Blog

7 Buku Yang Wajib Dibaca Oleh Para Entrepreneur Bisnis Online

Mewujudkan mimpi mempunyai bisnis online tidak harus dengan menempuh jalur pendidikan kuliah bisnis. Banyak pemilik bisnis online sukses yang sebelumnya tidak kuliah atau tidak mengambil jurusan bisnis, tetapi dikenal sebagai individu dengan pencapaian luar biasa dalam industri e-commerce. Kamu juga bisa banyak membaca untuk mempelajari semua hal yang perlu kamu ketahui tentang cara memulai bisnis online.

Tidak ada satu buku bisnis yang berisikan informasi super lengkap yang kamu perlukan untuk memulai dan menjalankan bisnis online yang sukses. Nah, kumpulan buku berkualitas ini cocok sekali untuk memberikan inspirasi dan memberikan pandangan sebelum memulai bisnis.

1. The 4 Hour Work Week (Tim Ferriss)

 

[Image source: Amazon.com]

 

Buku ini cocok sekali untuk kamu yang baru saja akan memulai bisnis online. Buku ini akan membuka mata kamu mengenai dunia e-commerce dengan berbagai kemungkinan baru. Buku ini memang memberikan gambaran yang bagus mengenai dasar e-commerce, tapi sebaiknya kamu membaca buku tambahan lain bila ingin memulai bisnis online sesungguhnya.

2. The Lean Startup (Eric Ries)

[Image source: Inc.com]

 

Buku populer ini menginspirasi sebuah gerakan dalam dunia startup. Meskipun buku ini lebih ditujukan untuk startup software, tetapi buku ini juga membahas nilai penting untuk mendapatkan pengakuan produk dan mendapatkan umpan balik sebelum menginvestasikan uang untuk memasarkannya. Kamu bisa mencontek cara yang dilakukan banyak perusahaan e-commerce yang mulai menerapkan prinsip ini dan mengurangi resiko kegagalan melalui crowdfunding.

3. Startup Owner’s Manual (Steve Blank)

 

Buku ini akan menunjukkan bagaimana mewujudkan ide bisnis online kamu dengan menggunakan cara Customer Development dan Business Model Canvas.

4. Zero To One (Peter Thiel)

[Image source: Amazon.com]

Pengarangnya, Peter Thiel, telah mempunyai beberapa perusahaan sukses. Buku ini berisikan berbagai hal yang telah ia pelajari selama perjalanan membangun bisnisnya. Ia menekankan pentingnya berinovasi, menciptakan posisi pasar yang bisa dipertahankan, dan menemukan kesempatan unik untuk meraup pangsa pasar baru bagi bisnis online kamu.

5. Lead With A Story (Paul Smith)

[Image source: Amazon.com]

Tanpa cerita yang jelas, webstore kamu hanyalah sebuah situs biasa. Dengan sebuah cerita, bisnis online kamu bisa berubah menjadi sesuatu yang berhubungan dan menginspirasi para pelanggan. Hal ini bisa menambahkan kesan dan membedakan kamu dengan toko online lain yang tidak bercerita.

Dalam buku ini, Paul Smith menunjukkan bagaimana caranya menciptakan cerita menarik yang bisa kamu gunakan untuk menulis isi halaman About Me, nilai perusahaan yang ingin ditonjolkan, materi untuk pemasaran, dan berbagai hal lain yang nantinya berhubungan langsung dengan pelanggan.

6. Jab, Jab, Jab, Right Hook (Gary Vaynerchuk)

Berkecimpung di dunia bisnis online, erat kaitannya dengan media sosial. Situs seperti Instagram dan Pinterest cocok sekali untuk memamerkan produk. Sedangkan Facebook dan Twitter adalah media sosial wajib yang harus dimiliki setiap bisnis online. Dengan buku ini, kamu bisa belajar membuat strategi media sosial langsung dari berbagai ahli di bidangnya.

7. The $100 Startup (Chris Guillebeau)

Buku ini menunjukkan caranya berpikir kreatif dan bagaimana kamu bisa memanfaatkan bakat atau hobi untuk membangun bisnis yang sukses. Dalam buku ini diberikan contoh kasus beberapa orang entrepreneur yang secara tidak sengaja membangun bisnis yang menghasilkan $50,000 dengan modal yang sangat kecil ($100 atau kurang).
Kalau kamu sedang berencana membangun bisnis kecil yang tidak menghalangi gaya hidup penuh petualangan, arti, dan tujuan, maka buku ini akan menunjukkan bagaimana cara mencapainya.
Membeli buku memang perlu keluar modal, tapi dengan membaca buku yang kamu bisa mendapatkan banyak pengetahuan dan inspirasi yang lebih mendalam. Jangan khawatir, saat nanti bisnis online kamu berkembang pesat, uang untuk membeli buku tadi akan terbayar sendiri berkali lipat.

Kami mengerti bahwa kesuksesan bisnis online Anda adalah yang paling utama.

Mulai kisah sukses Anda sekarang juga!