Blog

5 Kesalahan SEO Yang Sering Terjadi Pada Website Toko Online

Tidak seperti blog atau webite dengan satu topik utama (contoh: website memasak, website gadget, dll), mengoptimalkan SEO (Search Engine Optimization) pada toko online ternyata jauh lebih sulit. Apalagi jika produk yang kamu upload jumlahnya sangat banyak, maka akan semakin banyak pula masalah yang ditimbulkan.

Gambar via Cyberfision

Beberapa pemilik toko online mungkin tidak memperdulikan hal ini, sehingga SEO toko online mereka menjadi sangat rendah dan tidak memiliki ranking yang baik pada search engine. Oleh karena itu, hindari 5 kesalahan SEO yang sering terjadi pada toko online berikut ini:

1. Tidak ada deskripsi produk

Pemilik toko online biasanya sangat bersemangat saat mengunggah produk terbaru, tapi malas untuk membuat deskripsi produk. Sebenarnya, jika tanpa deskripsi maka produkmu akan sulit sekali menempati halaman pertama Google. Bahkan sekalipun kamu menggunakan low competition keyword, tetap saja SERP (Search Engine Results Page) toko online kamu akan sangat tinggi. Untuk menghindari hal ini maka kamu harus meluangkan waktu untuk membuat deskripsi produk dengan konten yang berkualitas.

2. Menyalin deskripsi bawaan pabrik

Jika kamu ingin tahu bagaimana caranya mendapat blacklist Google, maka lakukan copy/paste tulisan orang lain tanpa mengeditnya terlebih dahulu. Begitupula pada toko online, jika kamu menyalin deskripsi produk bawaan pabrik maka Google akan memberikan bendera plagiat pada toko online kamu. Selain itu deskripsi bawaan pabrik juga biasanya memiliki bahasa yang kaku dan tidak menjual sehingga tidak cocok digunakan pada toko online.

3. Judul produk tidak unik

Masalah SEO lainnya yang terjadi pada toko online adalah tag judul yang tidak unik. Kamu mungkin akan merasa kesulitan ketika membuat tag judul yang unik mengingat ada banyak sekali item serupa yang kamu jual dan bahkan dengan brand yang sama. Sehingga kamu akan mengulang judul yang sama secara berkali-kali. Google biasanya sangat sensitif dengan hal seperti ini. Oleh karena itu, tentukan judul produk secara unik. Sebaiknya kamu menggunakan struktur “brand – model – tipe.”

Contoh penggunaannya: Apple iPhone 7 Plus Jet Black 128GB, Adidas Superstar Weave Black, dsb.

4. URL produk yang asal-asalan

URL produk yang benar adalah URL yang keyword friendly, yaitu dengan format yang rapih dan mengandung keyword yang kamu targetkan. Kenapa harus menggunakan URL produk yang keyword friendly? Alasannya karena URL yang keyword friendly itu semantik dan relevan. Semantik berarti user bisa mengetahui apa isi halaman yang akan mereka klik hanya berdasarkan URL nya saja. Sedangkan relevan berarti URL yang kamu gunakan juga memuat keyword-keyword yang memang sesuai dengan produk.

Perhatikan perbedaannya berikut ini, URL mana yang menurut kamu paling baik?

  • http://www.namatokoonline.com/produk/jual-apple-iphone-7-plus-jet-black-128gb.html
  • http://www.namatokoonline.com/produk/12Hgs623c1.html

 

5. Konten duplikat

Konten duplikat adalah konten yang memiliki kemiripan atau sama persis dengan konten lainnya yang ada di internet. Bahkan halaman-halaman dalam satu website pun dilarang menggunakan konten yang sama. Duplikasi konten dalam bentuk apapun seharusnya dihindari oleh pemilik toko online sehingga tidak berdampak buruk pada search engines. Untuk mengatasi permasalahn ini, kamu bisa menggunakan robots.txt yang akan mem-blocking konten duplikat seperti archieve, tag, dan halaman, menggunakan canonical tag yang akan memberitahukan search engine mengenai website mana yang ingin diindeks, dan menambahkan atribut nofollow pada link-link yang mengarah pada konten duplikat.

Seperti yang kamu ketahui, Google adalah salah satu search engines yang peduli dengan pengalaman penggunanya. Jika customer senang maka Google pun akan menyukai toko online kamu. Oleh karena itu, sebaiknya hindari kesalahan-kesalahan SEO toko online seperti yang disebutkan di atas dan segera buat toko online yang nyaman dan berguna bagi customer. Apabila kamu tidak mau dipusingkan dengan semua ini, maka SIRCLO siap membantumu mewujudkan website toko online yang SEO friendly!

 

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!