Blog

Berikut 7 Ide Bisnis Rumahan Kekinian yang Bisa Kamu Coba!

Banyak orang yang ragu untuk memulai bisnis karena merasa membutuhkan modal yang besar. Apalagi, saat ini ada begitu banyak jenis bisnis yang tersedia baik offline maupun online sehingga tingkat persaingan makin ketat.

Namun, di sisi lain bisnis juga bisa menjadi penghasilan tambahan, bahkan berpotensi memberikan keuntungan yang besar. Selain itu, sebenarnya membangun bisnis tidak selalu membutuhkan modal yang besar. Kamu bahkan bisa memulai bisnis kecil-kecilan, misalnya bisnis rumahan.

Berikut beberapa ide bisnis rumahan yang bisa kamu coba untuk jalankan. 

Hampers

Salah satu produk yang banyak dicari terutama saat hari raya atau event-event tertentu adalah hampers. Banyak orang kini memilih untuk memberikan hampers sebagai bentuk bingkisan atau hadiah.

Kamu bisa memulai bisnis hampers kecil-kecilan dengan menjual hampers untuk berbagai keperluan, mulai dari kelulusan, pernikahan, hari raya, atau event-event lainnya. Sesuaikan tema hampers yang kamu buat dengan event atau hari rayanya. 

Untuk di awal, kamu tidak perlu memasukkan terlalu banyak barang dalam 1 hampers, cukup pilih barang-barang yang sederhana tetapi juga sedang tren atau banyak dicari untuk dijadikan hadiah, misalnya lilin aromaterapi atau snack tertentu. Kemas hampers dengan desain dan dekorasi yang estetik agar customer tertarik untuk membeli.

Laundry

Terutama di kota-kota besar, banyak orang tidak sempat mengurus urusan rumah seorang diri, termasuk untuk mencuci baju. Tak sedikit juga orang yang mengandalkan laundry untuk urusan tersebut. Makanya, bisnis laundry semakin umum untuk ditemui di berbagai tempat.

Kamu bisa memulai bisnis ini dengan menawarkan ke teman-teman atau tetangga sekitar terlebih dahulu. Jadi kamu cukup mengandalkan mesin cuci yang sudah kamu punya terlebih dahulu. Bisa juga menawarkan bisnismu ke lokasi-lokasi yang memang belum ada atau belum banyak bisnis laundrynya. 

Dari sana kamu bisa mulai mengembangkan bisnismu baik dengan melakukan promosi dan juga memberikan layanan yang memuaskan. Alhasil bisnis bisa berkembang hingga akhirnya kamu pun bisa membuka tempat laundrymu sendiri.

Kerajinan Tangan

Jika kamu adalah tipe orang yang kreatif dan suka membuat kerajinan tangan, kamu bisa menjadikan hobimu sebagai pemasukan tambahan juga lho. Misalnya kamu suka membuat lukisan, aksesoris, resin, dekorasi, atau kerajinan tangan lainnya, kamu bisa menjualnya baik di media sosial atau di marketplace.

Apalagi barang-barang kerajinan tangan yang estetis akhir-akhir ini memiliki peminat yang cukup banyak. Buat tema yang berbeda-beda, misalnya tema yang sedang tren. Kamu juga bisa menerapkan sistem order by request sehingga kamu hanya membuat kerajinan-kerajinan tertentu saat kamu menerima permintaan custom dari customer.

Makanan Beku

Penerapan PPKM membuat banyak orang menghabiskan sebagian besar waktu mereka di rumah. Alhasil, banyak orang memilih untuk memasak alih-alih makan di luar. Namun, tak sedikit juga yang sibuk sehingga akhirnya tidak sempat memasak. 

Kamu bisa memberikan solusi bagi customer yang demikian dengan menawarkan makanan beku, sehingga makanannya bisa dimasak dengan cepat. Tawarkan berbagai macam frozen food dan pastikan makanan selalu segar agar customer puas. Kamu juga bisa menawarkan paket agar customer bisa membeli dalam jumlah banyak sekaligus.

Baca juga: Tips Membangun Bisnis F&B Agar Dapat Bersaing

Makanan Sehat

Pandemi juga membuat orang-orang lebih memperhatikan kesehatan. Akhir-akhir ini pun, makanan sehat sedang tren. Ini merupakan peluang bagi kamu untuk mulai berbisnis. Jika kamu suka masak dan tahu menu-menu yang sehat, kamu bisa menjadikannya bisnis. 

Tipe makanan sehat pun ada yang berbagai macam, mulai dari yang untuk orang diet, untuk kondisi kesehatan tertentu, dan banyak lagi. Kamu bisa menentukan arah target bisnis makanan sehatmu terlebih dahulu sehingga kamu bisa menyesuaikan produk dan memasarkannya dengan mudah.

Sayur-Sayuran

Bagi kamu yang hobi bercocok tanam, kamu bisa menjual sayur-sayuran yang sudah ditanam. Banyak orang yang sekarang ini mencari produk yang organik, bahkan rela membayar sedikit lebih mahal untuk itu. 

Mulai dari sayur-mayur yang biasa orang cari seperti kangkung atau bayam. Kemudian coba tawarkan ke tetangga atau teman sekitar. Pastikan kamu menggunakan produk organik selama proses tanam agar sayur aman untuk dikonsumsi. 

Baca juga: Tips Memilih Platform dan Mengatur Budget untuk Pemasaran Digital

Reseller

Tidak hanya memproduksi produk sendiri, kamu juga bisa menjual produk dari orang lain dengan menjadi reseller atau dropshipper. Agar tidak bersaing dengan supplier kamu, kamu bisa mencari target pasar atau channel yang berbeda. Sebagai alternatif, kamu juga bisa mencari beberapa tipe supplier agar barang yang kamu tawarkan lebih beragam.

Keuntungan dari menjadi seorang reseller adalah kamu tidak perlu menyimpan barang sehingga tidak membutuhkan banyak tempat. Selain itu, kamu juga tidak perlu mengeluarkan modal untuk memproduksi barang. Agar bisnis reseller bisa sukses, pikirkan bagaimana kamu bisa memberikan nilai tambah bagi customer, misalnya dari segi pelayanan.

Selain bisnis-bisnis di atas, masih ada banyak pilihan bisnis rumahan lain yang bisa kamu coba. Agar bisnis bisa berkembang secara optimal, penting bagi kamu untuk memilih platform yang tepat dan membangun brand. Hal ini bisa kamu lakukan lewat SIRCLO Store yang menyediakan layanan toko online secara terpadu mulai dari platform penjualan berupa website, marketplace dan Whatsapp, pemasaran, hingga analitis. Jadi kamu pun bisa membangun bisnis secara efisien tanpa mengeluarkan modal yang terlampau besar.

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce terdepan di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan solusi yang terbagi menjadi 2 kategori utama, yaitu solusi entrepreneur dan enterprise. Pada kategori entrepreneur, SIRCLO menawarkan platform pengelolaan toko online UMKM untuk berjualan di 3 platform yang berbeda (website, marketplace, chat commerce), yaitu SIRCLO Store. Pada kategori enterprise, SIRCLO menawarkan layanan e-commerce enabler secara end-to-end melalui SIRCLO Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui ICUBE by SIRCLO.

SIRCLO telah melayani lebih dari 100.000 brands untuk mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear, serta dipercaya oleh brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, dan Levi’s. Berlokasi di Green Office Park 1, The Breeze (BSD – Serpong), hari ini SIRCLO memiliki 700 karyawan serta perwakilan yang berbasis di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!