Blog

5 Strategi SEO yang Sering Terlupakan saat Menulis Artikel Blog

Untuk meningkatkan pemasaran produk dari toko online yang kamu miliki saat ini, tidak cukup hanya memasang foto dan deskripsi produk kamu saja. Kamu bisa meningkatkan pemasaran produkmu dengan memanfaatkan fitur blog dan menerapkan strategi SEO.

Untuk pemilik bisnis skala kecil menengah bahkan skala besar mengandalkan website sebagai channel berjualan, blog bisa menjadi salah satu media pemasaran yang dapat meningkatkan performa kunjungan website dengan menggunakan kata kunci (keyword) SEO atau Search Engine Optimization.

Berikut SIRCLO rangkum 6 strategi SEO yang sering dilupakan saat menulis blog untuk tingkatkan kunjungan ke website toko online kamu.

Memperbarui Keyword yang Digunakan

Agar website kamu semakin banyak dikunjungi calon pelanggan, kamu harus mengetahui keyword apa yang paling sering digunakan dan dicari oleh calon pelanggan. Penggunaan keyword merupakan salah satu strategi SEO dalam membantu marketing agar website-mu berada di posisi pertama hasil pencarian.

Pentingnya memperbarui atau reset keyword untuk marketing SEO agar website kamu tetap ter-update dengan oleh mesin pencarian. Kamu bisa menggunakan aplikasi Google trends sebagai acuan untuk menentukan keyword yang hendak kamu gunakan untuk tulisan blog dan deskripsi produkmu.

Baca juga: Top 10 Marketplace E-Commerce Indonesia yang Paling Banyak Pengunjungnya

Isi Title Tags dan Meta Description

Kesalahan yang sering dilakukan oleh para penulis konten untuk blog dalam website lainnya adalah melewatkan title tags dan pengisian meta description yang baik dan unik. selain menggunakan keyword dan SEO yang sedang tren saat ini, cara membuat blog yang tepat adalah melalui penentuan title tags dan meta description. Hal ini perlu dilakukan agar blog kamu mudah ditemukan di mesin pencarian.

Title tags merupakan judul yang nantinya akan muncul di halaman pencarian website seperti Google. Meta description,  yang biasanya terdiri dari 100-160 karakter, merupakan penjelasan mengenai produk atau isi website tersebut atau bahkan bisa diisi dengan penawaran menarik. Di sini kamu bisa menyertakan keyword untuk marketing dengan SEO.

Hindari Penggunaan Internal Link yang Salah

Internal link menjadi salah satu aspek penting dalam penerapan strategi SEO untuk meningkatkan performa website blog toko online kamu. Internal link merupakan tautan yang dipasangkan dalam konten blog dan dapat menghubungkan pembaca untuk bisa melihat referensi, sumber, atau bacaan pendukung dari artikel yang kamu tulis.

Kesalahan yang sering terjadi adalah penempatan internal link yang tidak relevan dengan kata yang digunakan. Selain itu kesalahan penggunaan keyword sehingga tidak terbaca oleh mesin pencarian.  

Baca juga: Tingkatkan Traffic Lapak-Mu di Marketplace dengan Terapkan 5 Teknik SEO Ini

Hindari Melakukan Keyword Stuffing

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam menerapkan strategi SEO yaitu keyword stuffing. Keyword stuffing artinya memasukan terlalu sering atau banyak keyword pada artikel blog. Ini membuat mesin pencarian seperti Google menganggap artikel blog tersebut sebagai spam.

Tindakan ini sangat merugikan karena Google bisa melakukan bancontent, sehingga blog hingga website kamu tidak bisa ditemukan di laman pencarian. Kamu cukup menggunakan beberapa keyword yang diulang 3 sampai 4 kali dalam tubuh artikel.

Tidak Melakukan Analisa Pada Konten yang Telah Ditayangkan

Setelah memahami cara membuat blog dengan menerapkan semua strategi marketing SEO, masih ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan agar website kamu bisa berada di posisi teratas hasil mesin pencarian, yaitu melakukan analisa konten yang telah kamu buat. 

Kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi seperti Google Analytics. Dengan menggunakan ini Google Analytics, kamu bisa melakukan pemantauan seberapa banyak pengunjung yang datang ke website kamu, hingga menganalisa sampai mana para pengunjung berada di dalam website kamu. 

Setelah itu kamu bisa menganalisa performa konten dan artikel di blog-mu. Kamu bisa melihat jumlah pageview dari setiap artikel yang telah kamu buat.  Kamu juga dapat melihat dari mana asal sumber pembaca-mu. Dari sana, kamu dapat menganalisa topik artikel mana yang banyak diminati untuk strategi SEO-mu ke depannya dan bagaimana kamu bisa mempromosikan artikel blog-mu ke depannya.

SIRCLO Store dilengkapi dengan fitur blog yang bisa kamu manfaatkan sebagai channel marketing produkmu. Kamu bisa menulis artikel yang membahas cara penggunaan produkmu, hingga berita atau tren terkini yang sesuai dengan lini bisnismu. Berjualan dengan website toko online SIRCLO Store bisa membantu kamu menjangkau lebih banyak pelanggan secara efisien, hingga ke marketplace dan WhatsApp Mulai berjualan dengan website toko online SIRCLO Store sekarang! Klik di sini untuk berjualan lebih pasti.

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce terdepan di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan solusi yang terbagi menjadi 2 kategori utama, yaitu solusi entrepreneur dan enterprise. Pada kategori entrepreneur, SIRCLO menawarkan platform pengelolaan toko online UMKM untuk berjualan di 3 platform yang berbeda (website, marketplace, chat commerce), yaitu SIRCLO Store. Pada kategori enterprise, SIRCLO menawarkan layanan e-commerce enabler secara end-to-end melalui SIRCLO Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui ICUBE by SIRCLO.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!