Blog

6 Aspek yang Penting untuk Dianalisa Saat Mengukur Performa Bisnismu di Tahun 2020

Menjelang akhir tahun, pebisnis pun harus mulai melakukan analisa terhadap performa bisnis agar bisa merencanakan dan menyesuaikan strategi untuk tahun selanjutnya. Mengalisa performa bisnis bukanlah hal yang mudah. Butuh parameter yang jelas dan pengukuran yang jelas untuk bisa melakukannya dengan tepat. Apalagi tahun ini bisa dibilang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga: Jumlah Pengguna E-Commerce Indonesia di Tahun 2020 Meningkat Pesat

Apakah performa bisnis hanya diukur dari pendapatan? Tentu tidak. Ada banyak aspek yang bisa menjadi ukuran. Berikut beberapa hal yang bisa kamu analisis untuk memeriksa perkembangan bisnismu tahun ini.

Performa Operasional

Salah satu hal paling utama untuk diperhatikan dalam mengevaluasi performa bisnis khususnya dalam kondisi new normal seperti saat ini adalah pendapatan dan profit. Periksa performa bisnismu dengan mengukur jumlah penjualan baik dalam volume maupun nilai transaksi, total pendapatan, dan total profit di tahun ini. 

Dari sini, kamu kemudian bisa membandingkan jumlah tersebut dengan angka di tahun lalu. Metrik lain yang juga bisa kamu perhatikan adalah perbandingan antara customer yang hilang dan customer baru dan nilai umur pelanggan. Apalagi riset menyebutkan bahwa sejak pandemi banyak orang mencoba brand baru. 

Market Share

Selain dari data internal, kamu juga memerlukan data atau informasi dari faktor eksternal untuk membantu memahami performa bisnismu. Untuk melihat gambaran besarnya, kamu bisa membandingkan bisnismu dengan kompetitor ataupun kondisi industri dari bisnis yang kamu jalankan.

Salah satu indikator yang bisa kamu bandingkan adalah market share atau persentase penjualan perusahaan dibandingkan dengan total penjualan suatu industri. Dibandingkan tahun lalu, apakah market share-mu lebih besar, stabil, atau menurun? 

Perhatikan juga market share kompetitor dari bisnismu. Analisis apakah ada kemungkinan munculnya pesaing baru atau apakah ada kemungkinan terjadinya akuisisi dari perusahaan besar. Dari data-data ini, kamu kemudian bisa melihat perubahan-perubahan yang dilakukan oleh kompetitor dan menyusun strategi untuk bersaing.

Arus Kas

Yang juga penting untuk dievaluasi adalah arus kas. Apalagi tahun ini keadaan ekonomi cukup terpengaruh dengan adanya pandemi dan sejumlah bisnis khususnya di beberapa industri ikut terpukul.

Analisis pengeluaran dan pendapatan dari bisnismu. Periksa tiap-tiap pos pengeluaran, apakah ada yang overbudget? Dari laporan arus kas, kamu bisa melihat kinerja dan manajemen keuangan bisnismu. Lewat laporan arus kas kamu juga bisa memprediksi kondisi bisnis ke depannya sehingga kamu bisa menyesuaikan langkah-langkah yang akan kamu ambil di tahun 2021.

Produktivitas Karyawan

Faktor lain yang juga bisa menjadi indikator pengukuran adalah produktivitas karyawan. Terutama karena tahun ini sejumlah bisnis sempat atau bahkan masih menerapkan work from home. Ukur produktivitas karyawan yang berkaitan berdasarkan kontribusi mereka terhadap pendapatan, profit, dan order yang kembali.

Selain dari kontribusi mereka, kamu juga bisa mengukur kepuasan karyawan terhadap perusahaanmu dengan sistem kerja yang berbeda dari biasanya. Identifikasikan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap produktivitas mereka seperti budaya perusahaan, gaya manajemen dan kepemimpinan, peraturan, kompensasi, peluang untuk melatih skill dan meningkatkan jenjang karier, dan lain-lain. Dari sini, kamu bisa mengevaluasi cara-cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kepuasan dan produktivitas mereka.

Trafik Website atau Toko Online

Selain dari profit dan jumlah transaksi, kamu juga bisa melihat performa bisnismu dari jumlah pengunjung yang datang ke website atau toko online-mu. Ini terutama penting bagi bisnis baru karena semakin tinggi jumlah trafik artinya semakin banyak orang yang mengenal bisnismu.

Ada banyak software dan tools yang bisa kamu gunakan untuk mengukur ini, misalnya Google Analytics. Kamu bahkan bisa mencari tahu journey mereka, apakah mereka menemukan websitemu dari mesin pencarian, media sosial, atau sumber lainnya. 

Lebih lanjut lagi kamu juga bisa mencari tahu tingkat konversi dibandingkan dengan pengunjung website. Apabila tingkat konversi masih rendah, kamu bisa mengoptimalkan lagi websitemu, misalnya membuat navigasi dan sistem pembayaran yang lebih mudah.

Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan menjadi salah satu faktor paling penting yang tidak boleh dilewatkan dalam mengevaluasi bisnis. Lakukan survei terkait kepuasan pelanggan secara reguler sebagai upaya untuk menjaga hubungan yang baik dengan customer.

Kamu juga bisa mencari tahu secara manual melalui testimoni atau rating yang diberikan pelanggan. Periksa saran komentar negatif apa yang umumnya diberikan oleh konsumen. Dari sana, kamu bisa mulai mengembangkan strategi untuk memperbaiki atau meningkatkan kinerjamu.

Kamu juga bisa membuat program-program tertentu khusus pelanggan misalnya diskon atau rebate. Dengan cara ini, pelanggan merasa lebih dihargai dan diperhatikan sehingga tingkat kepuasan mereka pun bisa naik.

Baca juga: SIRCLO Dukung UMKM dan Brand Lokal melalui Program #MulaiSekarang

Penting bagi bisnis untuk melakukan evaluasi secara berkala untuk memantau kinerja bisnis. Mengukur performa dengan melakukan analisis data akan membantumu menyesuaikan strategi dan perencanaan bisnismu untuk ke depannya baik dari segi produk, operasional, pemasaran, dan banyak lagi. 

Untuk mengembangkan bisnismu di 2021, kamu bisa mengoptimalkan kanal penujualan online. Dengan solusi teknologi dari SIRCLO, pelaku bisnis dapat menggapai pelanggan di website, marketplace, maupun WhatsApp. Pilih paket berlanggananmu sekarang, mulai dari Rp 275.000 per bulan!

__

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. 

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!