Blog

7 Tips Membuat Promo yang Lebih Menarik & Efektif untuk UMKM

Semua konsumen tentu senang dengan yang namanya promo. Inilah mengapa banyak pesta belanja online dinanti-nantikan oleh konsumen maupun bisnis. Makanya banyak brand berlomba-lomba untuk memberikan promo menarik dan diskon besar-besaran terutama menjelang akhir tahun.

Dengan banyaknya brand yang menawarkan promosi, bisnis tidak bisa lagi sekadar menawarkan promo berupa potongan harga. Diperlukan trik dan upaya tertentu untuk bisa menarik konsumen agar memilih untuk membeli produkmu alih-alih kompetitor.

Baca juga: SIRCLO Dukung UMKM dan Brand Lokal melalui Program #MulaiSekarang

Berikut sejumlah tips yang bisa kamu terapkan agar promomu terlihat lebih menarik dan efektif untuk mendorong konsumen untuk membeli barang.

Jangkau Konsumen Baru dengan Promo Musiman

Manfaatkan momen-momen spesial seperti Harbolnas, Lebaran, Natal, atau Tahun Baru dengan mengadakan promo spesial untuk momen-momen tersebut  untuk menarik konsumen baru. Kamu bisa memberikan tema campaign sesuai dengan momen agar promo terlihat up-to-date dan lebih menarik.

Buat Konsep yang Unik

Selain memberikan diskon potongan harga, kamu juga bisa mencoba berbagai konsep promo yang unik dan berbeda dari biasanya. Misalnya memberikan diskon berdasarkan nama atau ulang tahun. Bisa juga dengan menerapkan strategi bundling, cross selling, atau upper selling dimana kamu untuk memberikan nilai tambah pada produk yang akan dibeli konsumen. Semakin unik promo yang ditawarkan, akan semakin mudah untuk menarik perhatian konsumen.

Berikan Batas Waktu

Untuk meningkatkan urgensi, berikan batas waktu pada promo. Durasi promo bisa beragam jangka waktunya, baik mingguan, harian, atau bahkan hanya beberapa jam seperti flash sale. Dengan cara ini, konsumen yang tertarik akan segera membeli produk agar tidak ketinggalan. Selain batas waktu, kamu juga bisa memberikan batas jumlah customer yang bisa mendapatkan promo. 

Tetapkan Minimal Pembelian

Untuk mendorong konsumen melakukan jumlah transaksi yang lebih besar, kamu bisa menetapkan minimal pembelian bagi konsumen yang ingin mendapatkan promo yang lebih besar. Cara ini akan menarik konsumen yang awalnya hanya ingin membeli satu atau sedikit barang untuk menambah produk lainnya sehingga bisa mendapatkan promo.

Manfaatkan Berbagai Platform untuk Promosi

Jangan lupa untuk memanfaatkan berbagai platform online seperti email, push notification, Whatsapp, dan media sosial untuk meningkatkan jangkauan promomu. Kamu juga bisa membuat promo dimana customer harus me-repost informasi promo di akun media sosial mereka sebagai syarat untuk mendapatkan promo. Dengan cara ini, semakin banyak orang mengetahui promomu.

Baca juga: Instagram Shopping Resmi Diluncurkan di Indonesia! 

Gaet Influencer untuk Meningkatkan Visibilitas

Cara lain untuk memperluas jangkauan adalah dengan bekerjasama dengan influencer. Berikan kode promo khusus bagi influencer agar para pengikut influencer tersebut tertarik untuk membeli produkmu sehingga penjualan dapat meningkat.

Berikan Reward pada Pelanggan 

Promo tidak hanya untuk customer baru saja lho. Kamu juga bisa memberikan promo untuk pelanggan setiamu. Menurut studi, dibutuhkan biaya 5 kali lebih banyak untuk mendapatkan customer baru. Lebih lanjut lagi, studi menyatakan bahwa meningkatkan retensi pelanggan sebesar 5% dapat meningkatkan profit hingga 25-95%. 

Oleh karena itu, jangan lupa untuk tetap menjaga kepuasan dan loyalitas pelanggan yang sudah ada dan dorong mereka untuk kembali melakukan pembelian, misalnya dengan memberikan promo khusus pelanggan yang telah melakukan transaksi lebih dari 3 kali. 

Strategi promo yang tepat dapat memaksimalkan keuntungan yang didapat dan membantu bisnis menjangkau customer yang lebih luas dan tepat. Jangan lupa juga untuk menghitung promo dengan tepat sebelum mengadakannya agar profit yang diraih sebanding dengan promo yang diberikan. Untuk mendukung kegiatan berjualan online kamu, kamu bisa memilih solusi teknologi dari SIRCLO untuk berjualan di platform manapun dengan efisien! Pilih sendiri paket berlangganan sesuai budgetmu di sini dan jualan online #MulaiSekarang.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!