Blog

7 Peluang Bisnis Menjanjikan untuk Kaum Milenial di 2020

Siapapun bisa menjadi pebisnis, termasuk juga anak muda. Apalagi saat ini teknologi berkembang dengan begitu pesat sehingga memungkinkan kita untuk melakukan berbagai hal, termasuk juga mulai berbisnis. 

Dengan adanya internet, banyak bermunculan berbagai peluang usaha yang bisa dilakukan dari rumah. Terlebih lagi, generasi milenial lebih melek terhadap teknologi dan perkembangannya. Artinya, mereka bisa lebih peka terhadap tren yang ada sekaligus bisa memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efektivitas kerja. 

Baca juga: 9 Cara Kamu bisa Mendukung Local Brands di Tengah Pandemi COVID-19

Makanya tidak heran jika saat ini sudah mulai banyak pebisnis muda sukses yang hadir dengan berbagai ide kreatif. Jika kamu termasuk kaum milenial yang ingin memulai bisnis di tahun 2020, beberapa peluang usaha di bawah ini bisa menjadi pilihanmu. 

Usaha Jastip

Usaha yang satu ini sudah dilakukan oleh banyak orang karena relatif mudah dan tidak membutuhkan modal. Jika kamu sering bepergian, baik karena urusan pekerjaan atau sekadar hobi, bisnis yang satu ini bisa menjadi pilihanmu untuk menambah pemasukan. 

Kamu hanya perlu mempromosikan barang yang kamu temukan saat bepergian di media sosial kamu, biasanya di Instagram. Kemudian, jelaskan bahwa ada biaya tambahan jastip. Kamu bisa memilih barang-barang yang khas dari tempat kamu bepergian. Misalnya jika kamu pergi ke Jepang, kamu bisa menawarkan snack khas Jepang. 

Agar lebih aman, kamu bisa meminta pembeli untuk mentransfer sebagian atau melunasi pembayaran terlebih dahulu, baru kemudian kamu kirimkan barang tersebut kepada pembeli. Batasi juga jumlah barang yang kamu beli sehingga tidak sisa dan kamu malah merugi. 

Fotografi

Bisnis selanjutnya yang bisa kamu coba adalah jasa fotografi. Usaha ini cocok untuk kamu yang hobi memotret. Saat ini kebutuhan jasa fotografi semakin meningkat, baik untuk foto produk, foto keluarga, foto acara, dan banyak lagi. Selain itu, bisnis ini juga cukup fleksibel. Jadi bisa kamu lakukan sebagai sampingan maupun sebagai pekerjaan full-time

Sebagai alternatif di tengah situasi pandemi saat ini, kamu bisa melakukan virtual photography. Jadi kamu sebagai fotografer tidak perlu bertemu secara langsung dengan klien tetapi mengarahkan mereka secara online. Inovasi yang menarik, bukan? 

Social Media Management

Kamu sangat aktif di media sosial? Jangan salah, kamu bisa memanfaatkan hal ini sebagai kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan! Coba cek unggahan-unggahanmu di media sosial. Apakah mendapatkan likes dan engagement yang baik? Bagaimana dengan kualitas foto dan kontennya? Apakah banyak disukai oleh followers-mu?

Jika ya, usaha yang satu ini mungkin cocok untuk kamu! Sekarang ini, banyak bisnis yang membutuhkan jasa penanganan media sosial, mulai dari konten, foto atau desain, hingga kata-kata. Kamu bisa menawarkan jasa ini kepada orang-orang terdekatmu terlebih dahulu, misalnya menangani media sosial bisnis temanmu.

Dari sana, kamu bisa membangun portofolio. Nantinya, jika sudah berkembang kamu bisa mendapatkan semakin banyak klien. Tak jarang juga orang yang memulai bisnis ini akhirnya memiliki agensi media sosialnya sendiri lho. 

Blogger

Bisnis yang satu ini cocok untuk kamu yang suka menulis. Keuntungan dari bisnis ini adalah kamu bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja. Yang kamu butuhkan hanyalah jaringan internet. Kamu bisa memulai dengan menawarkan jasa tulisanmu untuk mengisi konten di website toko online temanmu. 

Jika sudah memiliki beberapa tulisan, kamu bisa buat website sendiri yang berisi kumpulan tulisan-tulisanmu. Jika sudah berkembang dan memiliki traffic yang lumayan, kamu bisa menawarkan bisnis lain untuk memasang iklan di blog kamu ataupun menulis content placement untuk mereka. 

Kerajinan Tangan

Untuk kamu yang suka berkreasi, kamu bisa memulai bisnis kerajinan tangan. Misalnya merangkai bunga, membuat perhiasan, pernak-pernik, dekorasi, dan sebagainya. Alternatif lain adalah menjual DIY kit untuk kerajinan tangan. 

Kamu bisa menawarkan kerajinan dengan bentuk atau desain yang menarik sehingga banyak orang tertarik untuk cari tahu lebih lanjut. Apalagi saat ini semakin banyak jumlah peminat kerajinan tangan, baik untuk koleksi ataupun dekorasi. Nantinya kamu pun bisa membuka pelatihan sendiri. Selain tidak terlalu sulit, bisnis ini juga memiliki banyak peluang untuk dikembangkan lebih lanjut. 

Jasa Desain

Bisnis yang satu ini sedang booming-boomingnya. Pasalnya di era internet dan media sosial, desain yang bagus dan fungsional menjadi sangat penting. Banyak bisnis yang membutuhkan jasa desain, baik untuk branding maupun marketing

Kalau kamu jago menggambar dan bisa membuat berbagai desain, bisnis yang satu ini merupakan peluang yang bagus. Ada banyak pilihan yang bisa kamu coba, mulai dari desain untuk logo, kartu nama, ilustrasi, kemasan, undangan, dan banyak lagi. 

Untuk menarik klien, sebaiknya bangun dulu portofolio kamu dan buat website online untuk menyatukan semuanya dengan rapi. Jangan lupa juga untuk membagikannya di media sosial. Dengan demikian, orang bisa mengakses hasil karyamu dengan mudah dan akhirnya tertarik untuk berbisnis dengan kamu. 

Jualan Online

Peluang bisnis yang juga cukup mudah untuk dimulai adalah jualan online. Ada banyak barang yang bisa kamu jual. Kamu tinggal mencari supplier yang tepat atau bahkan menjual barang yang kamu produksi sendiri. Bisa juga dengan menjual barang-barang bekas dengan membuka thrift shop. Saat berjualan online, pastikan kamu mempunyai target konsumen dan strategi berjualan yang jelas supaya bisnismu pun bisa berkembang. 

Sebelum mulai berbisnis, jangan lupa untuk menyiapkan modal usaha dan membuat perencanaan keuangan. Selain itu, siapkan juga hal-hal apa saja yang kira-kira kamu butuhkan untuk memulai bisnismu, misalnya tempat khusus untuk menaruh stok barang, peralatan kamera yang lengkap, maupun website toko online

Baca juga: Kenali Jenis-Jenis Platform untuk Berjualan Online!

Apapun bisnis yang ingin kamu coba dari pilihan-pilihan di atas, akan lebih baik jika bisnismu memiliki web jualan online. Memiliki website toko online membantu meningkatkan kredibilitas bisnismu. Kamu pun jadi terlihat serius sebagai pebisnis. Tak hanya itu, konsumen juga jadi bisa mengakses bisnis serta produk atau jasa yang kamu jual dengan lebih mudah. 

Kami mengerti bahwa kesuksesan bisnis online Anda adalah yang paling utama.

Mulai kisah sukses Anda sekarang juga!