Blog

8 Tips Ampuh Supaya Jualan Laris Manis di Marketplace

Saat ini ada banyak platform marketplace yang bisa kamu pilih untuk berjualan online. Tiap-tiap platform memiliki ciri khas dan pasarnya tersendiri. Saat ini banyak orang yang lebih memilih untuk berbelanja di marketplace karena banyaknya promo. Selain itu, pilihan produknya juga beragam. 

Hal ini membuat banyak pebisnis, mulai dari bisnis kecil hingga brand-brand besar, semuanya masuk ke platform marketplace. Apalagi, kamu tidak perlu mengeluarkan modal untuk buat toko online dan berjualan di marketplace.

Baca juga: Baru Mulai Berjualan di Marketplace? Gapai Customer dengan 7 Cara Ini!

Namun dengan banyaknya keuntungan yang ditawarkan marketplace, jumlah toko online di marketplace juga sangat banyak. Kalau kamu tidak bisa bersaing dengan toko-toko lainnya, bisnismu akan sulit berkembang. Apa yang bisa dilakukan agar bisa sukses jualan online di marketplace? Berikut tips-tips yang bisa kamu lakukan agar jualanmu laris manis.

Lengkapi Profil Toko

Pertama, lengkapi hal-hal dasar terlebih dahulu mulai dari nama toko, display picture, deskripsi toko, link ke website toko online dan media sosial, jam operasional, dan sebagainya. Buat sedemikian rupa agar brand kamu jadi lebih menonjol dan mudah diingat. Profil toko yang lengkap juga membuat lapakmu terlihat profesional dan aktif sehingga orang pun tidak ragu untuk bertransaksi. 

Deskripsi & Foto Produk 

Hal lain yang harus dilengkapi adalah deskripsi dan foto produk. Cantumkan informasi produk dengan jelas mulai dari spesifikasi, warna, ukuran, material, stok, dan sebagainya. Gunakan juga foto dengan gambar yang jelas dan berkualitas sehingga orang pun tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai produkmu. 

Mengapa informasi produk sangat penting? Jika informasi produkmu tidak lengkap, artinya calon pembeli harus bertanya dulu kepada kamu. Hal ini jelas lebih memakan waktu. Jika kompetitor memiliki informasi produk yang lebih jelas, calon pembeli bisa jadi malah kabur ke toko kompetitor. Dengan mencantumkan informasi yang lengkap, kamu memudahkan pengalaman berbelanja konsumen. 

Beri Pilihan Jasa Pengiriman yang Beragam

Pilihan jasa pengiriman juga bisa menentukan lho. Dengan banyaknya pilihan, konsumen jadi lebih bebas menentukan kapan mereka bisa menerima barang sesuai kebutuhan mereka. Selain itu terkadang beberapa jasa pengiriman ada yang menawarkan untuk beberapa jenis pengiriman. 

Harga pengiriman juga bisa berbeda-beda. Misalnya kalau untuk pengiriman ke wilayah A mungkin akan lebih murah menggunakan pengiriman yang satu, sementara untuk pengiriman ke wilayah B lebih murah dengan jasa pengiriman yang lainnya. Dengan memberikan pilihan jasa pengiriman yang beragam, konsumen jadi lebih fleksibel saat berbelanja. 

Harga Terjangkau

Salah satu alasan banyak orang berbelanja di marketplace adalah harga produknya yang cenderung terjangkau. Di marketplace, orang bisa dengan mudah membandingkan harga produk di satu lapak dengan di lapak lainnya. Maka itu, sebaiknya sebelum menetapkan harga lakukan dulu riset terhadap harga di pasaran. Jadi harga produkmu bisa bersaing dengan lapak-lapak lainnya. 

Berikan Promo Secara Rutin

Cara lain untuk menarik konsumen adalah dengan memberikan promo secara rutin. Promo ini bisa berupa cashback, gratis ongkir, potongan harga, dan lain-lain. Kamu juga bisa membuat berbagai program promo yang berbeda. Misalnya promo untuk pembelian pertama, potongan harga untuk pembelian selanjutnya, promo untuk paket bundling, dan lain-lain. 

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan ikut berpartisipasi dalam festival-festival yang diadakan oleh marketplace tempat kamu berjualan sehingga kemungkinan lapakmu untuk dilihat oleh orang banyak semakin tinggi.

Promosikan Lapak dan Produkmu

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mempromosikan bisnismu. Di platform marketplace-nya sendiri, kamu bisa memanfaatkan berbagai fitur ads yang disediakan. Jika kamu tidak ingin mengeluarkan modal, kamu bisa mempromosikannya secara gratis melalui feed marketplace.

Selain di platform marketplace, kamu juga bisa mempromosikan dan menghubungkan halaman lapakmu dengan akun media sosial bisnis dan web jualan online milikmu. Dengan cara ini, akan semakin banyak orang yang tahu mengenai lapakmu sehingga jangkauan target konsumenmu juga bisa lebih luas. 

Manfaatkan Fitur-Fitur Marketplace

Biasanya masing-masing marketplace memiliki fitur-fitur tertentu yang bisa membantumu mempromosikan toko dan meningkatkan penjualan. Pelajari fitur-fitur tersebut dan pilih sejumlah fitur yang menurutmu bisa bermanfaat untuk mendukung jualan online-mu.

Salah satu contoh fiturnya misalnya adalah fitur premium seller yang terdapat di sejumlah marketplace. Di Tokopedia, sebutannya adalah Power Merchant. Di Shopee disebut Star Seller, sementara di Bukalapak disebut Super Seller. Dengan meng-upgrade tokomu, biasanya toko bisa mendapat manfaat seperti muncul di halaman khusus atau manfaat-manfaat lainnya. 

Biasanya untuk jadi premium seller ada sejumlah syarat atau ketentuan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Selain itu, biasanya toko premium seller dikenakan biaya layanan. Oleh karena itu, pastikan kamu baca dulu dengan jelas sebelum meng-upgrade ya. 

Layani Pelanggan dengan Baik

Terakhir dan tak kalah penting, berikan pelayanan yang terbaik bagi konsumenmu. Balas chat dan jawab pertanyaan konsumen dengan ramah dan sopan. Usahakan untuk membalas chat dengan cepat. 

Sebagian marketplace memiliki persentase dan waktu chat dibalas. Semakin tinggi persentasemu semakin bagus. Kalau kamu lama membalas atau malah tidak membalas sama sekali, yang ada calon pembeli bisa kabur ke lapak kompetitor. Jika kamu memberikan layanan yang baik, maka rating dan review dari pelanggan juga bisa lebih bagus sehingga lapakmu makin dilirik orang. 

Namun, mengurus toko di marketplace itu susah-susah gampang. Untuk mengoptimalkan satu toko saja ada banyak hal yang harus dilakukan. Apalagi kalau kamu berjualan di beberapa marketplace. Belum lagi harus update stok dan memantau pengiriman. Kalau waktumu dihabiskan untuk mengurus hal-hal tersebut, bagaimana bisa memberikan pelayanan yang cepat dan berkualitas?

Baca juga: 6 Tips Memperkuat Branding di Marketplace Agar Lapak Mudah Diingat

Supaya lebih mudah, kamu bisa menggunakan layanan manajemen multichannel e-commerce seperti Connexi yang dapat membantu kamu mengelola toko online-mu di berbagai platform marketplace. Sinkronisasi produk, update inventori, mengelola pesanan, semua bisa kamu lakukan lewat satu sistem. Kamu jadi bisa lebih fokus mengembangkan strategi bisnis dan bisa  sukses jualan online!

Kami mengerti bahwa kesuksesan bisnis online Anda adalah yang paling utama.

Mulai kisah sukses Anda sekarang juga!