Blog

6 Ide Bisnis Minim Modal untuk Lebaran 2021

Banyak orang memanfaatkan momen menjelang Lebaran sebagai momen untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Biasanya Idul Fitri dirayakan dengan kegiatan berbelanja barang-barang baru dan berbagi kepada kerabat. Makanya, ada banyak ide bisnis lebaran yang bisa dijalankan.

Jika kamu juga ingin mencoba memulai bisnis di bulan Ramadhan, kamu bisa mulai dari bisnis kecil-kecilan yang minim modal dengan menggunakan THR yang kamu terima atau bahkan mencoba bisnis lebaran tanpa modal. Berikut beberapa peluang bisnis yang dapat kamu coba jelang Lebaran 2021.

Parsel atau Hampers Lebaran

Idul Fitri merupakan momen untuk berbagi. Kebanyakan orang memilih untuk mengirimkan parcel atau hampers kepada keluarga dan kerabat saat Lebaran. Apalagi pada momen Lebaran 2021 ini, banyak juga yang tidak bisa mudik karena adanya pandemi.

Kamu bisa membeli barang-barang kebutuhan pokok yang biasanya ada pada hampers Lebaran, misalnya sembako, buah-buahan, sirup, dan lainnya. Kemudian hias dengan pernak-pernik dan kemasan khas Idul Fitri. Kamu bisa mencari referensi packaging yang sedang tren agar parsel atau hampers terlihat lebih menarik.

Baca juga: Inspirasi Bisnis Kuliner Ramadan

Perlengkapan Ibadah

Perlengkapan ibadah baru merupakan salah satu jenis barang yang banyak dicari dan dibeli oleh masyarakat selama Idul Fitri, baik untuk digunakan sendiri maupun dibagikan kepada sanak saudara atau teman. 

Maka itu, menjual perlengkapan ibadah seperti sarung, peci, sajadah, atau busana Muslim merupakan salah satu ide bisnis lebaran yang bisa kamu jalankan. Bisnis ini juga relatif tidak membutuhkan banyak modal bahkan bisa menjadi salah satu bisnis Lebaran tanpa modal karena kamu bisa menjadi dropshipper atau reseller.

Catering

Pada momen Lebaran, banyak orang biasanya mengadakan kumpul keluarga dan makan bersama. Namun tidak semua orang menyiapkan masakan sendiri, apalagi untuk banyak orang. Ada juga yang tidak bisa bertemu dengan keluarga pada Lebaran 2021 ini karena larangan mudik sehingga akhirnya memilih untuk mengirimkan makanan ke keluarga atau teman.

Bisnis catering merupakan salah satu ide bisnis Lebaran yang bisa kamu coba jika kamu bisa memasak. Kamu cukup menawarkan makanan-makanan khas Idul Fitri yang sederhana. Bisa juga membuat katering khusus makanan sehat. Pasalnya banyak orang yang berat badannya naik saat puasa dan biasanya ingin mengembalikan berat badan mereka saat Lebaran. Apalagi, di tengah pandemi orang-orang jadi semakin memperhatikan kesehatan mereka. 

Kue Kering

Tidak asing lagi, kue kering menjadi salah satu jenis produk yang paling laku saat Idul Fitri. Biasanya kue kering menjadi hidangan yang disajikan kepada orang yang sedang bertamu saat Lebaran. Sekarang ini, kue kering juga seringkali menjadi salah satu bingkisan dalam parsel atau hampers.

Jika kamu hobi membuat kue, ide bisnis lebaran ini bisa jadi pilihan. Kamu bisa memilih tipe kue yang sederhana sehingga tidak membutuhkan modal banyak. Biasanya orang sudah mulai mencari kue kering beberapa minggu sebelum Lebaran, jadi jika kamu ingin memulai bisnis ini usahakan untuk menyiapkannya dari sekarang. Kamu juga bisa bekerja sama dengan bisnis parsel atau hampers sehingga penjualanmu semakin laku.

Baca juga: Ide Bisnis Kreatif Selama Bulan Ramadan 2021

Bumbu Masak

Masih seputar makanan, bisnis bumbu masak bisa menjadi pilihan bisnis yang juga dapat kamu jalankan jika kamu memiliki keahlian memasak. Biasanya orang akan lebih memilih untuk memasak makanan yang sederhana dan mudah disiapkan. Menjual bumbu masak bisa membantu persiapan mereka menjadi lebih mudah.

Kamu bisa menawarkan bumbu masak untuk makanan-makanan khas Lebaran seperti gulai, soto, atau rawon. Tambahkan rekomendasi takaran atau resep untuk memudahkan pembeli. Pastikan juga bumbu yang kamu jual segar dan bisa tahan lama untuk menghindari adanya keluhan.

Kartu Ucapan

Bagi kamu yang hobi atau memiliki keahlian mendesain, usaha kartu lebaran merupakan salah satu bisnis Lebaran tanpa modal yang patut dicoba. Selain barang, biasanya orang juga mengirimkan kartu ucapan ke kerabat. 

Buat desain khas Lebaran yang unik dan kreatif agar orang tertarik. Kamu bisa memasarkan desain-desainmu di media sosial agar bisa menjangkau lebih banyak orang. Agar lebih terpersonalisasi, kamu juga bisa menawarkan kartu ucapan custom

Selain menjual kartu ucapan secara satuan, kamu juga dapat bekerja sama dengan bisnis-bisnis khas Lebaran lainnya. Pasalnya, banyak juga bisnis yang menawarkan tambahan kartu ucapan bagi customer mereka. 

Itu dia beberapa ide bisnis Lebaran minim atau tanpa modal yang bisa kamu jalankan. Untuk mulai dan memasarkan bisnismu, kamu juga tak perlu khawatir karena kamu bisa mulai jualan hanya dengan Rp 0,- untuk membuat toko online dengan SIRCLO Store Starter Plan. Memulai bisnis jadi semakin mudah!

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!