Blog

Cara menulis deskripsi produk

5 Tips Menulis Deskripsi Yang Menarik Untuk Produkmu

Era digital memudahkan semua orang dalam memenuhi keinginannya. Contohnya belanja dari rumah lewat website atau marketplace. Budaya belanja online ini semakin digemari banyak kalangan berkat kepraktisannya. Sebagai pelaku usaha, kamu bisa memasarkan produkmu dengan cepat lewat penulisan deskripsi produk yang menarik.

Jangan salah, penulisan deskripsi produk tak bisa dianggap remeh. Pasalnya banyak pembeli membaca deskripsi setelah melihat gambar produk. Untuk itu, penting bagi kamu untuk menyematkan deskripsi produk yang menarik dan jelas agar pembeli semakin yakin. Dalam menulis deskripsi produk terdapat beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar bisa mendulang keuntungan. Diantaranya sebagai berikut.

Kenali Target Audiens

Sebelum menulis soal produk, kamu perlu mengenali target audiens yang ingin dicapai seperti apa. Kamu bisa mendeteksinya lewat produk yang dijual cocoknya pada kalangan seperti apa, gender nya apa, minatnya pada bidang apa, sampai pada persebaran lokasi dan umur.

Contohnya saat kamu menjual produk sepatu yang banyak digemari anak muda, tentu kalimat yang dipakai lebih santai ketimbang produk peralatan dapur yang biasa digemari ibu-ibu. Mengidentifikasi target audiens merupakan langkah utama agar kamu dapat menuliskan produk sesuai dengan audiensnya.

Baca juga: Pikat Konsumen Lewat Promosi Menarik

Beberkan Kelebihan dan Manfaat Produk

Setelah mengenali audiens, hal pokok dalam deskripsi produk adalah menjelaskan soal kelebihan dan manfaat produk. Sebagai pembeli tentu kualitas yang dimiliki suatu produk merupakan daya tarik utama dalam memilih barang yang akan dibeli.

Manfaat yang disampaikan bukan soal dari sisi produk, melainkan apa saja manfaat yang dirasakan pembeli jika memiliki produk tersebut. Kamu bisa menuliskan manfaat secara ilmiah seperti mengandung banyak vitamin. Selain itu kamu juga bisa menuliskannya seperti mengencangkan kulit dan sebagainya.

Informasi yang Jelas dan Detail

Kerap kali dalam mencantumkan deskripsi produk, penjual menulisnya dalam paragraf panjang, tidak beraturan, dan kurang detail. Sebaiknya kamu menuliskan deskripsi menggunakan poin-poin dengan bullet untuk memudahkan mata pembaca. Cara ini akan memudahkan kamu untuk membuatnya menjadi lebih ringkas.

Contohnya saat kamu menjual produk pakaian, kamu bisa mencantumkan ukuran, varian warna, size chart, dan tambahan deskripsi lain yang membantu pembeli dalam menganalisa produk. Dengan deskripsi yang jelas, pembeli akan lebih cepat menentukan produk yang dipilih.

Baca juga: 3 Alasan Kenapa Brand Perlu Website Sendiri

Gunakan kalimat yang menarik

Saat membaca sebuah deskripsi, seberapa sering kamu menemukan kalimat yang sama pada toko yang berbeda? Kebiasaan orang menyampaikan deskripsi produk yang biasa saja bakal berpengaruh kepada pembeli lho. Untuk itu penting bagi kamu menggunakan kalimat yang menarik dan atraktif.

Kamu bisa menggunakan sebuah kalimat yang tidak itu-itu saja dan menyelipkan sebuah kalimat ajakan yang tidak biasa. Contohnya saat kamu menjual produk kecantikan, kamu bisa mendeskripsikan produkmu dengan menyertakan kalimat gombal, pantun, ataupun kalimat penegas bahwa produk kamu layak didapatkan oleh para pembeli.

Sematkan Sentuhan Emosional

Untuk urusan ini kamu bisa melakukannya dengan kalimat story telling. Mengajak pembeli untuk merasakan kalimat per kalimat secara mendalam. Saat pembeli tersentuh, pembeli akan merasa ada keterkaitan emosi antara dirinya dengan produk terkait.

Sentuhan emosional pun bisa kamu sematkan pada produk lokal yang dihasilkan dari tangan putra-putri daerah. Kamu bisa banyak membicarakan soal kelokalan produk dan buat pembeli merasa dekat dan ingin merasakan menjadi bagian produk tersebut. Kalimat puitis soal kelokalan bisa menjadi bumbu yang gurih untuk menarik hati pembeli.

Untuk memaksimalkan deskripsi produk yang sudah ditulis, kamu bisa menggunakan SIRCLO Store untuk mendorong penjualan. Jangan khawatir, lewat website yang mudah digunakan, terintegrasi dengan marketplace dan Whatsapp, serta dilengkapi dengan fitur transaksi yang mudah. Dengan begitu keseluruhan operasional bisnismu bisa berjalan dengan efektif.

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce terdepan di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan solusi yang terbagi menjadi 2 kategori utama, yaitu solusi entrepreneur dan enterprise. Pada kategori entrepreneur, SIRCLO menawarkan platform pengelolaan toko online UMKM untuk berjualan di 3 platform yang berbeda (website, marketplace, chat commerce), yaitu SIRCLO Store. Pada kategori enterprise, SIRCLO menawarkan layanan e-commerce enabler secara end-to-end melalui SIRCLO Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui ICUBE by SIRCLO.

SIRCLO telah melayani lebih dari 100.000 brands untuk mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear, serta dipercaya oleh brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, dan Levi’s. Berlokasi di Green Office Park 1, The Breeze (BSD – Serpong), hari ini SIRCLO memiliki 700 karyawan serta perwakilan yang berbasis di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!