Blog

6 Tantangan Ini Kerap Dihadapi oleh Para Wirausaha Wanita

Apa yang membedakan wirausaha wanita dan pria? Sebenarnya, pria dan wanita memiliki derajat yang sama. Baik pria maupun wanita punya potensinya masing-masing dan dapat memiliki kemampuan yang setara dalam menjalankan bisnis. Namun dunia bisnis yang didominasi laki-laki membuat tantangan yang dihadapi womenpreneur untuk bisa menjadi seorang pengusaha wanita sukses terkadang lebih kompleks.

Berikut 6 tantangan yang seringkali dihadapi oleh para wirausaha wanita dalam menjalankan bisnisnya.

Adanya Ekspektasi dan Tuntutan Sosial

Dalam kehidupan sosial, perempuan seringkali dipandang sebagai individu yang lemah lembut dan terbawa perasaan. Sementara itu, dalam dunia bisnis sifat-sifat yang lebih diasosiasikan terhadap pria seperti agresif, kompetitif, dan tegas merupakan sifat yang cenderung lebih dominan. Hal ini terkadang membuat perempuan dalam dunia bisnis lebih diremehkan atau kurang dipandang.

Terlebih lagi, ada pula yang masih beranggapan bahwa perempuan sebaiknya tidak bekerja dan berumah tangga saja. Hal-hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi perempuan. Terlepas dari ekspektasi dan tuntutan sosial yang ada, yang terpenting adalah kamu bisa terus berkembang, bekerja keras, dan tetap menjadi dirimu sendiri.

Baca juga : 4 Cerita Inspiratif dari Para Wirausaha Wanita Perintis Brand

Kurang Percaya Diri

Masuk ke dunia bisnis yang didominasi laki-laki juga merupakan tantangan tersendiri bagi womenpreneur. Banyak yang mungkin masih kurang percaya diri dalam menghadapi partner atau klien. Padahal, rasa percaya diri merupakan modal penting dalam membangun bisnis dan memperluas jaringan. 

Kamu bisa membangun kepercayaan dirimu mulai dari hal-hal kecil seperti saat memimpin rapat atau networking. Dengan demikian, kamu bisa terus berkembang agar bisa menjadi pengusaha wanita sukses.

Sulit Membagi Waktu

Tak sedikit perempuan yang memulai usaha untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Ini juga menjadi tantangan lain bagi banyak wirausaha wanita, apalagi yang sudah memiliki keluarga sendiri. Di samping menjalankan bisnis, womenpreneur juga harus menjalankan peran ganda sebagai ibu rumah tangga. 

Wirausaha wanita harus bisa membagi waktu antara menjalankan kehidupan keluarga dan mengembangkan usaha. Maka itu, kemampuan untuk mengatur waktu dengan baik juga merupakan salah satu skill yang sangat penting dimiliki oleh para wirausaha wanita.

Berhati-hati dalam Mengambil Keputusan

Perempuan cenderung lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan. Di satu sisi, ini merupakan hal yang bagus karena artinya kamu bisa lebih waspada terhadap risiko yang ada dan dapat menghindari kerugian-kerugian yang mungkin terjadi. 

Namun dalam berbisnis terkadang juga dibutuhkan kemampuan untuk membuat keputusan dengan cepat, terutama dalam waktu-waktu mendesak atau darurat. Jika tidak, kamu mungkin bisa melewatkan kesempatan emas. Kemampuan ini merupakan salah satu yang perlu dilatih dalam menjalankan bisnis jika kamu ingin menjadi pengusaha wanita sukses. 

Baca juga: Pertumbuhan Wirausaha Wanita di Indonesia dan Kontribusinya Bagi Ekonomi

Keamanan

Pebisnis umumnya memiliki mobilitas yang tinggi mulai dari mengurus toko, bertemu dengan klien atau partner, menghadiri seminar atau pameran, berkunjung ke supplier, dan banyak lagi. Alhasil, terkadang pebisnis baru pulang saat larut malam. Belum lagi di tengah era digital ini ada banyak tantangan keamanan seperti hacking dan phising

Ini menjadi tantangan khususnya bagi para wirausaha wanita. Kamu harus bisa mandiri dan berhati-hati, termasuk dalam mengakses dan menggunakan platform digital. Maka itu, literasi teknologi merupakan skill penting yang wajib dimiliki para womenpreneur.

Minimnya Akses Terhadap Modal

Banyak wirausaha wanita yang mengungkapkan kesulitan mereka dalam mengakses modal untuk bisnis mereka. Hal ini sebetulnya juga banyak dihadapi oleh pelaku UMKM. Namun, menurut studi wirausaha wanita cenderung lebih sulit dalam mendapatkan modal dibanding pria.

Untuk mengatasi tantangan ini, kamu harus bisa meyakinkan investor bahwa bisnismu memiliki potensi untuk berkembang, salah satunya dengan menyiapkan laporan yang lengkap serta mempresentasikannya dengan penuh percaya diri. Selain itu, kamu juga bisa mencari lebih banyak investor perempuan untuk mendukung usahamu.

Menjalankan wirausaha wanita bukanlah hal yang mudah. Ada banyak rintangan yang harus dilewati. Tantangan-tantangan di atas merupakan beberapa di antaranya. Tidak hanya soal merintis saja, kamu juga harus bisa mempertahankan dan mengembangkan usahamu. Namun dengan kegigihan, sifat pantang menyerah, dan keinginan untuk terus maju kamu pun bisa menjadi pengusaha wanita sukses.

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!