Blog

5 Tips Kembangkan Lebih Jauh Lapak Kamu di Marketplace

Kamu sudah menjalankan cara jualan online laris. Lapak toko onlinemu di marketplace pun sudah semakin ramai dan penjualannya stabil. Lalu apa langkah selanjutnya dalam cara sukses jualan online yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnismu lebih jauh lagi?

Berikut 5 tips cara sukses jualan online agar lapak di marketplace makin berkembang:

Manfaatkan Fitur Ads

Tiap-tiap marketplace memiliki fitur iklannya sendiri. Tokopedia memiliki fitur iklan pada halaman pencarian, homepage, dan kategori. Shopee memiliki fitur iklan untuk pencarian produk, produk serupa, dan pencarian toko. Begitu pula dengan marketplace lainnya. 

Kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut berdasarkan tujuan yang ingin kamu capai dalam cara jualan online laris untuk lapakmu. Jika belum yakin iklan jenis mana yang lebih cocok untuk bisnismu, kamu bisa mencobanya satu per satu kemudian membandingkan hasilnya.

Pilih kata kunci yang memang sesuai dan relevan dengan produk atau bisnismu. Sebaiknya lakukan riset kata kunci terlebih dahulu sebelum memasang iklan agar lebih tepat. Sebagai alternatif, marketplace juga biasanya memiliki fitur rekomendasi kata kunci yang bisa kamu manfaatkan. Selain itu, rata-rata marketplace memungkinkan penjual untuk dapat menentukan jumlah modal dan periode iklanmu. 

Baca juga : Mau Mulai Jualan di Marketplace? Siapkan 5 Hal Ini Dulu!

Upgrade Toko

Marketplace biasanya juga memiliki tingkatan toko. Contohnya Tokopedia dengan fitur Power Merchant-nya dan Shopee dengan fitur Star Seller. Biasanya toko dengan status tersebut akan mendapatkan badge yang menandakan status toko dan akses ke fitur-fitur premium yang menguntungkan seperti statistik toko, promosi tertentu, dan akun admin tambahan.

Ketentuan masing-masing marketplace untuk meng-upgrade toko berbeda-beda. Namun rata-rata marketplace mengenakan biaya admin untuk toko premium mereka. Memiliki badge toko premium dapat membuat calon pembeli lebih percaya dan merasa aman untuk melakukan transaksi. Dengan demikian, tokomu bisa semakin ramai pengunjung dan jumlah order semakin meningkat.

Inovasi Produk

Cara berjualan online agar cepat laku dan toko marketplace terus berkembang adalah dengan melakukan inovasi produk secara berkala. Kamu bisa melakukan ini dengan melihat tren yang sedang ada sekarang ini. Dari tren tersebut, kamu bisa mendesain suatu produk baru atau meng-upgrade produkmu yang sudah ada.

Pikirkan mengenai bagaimana produkmu bisa terus menawarkan nilai atau manfaat bagi customer. Dengan terus memperbarui produk, tokomu bisa terus berkembang, menarik customer baru, serta mempertahankan loyalitas pelanggan.

Bekerja sama dengan Bisnis Lain

Cara berjualan online agar cepat laku yang juga bisa kamu terapkan adalah dengan bekerja sama dengan bisnis lain. Kamu bisa berpartner dengan bisnis yang dapat melengkapi produk yang kamu jual dan masih mencakup target konsumen kamu. 

Contohnya jika kamu menjual suplemen kesehatan, kamu bisa bekerja sama dengan bisnis yang menjual alat olahraga atau kesehatan juga untuk memberi nilai tambah pada produk kamu. Dengan cara ini, kamu bisa menjangkau target konsumen baru.

Baca juga: Cara Jualan Laris di Marketplace, Yuk Simak 5 Tips Mengelolanya!

Promosikan Lapak di Channel Lain

Terakhir dalam cara jualan online laris, jangan lupa untuk mempromosikan lapak toko onlinemu di channel penjualan lainnya seperti website toko online, media sosial, dan chat commerce

Selain bisa menambah jangkauan konsumen, cara ini juga memberikan pengalaman berbelanja yang memudahkan pembeli. Terlebih lagi, customer sekarang ini cenderung menggunakan lebih dari satu channel untuk berbelanja.

Untuk melakukan ini dengan efektif, sebaiknya integrasikan seluruh channel bisnismu sehingga keseluruhan data ter-update dan operasional jadi lebih mudah. Ini dapat kamu lakukan jika kamu mengelola toko-toko kamu di marketplace dengan menggunakan SIRCLO Store. Lewat fitur manajemen marketplace, seluruh stok produk akan saling tersinkronisasi sehingga saat ada produk yang terjual kuantitas akan ter-update secara otomatis. 

Selain itu, kamu juga bisa memantau statistik penjualan bisnis lewat dashboard. Dari sini, kamu bisa mengetahui produk yang paling diminati customer sehingga bisa melakukan inovasi produk secara tepat. Dengan sistem operasional yang praktis, kamu jadi bisa memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan dan menjalankan strategi bisnis dengan efektif. 

SIRCLO Store, bisa bantu kamu menghubungkan platform penjualanmu ke dalam satu dashboard sehingga kamu dapat menjangkau lebih banyak pelanggan secara efisien. Daftar SIRCLO Store sekarang dengan klik di sini.

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce terdepan di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan solusi yang terbagi menjadi 2 kategori utama, yaitu solusi entrepreneur dan enterprise. Pada kategori entrepreneur, SIRCLO menawarkan platform pengelolaan toko online UMKM untuk berjualan di 3 platform yang berbeda (website, marketplace, chat commerce), yaitu SIRCLO Store. Pada kategori enterprise, SIRCLO menawarkan layanan e-commerce enabler secara end-to-end melalui SIRCLO Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui ICUBE by SIRCLO.

SIRCLO telah melayani lebih dari 100.000 brands untuk mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear, serta dipercaya oleh brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, dan Levi’s. Berlokasi di Green Office Park 1, The Breeze (BSD – Serpong), hari ini SIRCLO memiliki 700 karyawan serta perwakilan yang berbasis di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!