Blog

5 Tips untuk Mengurangi Tingkat Bounce Rate di Toko Online

Bounce rate? Mungkin sesuatu yang terdengar sedikit asing, tapi perlu kamu ketahui bahwa aspek ini perlu diperhatikan saat mengelola situs online.

Bounce rate dapat didefinisikan sebagai persentase jumlah pengunjung suatu website yang langsung meninggalkan situs tersebut setelah melihat halaman awal. Bounce rate khususnya didesain untuk menunjukkan jika pengunjung situs sesuai dengan pasar sasaran dan apakah tampilan, beserta konten situs, memenuhi ekspektasi mereka.

Tetapi, melalukan evaluasi pada situs toko online berdasarkan tingkat bounce rate saja tidak cukup untuk menjelaskan alasan pengunjung exit setelah melihat tampilan pertama. Bisa saja mereka sesuai dengan target pasar, tetapi tidak memahami konten di dalamnya. Bisa juga pengunjung tersebut memahami konten situsnya, tetapi bukan lah target pasar yang diincar. Yang jelas, berbagai aspek dalam situs toko online perlu terus diperhatikan untuk menghindari jumlah bounce rate yang tinggi. Temukan 5 tips di bawah ini yang dapat kamu aplikasikan!

1. Bangun first impression yang baik: design & warna

Kesan pertama pengunjung terhadap situsmu adalah segalanya. Cara paling dasar untuk mendapatkan first impression yang positif adalah menggunakan layout dengan sistem navigasi yang mudah dan konten yang dapat dicerna. Dari unsur desain, pastikan untuk menggunakan kontras warna yang baik sehingga memudahkan mata penunjung untuk menerima kata-kata dan visual yang ditampilkan. Menggunakan kontras warna yang tinggi dapat juga menegaskan suatu titik sehingga semakin mudah bagi pembaca untuk fokus kepada bagian penting dari situsmu.

Note: Tidak ada salahnya untuk menggunakan layout yang ‘tidak biasa’ untuk membuat tampilan page-mu semakin menonjol. Pastikan saja bahwa desain dan warna yang kamu gunakan tidak akan menutupi bagian situs yang penting dan akhirnya membingungkan pengunjung.

2. Tampilkan konten berkualitas

Nilai situs toko online-mu akan semakin tinggi jika konten yang kamu berikan semakin berkualitas. Pastikan konten dari situsmu tetap fresh and up-to-date, personal, dan tentunya sesuai dengan identitas brand kamu. Sangat dianjurkan untuk menggunakan copy writing dan foto-foto hasil pribadi yang pas dengan nilai-nilai brand – bukan semata-mata hasil browsing di Google. Selain karena dapat menyalahgunakan hak paten, salah satu tujuan dari membangun situs toko online adalah untuk mengangkat identitas brand sendiri dan bukan milik orang lain.

3. Keep it straight to the point

Kadang kita merasa satu atau dua informasi di halaman pertama saja tidak cukup untuk menampilkan seluruh pesan yang ingin disampaikan kepada pengunjung. Tetapi perlu sekali untuk menghindari information overload karena dengan semakin banyak konten yang dimuat, semakin membingungkan bagi pembaca untuk menangkap esensi dari situs tersebut.

Message should immediately be obvious. Di sini lah kita perlu memilih poin paling menjual dari situs kita untuk didisplay di halaman pertama sehingga pengunjung akan terdorong untuk membuka page lainnya. Bisa saja kamu menampilkan produk bestseller dan diskon besar-besaran; atau juga inspirasi di balik bisnismu jika memiliki dampak sosial yang besar dan positif.

4. Berikan sistem navigasi yang rapi dan jelas

Sama seperti pengunjung akan meninggalkan situs dengan konten yang tidak dapat dipahami, mereka juga tidak akan tertarik untuk melanjutkan browsing tanpa sistem navigasi yang jelas. Navigation bar, yang umumnya terletak di bagian atas situs, berfungsi untuk mengarahkan pembaca pada bagian utama situs yang lain. Sortir setiap produk berdasarkan persamaan dan kedekatannya. Pastikan juga untuk memberikan informasi yang lengkap pada setiap kategori. Jika situsmu memiliki konten yang banyak, pertimbangkan untuk menampilkan sidebar di bagian header dan footer juga.

5. Pilih tampilan yang mobile-friendly dengan Responsive Layout

Karena konsumen semakin hari semakin beralih pada penggunaan smartphone, penampilan situs toko online pada display yang mobile sangat perlu diperhatikan. Responsive layout menggunakan beberapa teknik khusus untuk mengatur ulang skala dan konten suatu situs berdasarkan resolusi layar. Dalam aspek ini, perhatikan kembali navigation bar, link, visual, dan pesan yang akan tampil di halaman utamamu saat diakses dengan smartphone. Responsive design sangat lah penting untuk memastikan bahwa situs toko online-mu mudah diakses di berbagai perangkat.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!