Blog

produk jualan online

8 Produk Jualan Online Terlaris di Marketplace, Apa Saja?

Banyak orang ingin mulai berjualan online, tetapi bingung harus mulai dari mana. Salah satu yang perlu dilakukan adalah mencari tahu produk jualan online apa yang banyak dicari dan dibeli orang.

Setelah menentukan produk yang ingin kamu jual, kamu juga perlu mengetahui platform apa yang cocok untuk menjual produk jualan online tersebut.

Saat ini ada begitu banyak platform untuk kamu berjualan online, mulai dari website toko online, media sosial, hingga marketplace.

Marketplace sendiri ada begitu banyak pilihannya. Dengan banyaknya pilihan, kamu sebaiknya mencari tahu dahulu kategori produk apa yang cocok dijual di masing-masing marketplace.

Baca Juga: 4 Platform Jualan Online yang Cocok untuk UMKM

Contoh Produk Jualan Online yang Bisa Jadi Peluang Usaha

contoh produk jualan online
Foto: Pexels.com

Berikut kategori produk jualan online yang paling laku beserta marketplace yang tepat untuk menjualnya.

1. Produk Fashion

Produk fashion merupakan salah satu kategori produk yang paling laris dijual secara online. Tak heran karena semua orang butuh pakaian mulai dari pakaian sehari-hari, pakaian untuk kerja, pakaian pesta, dan banyak lagi.

Menurut laporan Nielsen, kategori fashion merupakan kategori produk yang paling laku. Sebanyak 61% konsumen membelinya secara online.

Kamu bisa menjual produk fashion sesuai model yang sedang laku di pasaran, misal fashion model Korea.

Selain itu, kamu bisa juga menjual kategori produk fashion secara spesifik misalnya membuat toko thrift shop yang menjual pakaian bekas, baju tidur, baju olahraga, dan jenis pakaian lainnya.

Karena merupakan kategori produk yang paling banyak dicari orang secara online, kamu bisa menjualnya di marketplace manapun.

Namun, Shopee dikenal sebagai marketplace nomor satu untuk menjual kategori fashion khususnya, pakaian wanita.

2. Produk Kecantikan

Sama dengan fashion, produk kecantikan juga menjadi salah satu kategori produk yang paling laku dijual online.

Ada begitu banyak produk kecantikan yang bisa kamu jual mulai dari yang merk luar maupun merk lokal.

Macamnya juga beragam mulai dari produk untuk mencerahkan wajah, menghilang jerawat, mencegah penuaan dini, dan banyak lagi.

Namun, jika kamu memutuskan untuk berjualan produk kecantikan, kamu juga perlu berhati-hati.

Pastikan produkmu aman dan telah mendapat izin resmi dari BPOM sehingga hal-hal yang tidak diinginkan dapat dihindari. Kamu juga harus benar-benar mengenal produk yang kamu jual.

Masih seperti sebelumnya, Shopee juga menjadi marketplace nomor satu untuk penjualan kategori kecantikan.

Untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, kamu bisa mengedukasi konsumen mengenai manfaat produk yang kamu jual, menunjukkan bukti misalnya dengan foto, dan meng-endorse beauty blogger.

Baca Juga: Terapkan Tips Fotografi Produk untuk Bisnis Online Agar Dilirik Konsumen

3. Produk Gadget & Elektronik

Karena saat ini merupakan era digital, gadget dan alat elektronik bisa dibilang sudah menjadi kebutuhan dasar. Produk jualan online yang satu ini bisa jadi pilihan, lho.

Maka tak heran kalau jumlah transaksi online untuk pembelian produk gadget dan elektronik terus meningkat setiap tahunnya. Apalagi saat ini banyak bermunculan hobi yang membutuhkan gadget dan alat elektronik seperti kamera DSLR dan action cam.

Smartphone dan tablet menjadi salah satu produk gadget yang banyak dicari orang.

Tak hanya gadget saja, aksesoris gadget pun juga ikut meningkat. Sebut saja casing handphone, pelindung kaca atau screen protector, dan earphone.

Dengan meningkatnya penjualan gadget, penjualan aksesorisnya pun kemungkinan besar akan meningkat.

Untuk memaksimalkan penjualan, kamu bisa menjual paket gadget beserta aksesorisnya sehingga minat belanja orang semakin tinggi.

Mengingat harga gadget umumnya cukup tinggi, kamu bisa menawarkan metode pembayaran cicilan.

Untuk kategori produk ini, data dari eIQ menunjukkan Bukalapak dan Tokopedia menjadi marketplace favorit untuk berbelanja kebutuhan elektronik dan aksesorinya.

4. Produk Perlengkapan Rumah Tangga

Ternyata penjualan produk rumah tangga juga memiliki banyak peminat. Salah satunya mungkin karena di online khususnya marketplace, konsumen bisa mencari berbagai jenis produk yang lebih bervariasi sehingga bisa mencari sesuai dengan yang dibutuhkan atau diinginkan.

Menariknya lagi, saat ini banyak produk perlengkapan rumah tangga yang sudah lebih canggih. Jadi, banyak diburu masyarakat untuk membuat pekerjaan rumah mereka menjadi lebih mudah.

Pengaruh media sosial juga sangat signifikan dampaknya. Banyak media sosial yang menampilkan alat rumah tangga aesthetic dengan desain menarik sehingga tampilannya lebih enak untuk dilihat.

Alat rumah tangga bergaya minimalis juga sedang tren, lho. Mungkin kamu tertarik dan mau coba untuk menjualnya.

Sementara itu, menurut hasil riset eIQ, marketplace dengan penjualan produk peralatan rumah tangga paling tinggi adalah JD.id dan Tokopedia.

Baca Juga: Ide Kemasan yang Ramah Lingkungan untuk Produk Bisnis Onlinemu

5. Produk Mainan & Hobi

Kategori produk lain yang juga banyak peminatnya adalah mainan dan hobi.

Salah satu alasan produk ini cukup laris adalah karena ada begitu banyaknya pilihan yang beragam mulai dari boneka, card game, mainan koleksi, dan banyak lagi.

Tak hanya untuk anak kecil saja, kamu bisa menjual produk hobi untuk orang dewasa misalnya action figure.

Biasanya, saat orang sudah hobi akan sesuatu, mereka lebih rela untuk mengeluarkan uang untuk membeli barang yang disukainya.

Jika pembeli senang dengan produk yang kamu jual, mereka cenderung akan setia untuk kembali berbelanja lagi di toko online-mu.

Produk mainan lain dan menjadi hobi orang dewasa saat ini adalah lego. Banyak orang dewasa di berbagai negara, termasuk Indonesia yang bahkan mengoleksi lego lebih banyak daripada anak-anak.

Selain karena alasan nostalgia saat kecil, permainan yang berpusat pada kreativitas seseorang ini juga bisa menjadi salah satu coping stres.

Tentu saja, tangkat kesulitan lego orang dewasa ini lebih tinggi. Namun, tidak menyurutkan semangat para peminatnya.

Tokopedia merupakan salah satu marketplace yang banyak digunakan orang untuk mencari kategori produk mainan dan hobi ini.

Untuk kamu yang berminat menjual produk mainan dan hobi, kamu bisa membuka lapak di sini sehingga bisa menjangkau lebih banyak orang.

6. Produk yang Sedang Tren

Kamu juga bisa menjual produk yang sedang tren atau hits. Namun, pastikan kamu juga kamu memiliki target spesifik agar kamu bisa punya target pasar yang jelas.

Misalnya, kamu ingin menjual produk fashion yang mengikuti tren atau skincare Korea yang terkenal. Dengan demikian, kamu akan lebih mudah memasarkan produk yang kamu jual.

Kamu juga bisa melakukan riset dengan melihat-lihat kategori produk yang sedang tren. Biasanya marketplace memiliki kategori khusus untuk produk-produk yang sedang populer. Jadi kamu bisa lebih mengikuti tren pasar.

Baca Juga: 6 Tips Memasarkan Produk Secara Online dengan Budget Terbatas

7. Produk Kesehatan

Di masa pandemi COVID-19 ini, kesehatan menjadi hal penting yang diperhatikan dan diprioritaskan oleh banyak orang.

Kamu pun bisa menjadikannya sebagai ide produk jualan online.

Ada banyak produk kesehatan yang bisa kamu jual, mulai dari masker kesehatan, vitamin, hingga obat-obatan.

Selain itu, hand sanitizer, disinfektan, hingga face shield pasti akan banyak dicari. Alat kesehatan, seperti termometer dan lainnya juga bisa dipertimbangkan.

Namun sebelum menjualnya, pastikan kamu mendapatkan produk dari produsen yang terpercaya dan sudah memiliki izin edar dari BPOM serta Kemenkes RI.

Karena kredibelitas produk kesehatan sangat penting agar konsumen percaya pada toko online kamu.

8. Perlengkapan Ibu dan Anak

Ide produk jualan online berikutnya yang bisa kamu pertimbangkan untuk memulai bisnis adalah perlengkapan ibu dan anak.

Hingga kini, produk perlengkapan bayi, anak-anak, dan ibunya masih menjadi items yang paling banyak dicari dan dibeli.

Jika dahulu para orang tua lebih banyak membelinya secara offline, saat ini banyak ibu dan ayah millennial yang percaya untuk berbelanja keperluan buah hati mereka secara online.

Tak sedikit pula pasangan muda yang sudah melek teknologi lebih memilih belanja kebutuhan ibu dan anak di marketplace.

Selain lebih mudah, ada berbagai promosi menarik yang ditawarkan. Jadi, produk ini bisa menjadi kesempatan yang bagus untuk kamu kembangkan ketika berbisnis.

Adapun produk ibu dan anak terlaris yang bisa dijadikan peluang usaha ialah popok bayi, susu dan makanan bayi, pakaian bayi, mainan anak, dan lainnya.

Sementara perlengkapan ibu yang banyak dibeli, yaitu skincare ibu hamil, seperti krim stretch mark, vitamin kehamilan, hingga ASI booster.

Baca Juga: 5 Alasan Konsumen Sering Belanja Secara Online

Itu dia beragam produk jualan online yang bisa kamu jadikan peluang bisnis. Jangan lupa untuk memelajari dan memahami peluang serta risikonya sebelum mulai bisnis.

Selamat mencoba, ya!


Beberapa marketplace juga bekerjasama dengan brand-brand resmi, misalnya Tokopedia dan Blibli dengan Official Store-nya. Oleh karena itu, sebelum memilih platform untuk berjualan pastikan kamu melakukan riset terlebih dahulu mengenai masing-masing marketplace dan mencari tahu segmentasinya sehingga kamu bisa menjangkau konsumen yang tepat.

Cara lain agar penjualanmu bisa meningkat adalah dengan masuk ke beberapa marketplace sekaligus. Dari sana, kamu bisa menganalisis marketplace mana saja yang banyak mendatangkan pembeli dan mana yang kurang berhasil.

Agar berjualan di marketplace lebih mudah, gunakan layanan manajemen e-commerce seperti Connexi. Lewat Connexi, kamu bisa mengintegrasikan berbagai saluran penjualanmu di marketplace dan mengelolanya dari satu platform. Menjalankan bisnis online lewat marketplace jadi lebih mudah!

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!