Blog

7 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Launching Toko Online

Membuat website toko online itu sangat mudah. Apalagi dengan semakin menjamurnya perusahaan yang bergerak di bidang online shop dan e-commerce solution. Tanpa kemampuan teknikal yang memumpuni, kamu pun sudah bisa membuat toko online yang handal dan menarik!

 

Tapi setelah toko online selesai dibangun, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan seperti ranking pada search engine, conversion agar customer membeli produk kamu, dan membangun customer retention agar mereka menjadi loyal dan mau membeli produk kamu lagi dilain waktu.

 

Intinya ada banyak hal yang perlu kamu lakukan pada fase pre-launch toko online. Bahkan dapat dikatan bahwa fase ini akan menentukan keberhasilan bisnis online kamu nantinya. Oleh karena itu, perhatikan 7 hal berikut ini sebelum launching toko online.

 

#1 Membuat Akun Media Sosial

Bagi sebagian bisnis online, media sosial dianggap mampu meningkatkan trafik dan jumlah potensial customer. Faktanya, pengguna media sosial sendiri sangatlah banyak, sehingga mereka yang menemukan akun media sosial kamu akan tertarik untuk mengunjungi toko online milik kamu.

 

Sebelum membuat akun media sosial, kamu harus memilih jenis media sosial apa yang cocok digunakan oleh bisnis online kamu, apakah itu Facebook, Twitter, Instagram, Snapchat, atau lainnya. Kemudian maksimalkan tampilan profile kamu agar terlihat profesional mulai dari logo, deskripsi, profile picture, cover, kontak, dsb.

 

Namun, hal utama dari media sosial adalah konten. Pastikan bahwa konten yang diunggah memiliki relevansi terhadap bisnis kamu tapi tetap menarik untuk ditampilkan.

 

#2 Memastikan Kesiapan Email Marketing

Dari waktu ke waktu email marketing terbukti sangat efektif sebagai penunjang strategi marketing. Di luar sana, ada banyak email provider yang bisa kamu pilih untuk kegiatan email marketing seperti Klaviyo, MailChimp, Emma, Constant Contact, Get Response dan Aweber.

 

Permulaan yang baik adalah dengan melihat jenis email provider apa saja yang mendukung platform toko online kamu. Kemudian setelah memilih email provider, maka kamu harus mempersiapkan welcome email, template, schedule, campaign dan tentu saja isi email yang menarik.

 

#3 Menginstall Google Analytics

Data analytics sudah harus kamu peroleh sejak hari pertama launching toko online. Dengan data-data tersebut kamu akan memperoleh insight yang menarik mengenai visitor dan customer kamu. Jika pada toko konvensional kamu dapat berinteraksi secara langsung dengan mereka dan mengetahui seberapa banyak orang yang datang ke toko kamu, baik itu hanya sekedar melihat-lihat atau membeli. Namun pada toko online, kamu tidak akan mengetahui informasi tersebut tanpa adanya data analytics.

 

Nah, salah satu cara memperoleh data analytics adalah dengan menggunakan Google Analytics. Untuk menginstall Google Anlytics, ikuti langkah berikut ini :

 

  1. Membuat akun Google Analytics
  2. Menghubungkan Google Analytics dengan toko online kamu
  3. Mengaktifkan fitur Ecommerce Tracking
  4. Mengatur Funnels dan Goals

 

#4 Mencari Keyword Yang Akan Digunakan

Keyword yang tepat sangat dibutuhkan agar SEO toko online kamu dinilai baik oleh search engine. Keyword yang kamu gunakan juga akan memudahkan Google dan mesin pencari lainya untuk mengidentifikasi jenis produk yang kamu jual pada toko online. Hasilnya, peluang toko online kamu untuk muncul pada halaman pertama Google menjadi sangat tinggi. Maka tidak heran jika pengunjung yang mencari kata kunci tertentu akan mengetahui toko online kamu dan jumlah potential customer pun akan meningkat.

 

#5 Membuat Strategi Pengiriman atau Shipping

Sekarang ini sudah banyak opsi pengiriman yang bisa digunakan oleh toko online, baik melalui kurir logistik maupun bertemu secara langsung atau Cash On Delivery (COD). Namun masalah pengiriman pun bisa membuat customer membatalkan keranjang belanjaannya. Misal tarif pengiriman yang mahal dan opsi logistik yang terlalu sedikit.

 

Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa berpikir kreatif dengan menerapkan flate rate atau bahkan gratis biaya ongkir. Sedangkan untuk menutupi biaya ongkir yang kamu tanggung tersebut, kamu bisa sedikit menaikan harga jual produk. Hasilnya tetap saja kamu akan memperoleh untung.

 

#6 Melakukan Promosi dan Membuat Announcement

Ada banyak cara untuk promosi, namun jika kamu tidak memiliki nama yang besar, maka membuat sebuah press release tidak akan ada gunanya. Sebaiknya buatlah pengumuman untuk orang terdekat kamu terlebih dahulu seperti misalnya teman di media sosial, group chat, kantor, alumni sekolah dan tetangga kamu.

 

Gunakan pula jasa social media buzzer atau lebih sering disebut dengan endorser. Jasa ini berguna untuk mempromosikan bisnis online kamu. Biasanya para endorser mencantumkan alamat email mereka pada halaman profile, dari situ kamu bisa melakukan negosisasi mengenai rate card dan ketentuan lainnya. Cara lain untuk mencari jasa endorser adalah dengan SociaBuzz. Disini, kamu bisa mencari endorser yang tepat untuk mempromosikan toko online kamu di Instagram, Twitter, Blog & Youtube.

 

Selain itu, untuk meningkatkan minat calon customer, kamu bisa memberikan berbagai macam promo dan diskon pada saat me-launching toko. Memanfaatkan fitur kode voucher pada toko online mungkin bisa menjadi ide bagus!

 

#7 Saatnya Launching!

Setelah melakukan semua hal yang telah disebutkan diatas, maka saatnya launching toko online. Namun pastikan kembali bahwa kamu telah mempersiapkan semuanya, atau lakukan quality control sekali lagi agar tidak terjadi hal-hal diluar perkiraan.

 

Beberapa hal yang disebutkan di atas sebenarnya hanyalah awal dari perjuangan kamu sebagai seorang digital enterpreneur. Jika suatu bisnis online diawali dengan persiapan yang matang maka hasilnya pun akan sangat bagus.

 

 

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!