Blog

7 Cara Menyusun Resolusi Tahun Baru Yang Efektif Untuk Bisnis Kamu

Ada penelitian yang menunjukkan orang yang menyusun resolusi tahun baru, 10 kali lebih besar kemungkinannya untuk meraih tujuan dibandingkan mereka yang tidak. Karena itu, selain membuat resolusi pribadi, kamu juga bisa menyusun resolusi tahun baru untuk kemajuan bisnis kamu.

Resolusi tahun baru yang efektif untuk bisnis kamu harus berlandaskan evaluasi dan data dari tahun sebelumnya, supaya bisa disesuaikan dan diperbaiki. Kamu bisa mengikuti 7 cara dibawah ini untuk menyusun resolusi yang akan menuntun bisnis kamu menjadi lebih sukses.

1. Kenali Nilai Lebih Bisnis Kamu

Agar resolusi bisa konsisten dijalankan, sebaiknya dibuat berdasarkan nilai dasar bisnis. Sudah pasti kamu ingin bisnis menjadi lebih maju dan sukses, tapi resolusi yang baik haruslah berhubungan dengan memberikan nilai lebih. Dengan kata lain, selain menjual atau meraup keuntungan sebanyak mungkin, kamu harus tahu dulu nilai lebih apa yang bisa bisnis kamu berikan pada pelanggan. Contohnya:

  • Memberikan edukasi lebih pada pelanggan. Pelaku bisnis kuliner online bisa mengedukasi pelanggannya mengenai pentingnya memilih makanan yang tidak mengandung bahan pengawet atau MSG.
  • Membuat hidup pelanggan menjadi lebih baik dengan cara tertentu. Pemilik situs jual beli online mendasari bisnisnya untuk membuat lebih banyak orang mendapat kesempatan untuk menghasilkan uang tambahan.
  • Membantu pelanggan mencapai tujuan tertentu. Perusahaan jasa pembuatan website membantu para pemilik bisnis untuk memperluas jangkauan penjualan dengan membuatkan webstore atau toko online.

Hubungkan semua resolusi yang kamu buat dengan nilai tadi, agar lebih bermakna dan bisa terus dijalankan bahkan saat ada rintangan.

2. Harus Spesifik

Resolusi seperti ‘penjualan harus meningkat, pelanggan harus bertambah, atau meningkatkan kualitas layanan’ biasanya lebih sering gagal, karena kurang spesifik. Deskripsikan resolusi dengan cara yang bisa kamu monitor perkembangannya dan diukur keberhasilannya. Misalnya nih, kalau kamu ingin meningkatkan penjualan, mulailah dengan membuat strategi pemasaran mingguan dan promosi khusus bulanan.

3. Tuliskan Resolusi Bisnis Kamu

Resolusi yang dituliskan dan bisa terbaca dengan jelas akan meningkatkan peluang keberhasilannya. Jangan hanya menulis resolusi yang spesifik, tambahkan juga bagaimana perasaan kamu bila nanti tujuan itu tercapai. Kamu bisa memajang resolusi bisnis di tempat kerja untuk selalu mengingatkan bahwa bisnis kamu harus selalu komitmen untuk menjalankan semua yang diperlukan untuk mencapai tujuan.

4. Atur Lingkungan Kerja

Jangan remehkan pengaruh lingkungan terhadap kesuksesan. Atur kantor atau lingkungan kerja supaya tidak menghalangi resolusi bisnis kamu. Contohnya: buat tabel perkembangan bisnis, siapkan peralatan yang mendukung kelancaran bisnis, atau perbaiki hubungan kerja antar pegawai.

5. Persempit Langkah Menuju Resolusi

Melakukan banyak hal sekaligus bisa membuat bisnis kamu tidak fokus dan tidak jelas arah mana yang akan dituju. Mulailah dengan satu pencapaian besar, lalu pecah menjadi beberapa langkah pendukung lebih kecil. Langkah kecil sama dengan awal yang lebih kuat.

6. Fokus Pada Proses

Seringkali kita merasa kecewa saat usaha awal tidak memberikan hasil yang cepat dan menakjubkan. Jadi lebih baik fokus pada proses, lalu kembangkan strategi untuk mencapai tujuan. Misalnya, bila ingin lebih banyak orang mengunjungi toko online kamu, fokuslah untuk memperbaiki konten dan promosi secara rutin setiap hari. Ketekunan selalu membawa pada keberhasilan.

7. Pantang Menyerah

Bila bisnis kamu pernah mengalami kemunduran atau kegagalan, jangan terlalu menyalahkan diri. Oke, mungkin bisnis kamu tidak berhasil mencapai target penjualan tertentu tahun lalu. Tapi bagaimana kalau mulai resolusi tahun depan dengan menjual 1 buah produk saja setiap harinya, bisa kan?

Semua bisnis pasti pernah mengalami masa sulit. Akan lebih bijak untuk mengambil pelajaran, menyesuaikan strategi bisnis, lalu mulai kembali dengan semangat baru.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!