Blog

6 Tips Memperkuat Branding di Marketplace Agar Lapak Mudah Diingat

Sudah mulai berjualan di marketplace? Bagus! Tapi apa langkah selanjutnya supaya bisa sukses jualan online? Salah satu kuncinya ada di branding. Dengan branding yang kuat, orang bisa mengenal dan mengingat brand kita. 

Mau kan brand kamu diingat orang? Makanya, apapun bisnismu yang kamu jalan dan dimanapun kamu berjualan, menerapkan strategi branding itu penting. Tenang, tidak perlu modal besar kok untuk memperkuat branding. Bahkan kamu bisa melakukannya dari hal-hal sederhana tanpa perlu mengeluarkan uang. 

Baca juga: Baru Mulai Berjualan di Marketplace? Gapai Customer dengan 7 Cara Ini!

Bagaimana cara memulainya? Berikut 7 tips mudah untuk memperkuat branding lapakmu di marketplace!

Pilih Nama Toko yang Mudah Diingat

Langkah pertama adalah melihat nama brand. Jika kamu sudah memiliki nama brand, coba pikirkan apakah nama tersebut mudah diingat? Apakah mudah dieja? Bagaimana dengan kesan yang ditimbulkan dari nama tersebut, apakah sesuai dengan produk yang kamu jual? 

Misalnya jika kamu menjual produk kecantikan, kamu bisa menggunakan kata-kata yang menunjukkan kesan tersebut. Begitu pula jika kamu menjual produk untuk laki-laki, kamu bisa menggunakan nama yang lebih manly. Pertimbangkan juga apakah sebaiknya kamu menggunakan bahasa Indonesia bahasa Inggris. Sesuaikan dengan target audiensmu.

Buat Logo

Selanjutnya adalah dengan membuat logo untuk dipasang pada display picture lapakmu. Tidak perlu membuat logo yang terlampau rumit, cukup buat logo yang sederhana. Bahkan kamu bisa membuat logo hanya dengan tulisan nama brand kamu. Tinggal warna dan font-nya saja yang kamu buat lebih kreatif. 

Dalam membuat logo, kamu juga harus mempertimbangkan kesan yang ditimbulkan dari logo tersebut. Misalnya jika targetmu adalah perempuan, kamu bisa menggunakan warna-warna yang lebih soft. Kamu bisa membuat logo sendiri ataupun menggunakan jasa desainer grafis. 

Pasang Banner yang Menarik

Anggap lapakmu di marketplace sebagai toko fisikmu. Jika kamu punya toko, pasti kamu ingin tokonya terlihat cantik dari luar bukan? Begitu pula dengan toko online-mu. Buat toko online semakin menarik dengan menambahkan banner

Pastikan desain banner memiliki karakter yang sama dengan logomu sehingga tidak bertabrakan. Kamu bisa mencantumkan nama, jam operasional, dan akun media sosial bisnismu pada banner. Sertakan juga salah satu foto produk sehingga saat orang berkunjung ke lapakmu mereka bisa langsung tahu produk apa yang kamu jual.

Lengkapi Informasi Toko

Selain tampilan visual, informasi dasar seputar toko online kamu juga jangan sampai lupa dicantumkan ya. Apa saja yang sebaiknya dimasukkan? Kamu bisa menuliskan penjelasan singkat mengenai produk apa yang kamu jual dan apa yang membuat brand kamu spesial dibanding lapak-lapak lain yang menjual barang yang serupa.

Masukkan juga jam operasional, akun media sosial, dan website toko online jika ada. Kamu juga bisa memberikan informasi tambahan seperti produk best seller, paket bundling, promo yang sedang berjalan, dan informasi lain yang dirasa penting. 

Personalisasi Lapak dan Produk

Trik lain untuk memperkuat branding adalah melalui personalisasi. Tujuannya adalah supaya tokomu jadi lebih menonjol dibanding toko lainnya. Cara ini bisa dilakukan misalnya dengan menyertakan nama brand-mu di setiap nama produk. Kamu juga bisa menambahkan watermark pada foto produk. 

Selain dari nama dan visual, personalisasi juga bisa kamu lakukan saat berkomunikasi dengan calon pembeli. Misalnya jika target konsumenmu adalah laki-laki kamu bisa menggunakan kata bro. Jika target konsumenmu anak muda, kamu bisa menggunakan bahasa yang lebih santai dan gaul. Supaya lebih terasa personal, kamu juga bisa menambahkan ungkapan-ungkapan seperti ‘Wah, lagi ada diskon nih!’ atau ‘Yuk, beli sebelum kehabisan!’.

Aktif di Feed Marketplace

Tidak hanya dengan mempercantik lapak saja, tapi kamu juga bisa memperkuat branding dengan aktif di feed marketplace. Bagikan postingan yang berkaitan dengan tokomu, misalnya keluaran produk terbaru, promo, konten edukatif terkait produkmu, dan sebagainya. 

Buat caption yang menarik dan gunakan hashtag sehingga semakin banyak orang yang melihat postinganmu. Unggah konten secara konsisten dan jangan lupa untuk berinteraksi juga dengan komentar pengunjung sehingga followers tokomu semakin banyak. Kamu juga bisa membagikan channel lain penjualanmu seperti media sosial dan web jualan online sehingga pilihan berbelanja konsumen juga semakin banyak. 

Baca juga: Tips Menjangkau Lebih Banyak Konsumen Melalui Marketplace

Ternyata ada banyak ya yang bisa dilakukan untuk memperkuat branding di marketplace! Supaya mengelola toko di marketplace lebih mudah, gunakan layanan manajemen multichannel e-commerce. Layanan ini akan sangat membantu kamu sukses jualan online terutama buat kamu yang berjualan di beberapa marketplace. Jadi, waktu kamu tidak habis hanya untuk mengurus hal-hal kecil seperti upload produk, update stok, dan melacak pengiriman. Kamu bisa lebih fokus mengembangkan toko online-mu deh!

Kami mengerti bahwa kesuksesan bisnis online Anda adalah yang paling utama.

Mulai kisah sukses Anda sekarang juga!