Blog

5 Kesalahan yang Membuat Marketing Campaign Kamu Gagal

Banyak orang yang sudah menginvestasikan banyak waktu untuk merencanakan, mengatur strategi, serta menciptakan marketing campaign, tapi ternyata hasilnya gagal dan tidak sesuai harapan. Kenyataannya, setiap bisnis online pasti pernah mengalami kegagalan marketing, tapi yang terpenting adalah bagaimana reaksi kamu atas kegagalan tadi. Salah satu contoh paling baik adalah dengan mencari tahu titik kesalahan agar bisa diperbaiki.

Kami sudah merangkum lima kesalahan umum yang mungkin bisa membuat marketing campaign bisnis online kamu gagal, dan bagaimana cara menghindarinya.

 

1. Tidak Menampilkan Citra Brand yang Sesuai

Salah satu pertanyaan penting yang harus kamu ingat pada saat menjalankan seluruh proses marketing campaign adalah, “Siapa target pasar utama brand?” Bila jawabannya salah, kesuksesan jadi semakin jauh untuk diraih.

Untuk mengidentifikasi citra brand agar sesuai dengan target pasar, kamu perlu melakukan banyak research. Beberapa faktor yang juga harus masuk dalam pertimbangan adalah:

– Siapa yang akan tertarik dengan produk yang kamu tawarkan?

– Solusi apa yang ditawarkan oleh produk tersebut?

– Bagaimana kompetisi pasar untuk produk tersebut?

Setelah kamu sudah memiliki gambaran umum mengenai target pasar yang kamu tuju, mulai gali lebih spesifik. Ciptakan sebuah cerita atau citra yang dekat dengan kehidupan target pasar kamu dan cari tahu apa yang membuat mereka tertarik, tantangan hidup yang mereka alami, kebiasaan yang dilakukan, serta bagaimana mereka membuat keputusan untuk membeli sesuatu.

Menampilkan citra brand yang sesuai dengan target pasar akan membuat marketing campaign kamu jauh lebih efektif.

 

2. Research Kurang Memadai

Membuat konsep kreatif untuk marketing campaign memang menyenangkan, tapi research yang cukup menjadi salah satu elemen penting untuk suksesnya marketing. Luangkan waktu dan tenaga untuk mempelajari target pasar serta kompetisi bisnis yang kamu masuki. Selain dengan melihat database customer, kamu juga bisa melakukan research dengan cara menjalankan customer satisfaction survey atau survey kepuasan pelanggan.

 

3. Memberikan Pesan yang Salah Pada Audience

Kesuksesan sebuah marketing sangat tergantung pada reaksi audience. Tidak peduli seberapa kreatif marketing campaign kamu, kalau tidak bisa mengenai target pasar dengan tepat, semuanya jadi sia-sia.

Saat kamu sedang merencanakan marketing campaign, selalu ingat target pasar kamu di dalam pikiran. Semua pesan dan konten yang akan kamu buat harus disampaikan dengan cara dan bahasa yang mudah diterima oleh target pasar dan sesuai dengan kebutuhan, interest, atau keinginan mereka.

 

4. Produk yang Ditawarkan Tidak Sesuai Dengan Iklan

Marketing campaign memang bertujuan untuk mendorong audience agar membeli produk tertentu, tapi bayangkan betapa kecewanya mereka ketika ternyata produk yang sudah dibeli tidak sesuai dengan janji. Bahayanya, selain citra brand kamu rusak di mata pelanggan, mereka juga tidak akan ragu berbagi kekecewaannya dengan orang lain di media sosial.

Sebagai pebisnis yang baik, marketing campaign kamu harus menampilkan produk sesuai dengan keadaan dan kegunaan sebenarnya.

 

5. Meniru Strategi Marketing Pesaing

Untuk mendapatkan informasi akurat tentang keadaan kompetisi pasar, kamu memang perlu melihat bagaimana pesaing menjalankan strategi marketing mereka serta hasil yang didapatkan. Tapi menjalankan marketing campaign yang persis sama dengan pesaing tanpa menyesuaikan dengan value unik bisnis online kamu, sudah bisa dipastikan hasilnya akan gagal.

 

Melakukan salah satu saja kesalahan di atas bisa sangat mempengaruhi kesuksesan marketing campaign bisnis online kamu. Sekarang setelah kamu mengetahui beberapa hal yang bisa menyebabkan marketing kamu gagal, kamu bisa menghindarinya dengan melakukan beberapa penyesuaian agar marketing campaign selanjutnya akan berjalan lancar dan sesuai harapan.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!