Blog

6 Tips Memasarkan Produk Secara Online dengan Budget Terbatas

Strategi pemasaran merupakan sesuatu yang penting diterapkan dalam bisnis. Menerapkan strategi pemasaran yang tepat dapat membantu menarik calon pembeli dan mendongkrak penjualan bisnis onlinemu. 

Sama seperti aspek-aspek lain dalam bisnis, diperlukan anggaran untuk menerapkan strategi pemasaran. Namun ini bukan berarti kamu harus mengeluarkan dana yang sangat besar agar bisnis bisa berkembang. 

Hal ini terkadang membuat beberapa pebisnis mengabaikan pentingnya strategi pemasaran yang efektif. Padahal, tidak menerapkan strategi marketing yang tepat malah dapat merugikan perkembangan usaha. 

Sebenarnya menjalankan strategi marketing tidak selalu membutuhkan biaya yang terlampau besar. Ada sejumlah cara strategi marketing yang dapat kamu terapkan dengan budget yang terbatas, berikut beberapa di antaranya:

Mengembangkan Konten

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan content marketing. Kamu bisa mulai dari platform yang sudah kamu gunakan sekarang, misalnya marketplace atau website toko onlinemu. Buat konten-konten yang menarik untuk kamu unggah di feed marketplace maupun di blog website jualanmu.

Selain itu, kamu juga bisa mengembangkan konten di media sosial. Pilihlah media sosial yang memang banyak digunakan oleh pelanggan. Kemudian eksplor beberapa tipe konten seperti konten yang menjelaskan produk, konten kuis, infografis, atau konten-konten lainnya. Gunakan foto atau desain yang menarik.

Setelah membagikan konten, kamu bisa menganalisa kembali konten seperti apa yang mendapatkan lebih banyak respons atau engagement dari audiens sehingga kamu bisa terus mengoptimalkan content marketing-mu. Selain dapat membantumu menjangkau pelanggan, cara ini juga merupakan cara yang tidak membutuhkan biaya besar.

baca juga: Tips Memilih Kata Kunci Tepat untuk Optimalkan Strategi SEO di Website Bisnismu

Buat Program Referral

Kamu juga bisa memanfaatkan pelanggan yang sudah kamu miliki sekarang untuk membantu strategi pemasaranmu. Buat program referral dengan mengajak pelangganmu sekarang untuk merekomendasikan produkmu ke teman mereka. Kemudian tawarkan mereka insentif jika referral mereka berhasil misalnya berupa hadiah produk, voucher promo, atau insentif lainnya.

Terapkan Email Marketing

Hingga saat ini, email marketing tetap menjadi salah satu cara paling efektif dan terjangkau untuk melakukan pemasaran dan mendorong penjualan. Lewat email marketing, kamu bisa menjangkau konsumen potensial sekaligus menjaga hubungan dengan pelanggan.

Agar efektif, buat segmentasi audiens saat menerapkan email marketing. Kamu bisa membaginya berdasarkan customer journey, misalnya membuat segmentasi untuk customer yang pernah mengunjungi toko onlinemu tetapi belum pernah melakukan pembelian, customer yang memiliki barang di shopping cart mereka, dan customer yang sudah pernah bertransaksi. Dengan cara ini, strategi email marketingmu bisa lebih tepat sasaran.

Baca juga: 4 Platform Jualan Online yang Cocok untuk UMKM

Berkolaborasi dengan Bisnis Lain

Strategi marketing tidak harus selalu kamu lakukan sendiri. Kamu juga bisa bekerja sama dengan brand lain untuk memperluas jangkauan pasarmu. Dengan cara ini, kamu bisa menarik target pasar baru yang mungkin belum pernah kamu jangkau sebelumnya.

Dalam memilih brand untuk diajak berkolaborasi, cari tahu terlebih dahulu siapa target pasar dari brand tersebut. Sebaiknya cari brand dengan target pasar yang mirip tetapi bukan merupakan kompetitor langsung dari bisnismu.

Kamu bisa mencari brand yang kira-kira dapat memberi nilai tambah pada produkmu, misalnya jika kamu menjual suplemen kesehatan, kamu bisa bekerja sama dengan brand yang menjual peralatan olahraga. Cara ini juga relatif terjangkau karena kamu tidak perlu mencari audiens melainkan bisa memanfaatkan kelompok audiens yang sudah terbangun sebelumnya dari customer brand yang berkolaborasi denganmu.

Jangkau Komunitas

Strategi lain yang bisa kamu coba adalah dengan menjangkau komunitas-komunitas yang berhubungan dengan produkmu. Menjangkau komunitas tidak membutuhkan biaya yang begitu besar, tetapi jika berhasil dapat memberikan dampak yang signifikan.

Kamu bisa menjangkau orang dalam jumlah banyak, meningkatkan reputasi brand-mu, sekaligus mengenal lebih dekat target audiensmu. Customer akan lebih cenderung untuk memilih sebuah brand yang mereka kenal. Dengan terlibat dalam komunitas, kamu bisa membangun hubungan personal dengan customer.

Optimasi SEO

Terakhir, kamu bisa mengimplementasikan strategi SEO di platform penjualanmu, baik itu di website toko online ataupun marketplace. Kamu bisa mempelajarinya secara berkala melalui beberapa sumber.

Sebagai langkah awal, kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu terkait kata kunci yang memiliki traffic tinggi atau banyak dicari yang berhubungan dengan produkmu. Dalam mencari kata kunci, perhatikan juga tingkat kesulitan. Sebaiknya pilih kata kunci dengan traffic yang tinggi tetapi level kesulitan yang rendah agar persaingan tidak terlalu ketat.

Gunakan kata kunci tersebut dalam berbagai konten dalam platform penjualanmu, baik itu halaman website, nama produk, deskripsi, konten, dan lain-lain. Namun pastikan kata kunci yang kamu gunakan sesuai dengan konten yang kamu bagikan. Setelah menerapkan berbagai kata kunci, analisis secara berkala kata kunci mana yang berdampak terhadap traffic toko onlinemu.

Untuk mengoptimalkan penjualan onlinemu, SIRCLO Store menyediakan solusi penjualan online berupa layanan end-to-end dimana kamu bisa membuat toko online yang saling terintegrasi dengan mudah, baik itu di website toko online, marketplace, ataupun Whatsapp. Jadi kamu bisa memantau keseluruhan performa bisnismu dengan mudah.

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce terdepan di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan solusi yang terbagi menjadi 2 kategori utama, yaitu solusi entrepreneur dan enterprise. Pada kategori entrepreneur, SIRCLO menawarkan platform pengelolaan toko online UMKM untuk berjualan di 3 platform yang berbeda (website, marketplace, chat commerce), yaitu SIRCLO Store. Pada kategori enterprise, SIRCLO menawarkan layanan e-commerce enabler secara end-to-end melalui SIRCLO Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui ICUBE by SIRCLO.

SIRCLO telah melayani lebih dari 100.000 brands untuk mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear, serta dipercaya oleh brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, dan Levi’s. Berlokasi di Green Office Park 1, The Breeze (BSD – Serpong), hari ini SIRCLO memiliki 700 karyawan serta perwakilan yang berbasis di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!