Blog

8 Alasan Kenapa Bisnismu Perlu Email Marketing

Sekarang ini ada banyak platform dan strategi yang bisa kamu gunakan untuk memasarkan brand kamu, mulai dari media sosial, website, hingga email. Namun, dengan begitu banyaknya platform media sosial yang bisa kamu manfaatkan, memangnya email marketing masih penting ya untuk mengembangkan brand bisnis? 

Jawabannya jelas iya! Beberapa orang berpikir email marketing sudah tidak efektif lagi. Padahal, email marketing merupakan salah satu cara paling efektif untuk menarik dan mengakuisisi pelanggan. 

Walaupun saat ini media sosial menjadi salah satu channel yang paling penting untuk suatu bisnis, alasan kenapa email marketing tetap esensial adalah karena tidak semua orang menggunakan media sosial. Apalagi jika target konsumen bisnismu bukan milenial. Walaupun tidak punya media sosial, orang-orang tersebut kemungkinan besar tetap punya email yang mereka gunakan untuk kepentingan pribadi maupun pekerjaan. 

Baca juga: 5 Platform Email Marketing Gratis yang Bisa Kamu Coba!

Lalu apa yang membuat email marketing sampai sekarang masih menjadi salah satu cara yang efektif untuk memasarkan brand?

Efektif untuk Menarik Pelanggan

Media sosial memang efektif untuk berinteraksi dan membangun hubungan dengan konsumen. Namun, jika kamu ingin menarik mereka menjadi pelanggan, email marketing merupakan pilihan yang tepat. 

Bahkan, menurut studi yang dilakukan McKinsey & Company, email marketing 40% lebih efektif untuk menjangkau konsumen dibandingkan Twitter dan Facebook. Karena email marketing tidak ditentukan berdasarkan algoritma seperti pada Twitter atau Instagram, jangkauan konsumen bisnismu pun jadi bisa lebih luas. 

Lebih Personal

Di era digital ini, konsumen dibombardir dengan segala macam konten dan pesan, dan mereka biasanya akan lebih responsif kepada pesan yang bersifat personal. Email marketing memungkinkan kamu untuk berkomunikasi dengan lebih personal kepada konsumen. 

Lewat email, kamu bisa menyesuaikan kontenmu berdasarkan preferensi dan riwayat pembelian mereka. Begitu pula dengan segmentasi audiens yang juga bisa kamu atur sendiri. 

Hemat Biaya

Email marketing memungkinkan kamu untuk menjangkau audiens yang luas dengar biaya yang tidak seberapa. Dibandingkan beriklan lewat brosur atau di media cetak, radio, maupun TV yang jelas membutuhkan dana yang lebih besar, email marketing jauh lebih hemat baik biaya maupun waktu. Hanya dengan beberapa klik, kamu bisa mengirim pesan ke ratusan bahkan ribuan audiens. 

Mendorong Konsumen untuk Mengambil Tindakan

Sadar gak sadar, kita terlatih untuk merespon email, baik itu membalas, meneruskannya, mendaftar, membuka halaman lain, dan lain-lain. Kamu bisa mendorong konsumen untuk melakukan suatu tindakan spesifik lewat email marketing hanya dengan menambahkan tombol call-to-action

Tombol ini bisa diarahkan ke banyak hal, seperti mengarahkan audiensmu ke website toko online-mu, menawarkan diskon, mengajak mereka untuk belanja, atau membagikan konten di media sosial. Dengan adanya tombol, konsumen akan langsung terarah perhatiannya ke tombol tersebut sehingga meningkatkan kemungkinan mereka untuk menekannya. 

Terukur

Dengan menggunakan analytic tools untuk email marketing, kamu gak perlu lagi menebak-nebak apakah audiensmu menerima emailmu, apakah mereka membacanya, dan sebagainya. Lewat analytic tools, kamu bisa tahu seberapa efektif campaign kamu, berapa banyak orang yang membuka dan mebaca emailmu, berapa dari mereka yang mengklik tombol CTA, dan sebagainya. 

Dengan mengetahui hal-hal ini, kamu jadi bisa tahu preferensi target konsumenmu, strategi mana yang berhasil dan yang mana yang tidak, serta melakukan penyesuaian untuk meningkatkan efektivitas bisnismu.

Bisa Diotomatisasi

Kamu tidak perlu membuang waktu mengirim pesan satu per satu ke target konsumenmu. Sekarang, ada banyak automation tools yang bisa kamu gunakan untuk email marketing bisnismu. Mengotomasi email bisa membantumu meningkatkan relevansi dan ketepatan waktu dari penyampaian pesanmu. 

Misalnya ada seorang konsumen yang mengunjungi web jualan online milikmu dan sudah memasukkan produk ke shopping cart tapi ia tidak melanjutkannya ke pembayaran. Dengan otomatisasi email, kamu bisa mendorong dan mengingatkan konsumen ini untuk melanjutkan proses pembeliannya. Jadi kamu lebih punya kontrol dan bisa mempersonalisasi pesan yang ingin kamu sampaikan. 

Selain itu, kamu juga bisa menghemat waktu dengan automation tools kamu tidak perlu membuat pesan yang sama berkali-kali, misalnya email ‘selamat datang’ atau email ‘terima kasih’ karena kamu bisa mengirimkannya secara otomatis. 

Bisa Terintegrasi dengan Channel Marketing Lainnya

Karena kontennya lebih bebas, kamu bisa mengintegrasikan channel-channel marketing lainnya di dalam tubuh email seperti menambahkan video atau menambahkan tombol media sosial pada email. Dengan demikian, email yang kamu kirimkan ke target konsumen pun lebih interaktif dan bisa mendukung channel marketing lain dari bisnismu. Misalnya kamu sedang mengadakan giveaway, kamu bisa membagikan hal ini kepada target konsumenmu lewat email untuk meningkatkan engagement dan partisipasi. 

Meningkatkan Traffic ke Web Jualan Online

Email marketing merupakan cara yang efektif untuk mengarahkan target konsumen ke website toko online-mu, baik itu ke halaman produk ataupun halaman konten blog. Misalnya kamu baru saja merilis produk baru. Kalau kamu sekadar mengumumkannya di web jualan online, pelanggan atau calon pembeli yang tidak mengunjungi web jualan online-mu akan kelewatan informasi ini. Dengan email marketing, kamu bisa menginformasikannya ke mereka sehingga mereka bisa mengecek produk baru ini di website toko online dan akhirnya bisa meningkatkan pembelian.

Bayangkan kamu punya 10 ribu kontak email list dengan click-through rate (CTR) sebesar 5%. Bahkan jika hanya 5% dari 10 ribu kontak tersebut membuka emailmu, artinya sebanyak 500 orang jadi tahu mengenai produk barumu! Dampaknya signifikan, bukan?

Baca juga: Beda Platform, Beda Strategi: Manajemen Komunikasi Brand di Tengah Pandemi COVID-19

Nah, setelah tahu pentingnya email marketing untuk brand bisnismu, selanjutnya apa nih? Untuk di awal, kamu bisa mengembangkan dulu daftar kontak email bisnismu. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, salah satunya dengan menambahkan fitur formulir di web jualan online-mu atau meminta email mereka saat proses pembayaran. 

Jangan lupa juga untuk memastikan website toko online-nya responsif ya supaya pengunjung gak kebingungan. Kamu bisa membuat toko online-mu lebih mudah diakses dan user-friendly dengan menggunakan jasa pembuatan e-commerce yang profesional dan terpercaya. Dengan demikian, kamu bisa menjangkau audiens yang tepat dan mendapatkan kepercayaan mereka.

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit