Blog

7 Tips Mengoptimalkan TikTok untuk Bisnis

Aplikasi TikTok semakin booming selama awal pandemi hingga kini. Platform video pendek tersebut kini dipenuhi dengan konten variatif dan meng-cover berbagai topik, serta mampu meng-cater berbagai kategori penonton dengan minat yang beragam, mulai dari politik, dance cover, komedi, game, edukasi, kuliner, seni, dan masih banyak lagi.

Tentunya TikTok menjadi platform yang empuk untuk memasarkan bisnis. Semakin banyak creator atau pebisnis yang berbagi behind the scenes bisnisnya sembari memperkenalkan produk atau tutorial menggunakan produk mereka. Tentunya upaya ini efektif untuk meningkatkan penjualan apabila brands berhasil menampilkan sisi terbaik dari produknya, didampingi dengan target pasar yang tepat di TikTok. Dengan memasarkan bisnis di TikTok, brands juga berkesempatan untuk viral.

Untuk mencapai hal tersebut, SIRCLO bersama Mebiso akan berbagi beberapa tips untuk mengoptimalkan platform TikTok bagi bisnis.

Baca juga: Promosi Bisnis di TikTok? Cari Tahu Dulu Cara Kerja Algoritma TikTok di 2021

Mengubah akun TikTok menjadi akun bisnis

Supaya bisnismu lebih kredibel, kamu bisa mengubah akun TikTok-mu menjadi akun bisnis. Untuk mulai mengubah akun bisnis, pertama-tama masuk ke profil atau ‘Saya’. Kemudian klik titik tiga yang ada di pojok kanan atas. Klik ‘Kelola Akun Saya’, lalu pilih ‘Alihkan ke Akun Bisnis’. Setelah itu, akan muncul dua pilihan tipe akun. Klik tipe akun ‘Bisnis’ dan pilih kategori bisnismu.

Selain itu, kamu juga perlu mengubah profil di akun TikTok bisnismu agar lebih profesional. Gunakan foto profil dan tulislah bio yang menjelaskan tentang brand-mu secara singkat, lengkap dengan link yang mengarahkan ke toko online atau lapak marketplace-mu. Dengan begitu, calon pelanggan yang masuk ke profilmu bisa dengan mudah diarahkan untuk berbelanja.

Membuat konten menarik dan up-to-date

Bagian terpenting dari mengoptimalkan TikTok adalah menciptakan konten. Mulailah dengan membuat perencanaan konten. Kira-kira bagaimana cara menyajikan konten yang bisa memperkenalkan brand dan produkmu? Format konten apa yang bisa menarik perhatian target pasarmu? Kamu bisa membuat konten seputar latar belakang brand-mu atau menunjukkan daya tarik dari setiap produk. Misalnya, proses packaging produk yang unik atau behind the scene pembuatan produk.

Selain itu, kamu perlu terus update dengan trend yang ada di TikTok. Gunakan lagu yang sedang trend atau format video yang banyak digunakan oleh creator agar penonton lebih relate dengan konten-mu.

Memaksimalkan fitur-fitur di TikTok

TikTok memiliki berbagai fitur yang bisa kamu manfaatkan, mulai dari filter, effect suara, dan transisi. Fitur editing video ini akan membuat konten yang kamu ciptakan lebih menarik. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur seperti duet, stitch atau react untuk berkolaborasi dengan creator lain.

Menggunakan hashtag yang tepat

Hashtag yang tepat akan membantu kontenmu lebih mudah ditemukan oleh penonton yang tertarik dengan topik konten tersebut. Gunakan hashtag yang sesuai dengan bisnis atau produkmu, juga tema video yang kamu buat. Misalnya, #fyp, #foryoupage, #smallbusiness, #fashionkorea, dan lainnya sesuai kebutuhan.

Menulis caption yang menarik dan menjual

Walaupun sering terlewatkan, caption video adalah salah satu unsur penting. Buatlah caption yang menarik namun tetap menjual. Kamu bisa memberikan penjelasan singkat tentang produk atau brand-mu, juga bagaimana calon pelanggan bisa berbelanja produkmu. Tetapi kamu juga perlu memastikan caption tidak terlalu panjang karena akan menutupi videomu.

Baca juga: Tips Membuat Konten Menarik untuk Brand-mu Agar Masuk ke FYP TikTok

Memasang iklan

TikTok juga memberikan ruang bagi brands yang ingin memasarkan bisnisnya. Brands bisa memasang iklan atau ads di TikTok, dan ada beberapa jenis ads yang tersedia untuk memasarkan bisnis:

  • Pre-roll ads yang muncul di awal saat pengguna membuka aplikasi TikTok.
  • In-feed ads yang muncul di laman feeds video seperti For You atau Following.
  • Promoted hashtag yang mengajak pengguna untuk menggunakan branded hashtag tertentu, umumnya disertai dengan challenge dan merupakan bagian dari sebuah campaign promosi.
  • Branded effects adalah filter yang dapat digunakan saat membuat konten video. Filter branded menampilkan effect menarik dengan grafis atau warna sesuai campaign dari brands.

Posting di waktu yang tepat

Sama dengan media sosial pada umumnya, TikTok juga memiliki waktu yang tepat untuk mem-posting konten. Kamu bisa mem-posting pada pukul 10 hingga 1 siang atau pada prime time pukul 7 malam ke atas.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa mengoptimalkan platform TikTok sebagai salah satu media pemasaran bisnis-mu secara online. Jangan lupa juga untuk terus mengembangkan kontenmu dan menganalisa strategi brands besar di TikTok, ya!

___

Sumber: Mebiso.com

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!