Blog

5 Keunggulan Instagram Shopping yang Dapat Mendukung Bisnismu

Instagram Shopping merupakan salah satu fitur yang dikembangkan Instagram untuk mendukung bisnis dan brand. Fitur ini bisa dikatakan sebagai respons Instagram terhadap banyaknya orang yang memanfaatkan platformnya untuk menjual produknya, mulai dari bisnis kecil hingga brand-brand besar.

Instagram Shopping sendiri terdiri dari sejumlah fitur seperti Shopping Tags, Collections, Shopping Ads, dan banyak lagi. Melalui fitur-fiturnya, pebisnis bisa semakin mudah melakukan penjualan. Berikut 5 keunggulan Instagram Shopping yang dapat membantumu meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis. 

Menjangkau Audiens yang Lebih Luas

Instagram merupakan salah satu platform yang paling banyak digunakan masyarakat. Selain untuk bersosialisasi, Instagram juga kini menjadi tempat untuk mencari dan menemukan produk ataupun brand baru. Tepatnya sekitar 70% orang yang gemar berbelanja menggunakan Instagram untuk menemukan produk. 

Jumlah pengguna Instagram di Indonesia sendiri mencapai 59,8 juta. Jumlah ini bisa jauh lebih banyak lagi apabila target konsumenmu tidak hanya mencakup konsumen nasional tetapi juga internasional atau global. Menurut data Instagram, sekitar 130 juta pengguna mengetuk (tap) unggahan dengan Instagram Shopping untuk mempelajari lebih lanjut mengenai produk tersebut. Dengan menggunakan Instagram Shopping, kamu bisa menyasar target audiens yang lebih luas dengan lebih tepat. 

Memudahkan Konsumen untuk Berbelanja

Instagram Shopping memungkinkan brand untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih mulus dan praktis. Kamu bisa memasukkan produkmu ke dalam foto, video, atau Instagram Story. Konsumen yang melihatnya pun bisa mengetahui informasi lebih lanjut soal produk dan melakukan order tanpa perlu keluar dari aplikasi. 

Fitur Collections memungkinkanmu untuk membagi katalog produk ke dalam beberapa kategori sehingga memudahkan konsumen untuk melihat-lihat. Sementara itu, fitur Product Launches meningkatkan ketertarikan calon pembeli terhadap produk yang akan segera diluncurkan.

Selain itu fitur Save pada Instagram membantu konsumen yang ingin membeli produk tersebut tetapi tidak di waktu yang tepat untuk menyimpan unggahan produk tersebut kemudian kembali membuka unggahan tersebut saat mereka siap untuk melakukan pembelian. Dengan demikian, konsumen bisa berbelanja dengan mudah tanpa perlu berpindah aplikasi atau platform.

Meningkatkan Traffic Website Toko Online

Selain memungkinkan penjualan secara langsung pada aplikasi, kamu juga bisa mengarahkan konsumen yang melihat unggahan produkmu ke website toko online untuk melihat-lihat lebih lanjut. Dengan begitu, jumlah pengunjung atau traffic website toko online-mu bisa semakin meningkat. Apalagi, konsumen lebih mempercayai bisnis yang memiliki website. Ini pun bisa membantu meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnismu.

Baca juga: SIRCLO Dukung UMKM dan Brand Lokal melalui Program #MulaiSekarang

Berjualan Sekaligus Menjaga Hubungan dengan Konsumen

Dengan proses transaksi dan pengalaman berbelanja yang mudah, konsumen pun akan lebih nyaman untuk berbelanja sehingga penjualan dapat meningkatkan. Apalagi, mereka bisa melihat-lihat produk sembari bersosialisasi dalam platform yang sama. 

Selain untuk berjualan, kamu pun bisa menjaga menjaga kepuasan dan hubungan dengan konsumen dengan menyediakan proses berbelanja yang praktis dan informasi yang lengkap. Apabila mereka ada pertanyaan terkait suatu produk, mereka bisa dengan mudah mengirimkan DM atau meninggalkan komentar pada unggahan. 

Promosi yang Lebih Mudah dan Beragam

Instagram Shopping memiliki berbagai fitur yang dapat membantumu melakukan promosi dengan berbagai cara dan format, mulai dari foto, video, hingga live pada Instagram Story. Kamu bisa mengiklankan produkmu melalui fitur Shopping Ads ataupun bekerja sama dengan influencer melalui fitur Shopping for Creators. 

Dengan fitur Shopping for Creators, tiap unggahan influencer akan memiliki label ‘Paid partnership with (nama brand)’ sehingga orang-orang yang melihatnya langsung tahu bahwa produk yang ditampilkan pada foto atau video merupakan produkmu. 

Untuk mulai mengaktifkan Instagram Shopping, kamu memerlukan website toko online yang menjual produk fisik. Dalam beberapa minggu ke depan, SIRCLO Store akan dapat mengintegrasikan katalog produk di website ke Instagram Shopping, sehingga pelangganmu dapat langsung diarahkan untuk berbelanja ke website. Yuk, mulai buat website jualanmu sekarang dengan harga terjangkau di program #MulaiSekarang oleh SIRCLO!

Penjualan bisnismu bisa semakin optimal melalui Instagram Shopping. Konsumen pun jadi memiliki lebih banyak pilihan platform untuk berbelanja. Alhasil, bisnismu bisa berkembang dengan lebih cepat. 

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!