Blog

7 Jenis Emosi untuk Menggugah Calon Pelanggan dalam Emotional Advertising

Strategi emotional marketing memang efektif untuk menarik perhatian calon pelanggan. Namun strategi ini juga sulit untuk dilakukan dengan tepat. Seringkali pelaku bisnis terlalu fokus pada data angka seperti conversion rate dan impression sampai lupa untuk memasukkan daya tarik emosional pada iklan. 

Baca juga: Tips Menjalankan Strategi Emotional Marketing untuk Campaign Hari Raya

Berikut beberapa jenis emosi yang bisa kamu sertakan dalam iklanmu untuk menarik target audiens:

Gembira

Banyak brand ingin dikaitkan dengan rasa gembira dan perasaan positif. Konten-konten bernada positif juga merupakan salah satu jenis konten yang paling menarik perhatian dan banyak dibagikan. Meluncurkan iklan yang menunjukkan emosi gembira dapat meningkatkan tingkat engagement dan sharability.

Kamu bisa mencontoh campaign #ChooseHappiness dari Coca Cola. Campaign ini mengajak konsumen untuk ikut berpartisipasi dengan cara membagikan kenangan dan pengalaman menyenangkan mereka. 

Campaign #choosehappiness oleh Coca-Cola

Takut

Rasa takut juga merupakan salah satu alat pemasaran yang efektif untuk membuat pelanggan setia pada suatu brand, produk, atau layanan. Ketakutan membuat orang lebih perhatian, teliti, dan hati-hati. Rasa takut juga menunjukkan peringatan terhadap kemungkinan untuk bisa kehilangan sesuatu jika tidak mengambil tindakan. Rasa takut bisa membantu mencegah perilaku buruk seperti penyalahgunaan alkohol, narkoba, dan merokok.

Strategi ini diterapkan oleh organisasi WWF (World Wildlife Fund) dalam iklan mereka untuk meningkatkan kesadaran tentang efek bahaya dari pemanasan global. Gambar tersebut menunjukkan bahwa perubahan iklim bisa mengubah kita semua jika kita tidak mengambil tindakan untuk mengubahnya.

Campaign perubahan iklim oleh WWF.

Kepercayaan

Kepercayaan menjadi salah satu pemicu efektif dalam emotional marketing, apalagi di masa dimana tingkat kompetisi semakin ketat. Sebelum konsumen bisa menjadi pelanggan setia yang membeli produkmu berulang kali, pertama-tama kamu harus bisa membujuk mereka untuk mempercayai brand-mu dengan menggunakan iklan daya tarik emosional.

Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk memenangkan kepercayaan pelanggan. Cobalah untuk terbuka dan transparan dengan pelanggan. Tunjukkan testimonial dari klien atau pelangganmu pada website, halaman media sosial, maupun lapak di marketplace. Kamu bisa juga memasukkan ulasan tersebut ke platform pihak ketiga seperti Yelp, TripAdvisor, dan lain-lain.

Agar konsumen merasa lebih tenang dan terjamin, kamu bisa menawarkan uji coba gratis, garansi, refund, dan lain-lain. Tunjukkan wajah manusia pada website toko online untuk memberikan sentuhan humanis pada tampilan brand. Kamu juga bisa menunjukkan pencapaian brand-mu secara spesifik misalnya dengan menampilkan data statistik dan fakta. Hubspot misalnya, melakukan ini dengan cara menampilkan brand-brand besar yang menggunakan layanannya. 

Sedih

Menggunakan emosi negatif seperti rasa sedih juga membantumu untuk mendorong rasa empati atau kasih sayang pada mereka yang menontonnya. Banyak brand maupun organisasi non-profit telah melihat efektivitas penggunaan konten yang menggugah rasa sedih.

Namun penting juga untuk menjaga keseimbangan saat membuat jenis iklan semacam itu. Jangan sampai konten iklan malah mengecewakan audiens dan membangkitkan perasaan negatif yang akhirnya dikaitkan dengan brand-mu. Kamu bisa mengarahkan perasaan sedih tersebut dan mengaitkannya dengan bagaimana brand-mu dapat membantu.

Banyak iklan Thailand menerapkan hal ini. Kamu bisa belajar dari iklan-iklan Thailand dan melihat bagaimana mereka menggunakan teknik storytelling untuk membangkitkan rasa sedih penonton kemudian diakhiri dengan satu kalimat singkat yang menunjukkan value dari brand mereka.

Rasa Memiliki

Setiap orang ingin menjadi bagian dari grup, komunitas, keluarga, atau jejaring sosial. Perasaan menjadi bagian dari sesuatu ini membantu pelanggan memenuhi kebutuhan psikologis mereka. Banyak bisnis menggunakan emosi ini untuk membuat pelanggan merasa menjadi bagian dari grup tertentu.

Pendekatan ini biasanya digunakan dalam iklan yang berkaitan dengan hobi, gaya hidup, atau olahraga. Contohnya saja Harley Davidson yang membagikan video mengenai bagaimana motornya menjadi bagian hidup dari customer-nya dan pada akhir video mengajak penontonnya untuk turut menjadi bagian dari mereka.

Kepemimpinan

Konsumen ingin menjadi yang pertama yang mencoba produk atau layanan baru. Promosi dengan menggunakan emotional marketing dan menonjolkan emosi kepemimpinan dapat membuat target konsumen merasa seperti mereka yang pertama dalam hal ini.

Kamu bisa belajar dari iklan Nike menunjukkan orang-orang yang menonjol mulai dari orang yang jago bermain basket dan mengalahkan temannya hingga seorang atlet. Video ini ingin menampilkan kepada audiens bahwa mereka pun bisa menjadi yang ‘pertama’.

Baca juga: Belajar Soal Emotional Marketing dari 6 Brand Berikut!

Bangga

Emosi ini ditujukan untuk membuat konsumen merasa cerdas dan bangga karena telah membuat pilihan yang baik. Misalnya membuat konsumen merasa bangga karena telah membeli makanan organik, buku terlaris, atau barang mewah. Sulit untuk menggunakan emosi ini karena setiap orang memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda. Jadi kamu perlu melakukan riset pemasaran terlebih dahulu agar penawaranmu memiliki argumen yang kuat dan tepat sasaran.

Kamu bisa belajar hal ini dari brand-brand mewah seperti mobil Hugo Boss. Iklannya mengisyaratkan bahwa brand-nya merupakan brand berkualitas yang digunakan oleh pria berkelas. Ditambah lagi, iklannya menampilkan aktor ternama dan pilihan lagu yang membangkitkan semangat. Pada akhir iklan, disebutkan ‘Be the Man of Today’, menunjukkan bahwa pria yang menggunakan Hugo Boss merupakan pria masa kini.

Kamu bisa menganalisa iklan-iklan brand di atas ataupun brand-brand lainnya mengenai bagaimana menggunakan emotional marketing dalam iklan untuk menarik perhatian konsumen sekaligus mengaitkan emosi tersebut pada brand dan produkmu.

Apabila kamu masih ragu, kamu bisa coba melihat iklan-iklan yang sempat diluncurkan kompetitor bisnismu. Perhatikan emosi seperti apa yang coba mereka tunjukkan pada iklan mereka dan seberapa efektif iklan tersebut. Tetapkan juga manfaat apa yang ingin kamu tonjolkan pada iklan sehingga iklan memiliki fokus.

Setelah itu pastikan kamu menghasilkan desain, gambar, atau video yang tepat untuk benar-benar berhasil menunjukkan emosi tersebut. Hal ini dikarenakan tampilan visual lebih cenderung untuk diperhatikan oleh konsumen dibandingkan teks. Dengan menerapkan langkah-langkah ini, kamu pun dapat menerapkan emotional advertising yang efektif.

Emotional advertising juga sangat efektif dan banyak digunakan oleh brand retail. Tidak hanya itu, emotional advertising yang disinergikan dengan aktivitas brand di berbagai platform penjualan dapat menumbuhkan online presence. SIRCLO Commerce dapat membantu operasional brands yang ingin masuk ke platform penjualan seperti online marketplace melalui layanan end-to-end management yang ditawarkan. Klik di sini untuk tahu lebih lanjut! 

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!