjualan di 3 platform yang berbeda (website, marketplace, chat commerce), yaitu SIRCLO Store. Pada kategori enterprise, SIRCLO menawarkan layanan e-commerce enabler secara end-to-end melalui SIRCLO Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui ICUBE by SIRCLO.

SIRCLO telah melayani lebih dari 100.000 brands untuk mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear, serta dipercaya oleh brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, dan Levi’s. Berlokasi di Green Office Park 1, The Breeze (BSD – Serpong), hari ini SIRCLO memiliki 700 karyawan serta perwakilan yang berbasis di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!