Blog

5 Platform Email Marketing Gratis yang Bisa Kamu Coba!

Email marketing merupakan salah satu cara paling efektif untuk menjangkau target pasar dan membangun hubungan personal dengan calon pembeli maupun pelanggan. Pasalnya, email marketing bisa meningkatkan traffic ke website toko online-mu, meningkatkan penjualan, bahkan memperkuat saluran pemasaran lainnya. 

Namun, ada beberapa tantangan melakukan strategi email marketing. Salah satunya membuat email marketing yang terlihat menarik sekaligus efisien. Bagaimana caranya membuat email dengan tampilan menarik dan menyebarkannya ke pelanggan tanpa menghabiskan banyak waktu? Platform email marketing menjadi solusi.

Baca juga: 7 Jenis Digital Marketing yang Bisa Diterapkan untuk Bisnis UKM

Saat ini, sudah ada banyak platform email marketing gratis yang bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan bisnismu. Apa saja?

Mailchimp

Mailchimp bisa dibilang sebagai salah satu platform email marketing yang paling banyak dikenal dan digunakan oleh bisnis kecil hingga menengah. Mungkin kamu pun sudah pernah mendengarnya. Fitur gratis email marketing-nya meliputi pembuatan email dan penjadwalan.

Membuat email di platform ini juga cukup mudah. Pada Content Manager-nya, kamu bisa menyimpan gambar dan file. Selain itu, kamu juga bisa mengotomatisasi email marketing-mu berdasarkan segmentasi pembeli. Jadi kamu bisa membagi audiensmu berdasarkan tahapan mereka, mulai dari yang baru mendaftar, sudah memasukan produk ke cart, baru melakukan pembelian, dan sebagainya. 

Yang membuat platform ini menjadi platform andalan banyak bisnis adalah Mailchimp memiliki fitur rekomendasi cerdas yang memberikan insights mengenai audiensmu dan perilaku mereka sehingga kamu pun bisa mengoptimalkan upaya pemasaranmu. Ditambah lagi, Mailchimp juga memiliki tools untuk iklan dan postingan Instagram dan Facebook. Untuk fitur gratisnya, kamu bisa mempunyai hingga 2.000 daftar kontak dengan 10.000 email per bulannya. 

Sendinblue

Sendinblue memiliki beberapa fitur marketing, mulai dari email marketing hingga fungsi tambahan seperti customer relationship management dan pembuatan landing page. Platform ini merupakan salah satu yang paling mudah digunakan untuk kamu yang sama sekali belum pernah menggunakan platform email marketing.

Sendinblue menawarkan lebih dari 70 template desain yang bisa kamu gunakan agar email marketing-mu terlihat bagus. Template desainnya yang responsif memudahkan pembaca. Selain itu, Sendinblue juga menyediakan opsi untuk email transaksional dan autoresponder. 

Kamu bisa melihat preview emailmu sebelum mengirimkannya untuk memastikan desainnya terlihat sesuai apa yang kamu mau pada layar. Setelah mendesain emailnya, kamu bisa menggunakan fitur A/B testing dan segmentasi audiens untuk memudahkan upayamu, menyasar target audiens yang tepat, serta mengoptimalkan campaign bisnismu.

Sendinblue tidak membatasi daftar kontakmu. Namun untuk pengiriman email dibatasi hingga maksimal 300 email per harinya. 

Sender

Platform email marketing selanjutnya adalah Sender, yang tidak hanya menawarkan tools untuk email tetapi juga untuk push notifications. Sama seperti platform-platform sebelumnya, Sender memiliki template yang bisa di-customize dengan fitur tambahan seperti gambar dan video. Kamu juga bisa mempersonalisasi emailmu berdasarkan segmentasi audiensnya.

Salah satu yang membuat Sender unggul sebagai platform email marketing adalah fitur analitisnya yang memungkinkanmu untuk memonitor siapa saja yang membuka emailmu dan mengklik link di dalamnya, kapan mereka membukanya, dan sebagainya. Dari sana, kamu jadi bisa tahu profil target konsumenmu dan bisa mengoptimalkan strategi marketing dan penawaranmu.

Sender memungkinkanmu untuk memiliki daftar kontak hingga 2.500 subscribers dan 15.000 email per bulannya. 

Omnisend

Platform email marketing Omnisend memungkinkan kamu untuk mengotomatisasi pengiriman email berdasarkan perilaku pelanggan dan bisa mengatur pengiriman pada waktu yang paling optimal bagi pelanggan. Omnisend juga memiliki fitur insight yang komprehensif yang dapat membantumu membuat email yang lebih relevan.

Salah satu fitur yang dimiliki Omnisend adalah Product Picker, dimana kamu bisa memilih produk-produk apa saja yang ingin kamu masukan ke dalam emailmu. Oleh karena itu, Omnisend ini cocok untuk digunakan oleh kamu yang berjualan melalui web jualan online. Fitur lain yang bisa kamu tambahan antara lain kupon gosok, kode kupon diskon, dan kotak hadiah. 

Sama seperti Sendinblue, Omnisend tidak membatasi jumlah subscribers. Kamu bisa mengirim maksimal 2.000 email per hari dan 15.000 email per bulannya. 

MailerLite

Salah satu yang membuat MailerLite berbeda dari platform email marketing  gratis lainnya adalah fitur pop-up dan survei yang bisa di-customize. Selain fitur-fitur dasar seperti drag-and-drop, MailerLite juga dilengkapi dengan editor teks yang memungkinkan kamu menyesuaikan format dan paragraf teks serta fitur editor foto bawaan.

Dengan MailerLite, kamu bisa membuat landing page yang sesuai dengan email yang kamu kirim sehingga dapat lebih meningkatkan konversi. Kamu bisa melakukan beberapa pengujian terpisah untuk mengukur strategi mana yang paling efektif untuk meningkatkan klik dan konversi. Oleh karena itu, MailerLite cocok buat website ecommerce kamu, terutama untuk bisnis kecil-kecilan hingga menengah.

MailerLite juga memiliki fitur laporan seperti rasio klik, rasio berhenti langganan, dan sebagainya. MailerLite membatasi jumlah subscriber hingga 1.000 dengan 12.000 email per bulannya. 

Baca juga: Kenali Jenis-Jenis Objektif dalam Marketing dan Perbedaannya!

Platform-platform di atas bisa kamu gunakan untuk mengembangkan target audiensmu. Tinggal kamu pilih yang paling sesuai buat toko online-mu. Bagaimana cara mendapatkan dan mengembangkan jumlah subscriber email? Salah satunya dengan menambahkan fitur formulir pada website toko online dimana pengunjung mengakses web jualan online-mu dengan mudah dan bisa memasukan email mereka. Selamat mencoba!

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit