Blog

8 Cara Sukses Jualan Online dengan Website Toko Online

Menjalankan bisnis online dibutuhkan lebih dari sekadar mengunggah dan menawarkan produk. Sekarang ini ada begitu banyak pelaku bisnis online sehingga tingkat kompetisi semakin ketat. Apalagi kini ada begitu banyak platform yang tersedia untuk memulai bisnis online. 

Artinya pelaku usaha pun perlu semakin cermat dan kreatif dalam merencanakan strategi bisnisnya. Pebisnis harus tahu bagaimana langkah-langkah yang tepat untuk dilakukan mulai dari menjangkau hingga mempertahankan customer. Bagi kamu yang menjajakan produk lewat website, berikut beberapa cara jualan online laris yang dapat kamu implementasikan:

Kenali Perilaku Target Konsumen

Pertama-tama kamu harus kenali dulu perilaku target konsumenmu, seperti bagaimana mereka membeli barang, perangkat yang dipakai untuk mengakses informasi dan melakukan transaksi, metode pembayaran yang digunakan, kapan mereka melakukan pembelian, dan sebagainya. 

Hal ini akan mempengaruhi strategi penjualanmu. Misalnya jika target konsumenmu lebih banyak menggunakan smartphone untuk melihat-lihat dan mencari produk, artinya kamu website toko onlinemu juga harus mudah digunakan secara mobile (mobile-friendly). 

Dengan mengenal baik target konsumenmu, kamu dapat benar-benar mengetahui apa yang sebenarnya mereka cari dan butuhkan. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan pengembangan produkmu dan metode pemasaran maupun promosi berdasarkan perilaku mereka. 

Baca juga : Sukses Optimalkan Toko Online Anda dengan 7 Layanan Berikut

Tunjukkan Keunggulan Produk

Langkah selanjutnya dalam cara sukses jualan online adalah dengan menunjukkan keunggulan atau nilai jual dari produk mu. Keunggulan ini bisa berupa harga, kualitas, maupun layanan. Carilah kelebihan utama yang tidak dimiliki oleh kompetitor bisnis kamu. Misalnya produk mu sudah menggunakan bahan yang ramah lingkungan atau bisnismu menyediakan layanan 24/7 sementara kompetitor tidak.

Setelah mengetahui keunggulan utama ini, tampilkanlah pada platform-platform penjualanmu. Tunjukkan bagaimana keunggulan ini bisa membantu target konsumenmu memenuhi kebutuhan mereka atau menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.

Berikan Informasi yang Lengkap

Penting tetapi sering dilupakan, salah satu cara berjualan online agar cepat laku adalah dengan menampilkan informasi produk secara lengkap. Tanpa informasi yang jelas, calon pembeli akan ragu. Bisnismu pun akan terlihat kurang profesional.

Cantumkan informasi-informasi penting yang kamu rasa perlu diketahui oleh konsumen seperti bahan atau material, cara pemakaian, ukuran, dan spesifikasi. Mencantumkan informasi yang lengkap juga membantu meminimalisir masuknya pertanyaan-pertanyaan seputar informasi dasar produk sehingga proses transaksi bisa terjadi dengan lebih efisien.

Selain informasi produk, lengkapi juga informasi mengenai bisnismu seperti jam operasional, kontak, dan alamat. Pastikan kontak yang kamu cantumkan masih aktif. Berikan pelayanan yang cepat dan ramah sesuai pada jam operasional yang telah ditulis.

Baca juga: Tips Menulis Artikel dengan Strategi SEO untuk Menjajakan Produk di Toko Online

Terapkan Strategi SEO

Sekarang ini bisnis online begitu merajalela. Tiap bisnis berlomba-lomba agar bisa memenangkan perhatian konsumen. Cara jualan online laris yang bisa kamu terapkan agar bisa terus bersaing dan menarik perhatian calon pembeli adalah dengan menerapkan strategi SEO (search engine optimization).

SEO membantu website toko onlinemu agar bisa tampil di halaman pertama saat target customer mencari kata kunci yang berkaitan dengan bisnis atau produk mu. Kamu bisa menerapkan SEO pada website maupun blog.

Pelajari Analisis Data

Data kini menjadi cara jualan online laris yang sangat krusial. Di era yang begitu berbasis pada data, tidak memanfaatkan data dalam strategi bisnis menjadi hal yang sangat disayangkan. Terlebih lagi, kebanyakan bisnis terus berupaya untuk menggunakan data sedemikian rupa untuk mengoptimalkan penjualan mereka. 

Maka itu, kamu bisa mulai mempelajari cara menganalisis dan mengevaluasi data yang bisa kamu dapat dari sistem platform yang digunakan. Beberapa data yang bisa kamu perhatikan adalah data penjualan, produk yang paling laris, kapan puncak penjualan, dan lain-lain. Dari data tersebut, kamu kemudian bisa memikirkan kembali bagaimana cara mengoptimalkan strategi penjualan dan memperbaiki yang kurang baik.

Integrasikan dengan Platform Lainnya

Cara berjualan online agar cepat laku lainnya adalah dengan menjangkau audiens sebanyak-banyaknya. Hal ini bisa kamu capai dengan hadir di berbagai platform penjualan online mulai dari website toko online, marketplace, media sosial, chat commerce, dan sebagainya.

Tidak sekadar hadir saja, integrasikan platform-platform tersebut antar satu platform dengan yang lainnya. Misalnya kamu bisa mengintegrasikan media sosial bisnismu pada website sehingga saat customer mengunjungi websitemu mereka bisa dengan mudah menemukan akun media sosial bisnismu juga. Sebaliknya, kamu bisa mencantumkan website toko onlinemu pada profil media sosial.

Dalam memanfaatkan banyak platform, pastikan agar pengalaman di tiap-tiap platform ini tetap konsisten dan user-friendly untuk memudahkan calon pembeli. Selaraskan juga data-data antar platform.

Sediakan Metode Transaksi yang Praktis

Pengalaman berbelanja yang mudah dan menyenangkan juga merupakan salah satu cara berjualan online agar cepat laku yang signifikan. Jika strategi pemasaran mu sudah menarik tetapi metode transaksi yang kamu sediakan terbatas atau rumit, calon pembeli bisa-bisa membatalkan pembelian mereka.

Maka itu, buatlah proses pembayaran yang mudah dan jelas. Sediakan pilihan metode transaksi yang beragam seperti melalui transfer bank, dompet elektronik, atau kartu kredit. Jangan lupa untuk mengirimkan konfirmasi order dan transaksi agar konsumen merasa aman saat berbelanja.

Buat Website yang Responsif

Masih berkaitan dengan pengalaman, mudah tidaknya suatu website toko online untuk digunakan sangat mempengaruhi kesan customer terhadap bisnismu. Jika website butuh waktu lama untuk dibuka atau memiliki tampilan yang sulit dimengerti, pengunjung pun akan enggan berlama-lama berada di websitemu. Ini akan membuat tingkat bounce rate-mu tinggi.

Kamu tentu ingin agar pengunjung betah melihat-lihat di websitemu dengan harapan mereka akan menemukan produk yang mereka suka atau cari. Maka itu, pastikan agar website toko online yang kamu buat benar-benar mudah untuk dinavigasikan.

Jika kamu baru ingin memulai bisnis online melalui website, kamu bisa membuat website toko online melalui SIRCLO Store yang sudah dilengkapi dengan fitur chat commerce dan marketplace. Lewat SIRCLO Store, kamu bisa dengan mudah menghubungkan platform penjualanmu ke dalam satu dashboard sehingga kamu dapat menjangkau lebih banyak pelanggan secara efisien. Daftar SIRCLO Store sekarang dengan klik di sini.

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce terdepan di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan solusi yang terbagi menjadi 2 kategori utama, yaitu solusi entrepreneur dan enterprise. Pada kategori entrepreneur, SIRCLO menawarkan platform pengelolaan toko online UMKM untuk berjualan di 3 platform yang berbeda (website, marketplace, chat commerce), yaitu SIRCLO Store. Pada kategori enterprise, SIRCLO menawarkan layanan e-commerce enabler secara end-to-end melalui SIRCLO Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui ICUBE by SIRCLO.

SIRCLO telah melayani lebih dari 100.000 brands untuk mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear, serta dipercaya oleh brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, dan Levi’s. Berlokasi di Green Office Park 1, The Breeze (BSD – Serpong), hari ini SIRCLO memiliki 700 karyawan serta perwakilan yang berbasis di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!