Blog

5 Istilah Media Sosial yang Wajib Kamu Tahu

Jika kamu ingin fokus mengandalkan media sosial dalam berpromosi atau membangun brand, ada baiknya kamu perlu menggali seluk-beluk media sosial lebih dalam.

Setidaknya kamu kamu harus mengerti istilah-istilah yang umum digunakan ketika berkampanye di media sosial, karena akan sangat membantu kamu dalam menerapkan berbagai strategi baru di media sosial. Berikut adalah 5 istilah di media sosial yang wajib kamu tahu:

API

API (Application Programing Interface) adalah sebuah program aplikasi terbuka yang membuat kamu bisa menarik data dalam bentuk tulisan, tweet, video, audio, atau gambar dari media sosial, seperti Twitter dan Facebook ke galeri website brand kamu secara real time. Biasanya ditarik melalui keyword atau hashtag yang tersemat di dalam konten media sosial tersebut. API sangat berguna dalam meningkatkan traffic website kamu. Mungkin kamu bisa mengadakan kontes Twitpic atau video challenge yang hasilnya di media sosial kamu tampilkan di galeri website kamu, sehingga para peserta pun berbondong-bondong berkunjung ke website kamu!

Geotagging

Buat kamu yang sering mengaktifkan fitur location service di smartphone kamu dan juga di berbagai aplikasi media sosial kamu, sudah dipastikan kamu sedang membiarkan orang lain tahu di mana kamu berada, dan membiarkan orang lain tahu di mana lokasi foto atau video yang kamu ambil dengan smartphone kamu. Di momen itulah sistem Geotagging atau Geo Location berjalan. Kamu bisa memanfaatkan teknologi ini agar toko kamu bisa terdeteksi dan terlihat oleh konsumen yang berada di daerah terdekat.

Web Analytics

Jika kamu sudah bekerja keras membangun brand hingga menciptakan banyak konten menarik, pastinya kamu ingin melihat hasilnya dong? Dengan mendaftar di beberapa website analytics seperti Google Analytics, Klout, atau Tweet Analytics, kamu bisa mendapat laporan aktivitas akun brand kamu dalam kurun waktu yang bisa kamu tentukan sendiri. Di situ akan terlihat bagaimana interaksi brand kamu dengan follower, bagaimana sentimen mereka, bahkan kamu bisa tahu behaviour mereka.

Creative Common

Sebuah hal wajib bagi brand yang ingin membangun interaktis dengan konsumen untuk sesering mungkin membuat konten. Nah, konten-konten tersebut sebagian besar pastilah berbentuk gambar atau video. Banyak brand yang tak sempat membuat konten gambar atau video di akun media sosialnya sehingga terpaksa mengambil video atau gambar milik orang lain. Sah-sah saja, asalkan disertakan nama sumber atau pemilik karyanya. Itulah yang namanya Creative Common. Sebuah bentuk penghargaan bagi pemilik karya yang memperbolehkan karyanya digunakan oleh orang lain, dengan syarat dan ketentuan pastinya.

MEME

Meme atau yang dieja (/ˈmiːm/ meem) adalah sebuah ide atau gagasan, yang bisa bersinggungan dengan banyak aspek seperti budaya, tren atau suatu kejadian yang diekspresikan melalui video, animasi, gambar, atau komik diikuti sebuah gagasan atau perasaan. Banyak brand yang sudah menggunakan Meme dalam konten-konten mereka di media sosial. Karena konten berupa Meme berpeluang besar untuk cepat tersebar.

Kami mengerti bahwa kesuksesan bisnis online Anda adalah yang paling utama.

Mulai kisah sukses Anda sekarang juga!