Blog

9 Menit bersama Sahabat & Figur di Balik Kesuksesan JENAHARA

Dengan rancangan busana muslim elegan, modern, minimalis dan mudah dipadukan dengan berbagai warna dan aksesoris, tidak heran jika brand fashion JENAHARA memiliki fanbase luas baik dari kalangan lokal maupun internasional. Jenahara Nasution sebagai Creative Director dan ‘The Face of Jenahara’ diakui sebagai trendsetter di bidang fashion karena kemampuannya untuk merancang busana muslim sehari-hari yang mudah di-mix and match dan digunakan untuk segala kesempatan — hingga peminatnya pun tidak terbatas pada muslimah berhijab saja.

Hingga kini ia telah mengeluarkan koleksi-koleksi eksklusif seperti Albinism Melanism dan Monochromatic Navajo. Selain itu, Jenahara melakukan berbagai kolaborasi salah satunya dengan label busana formal ‘The Exclusive’ untuk Jakarta Fashion Week 2015, integrasi marketplace dengan Zalora dan HijUp, dan juga launching JENAHARA webstore di www.jenahara.com pada pertengahan tahun ini. Semua menunjukkan bahwa tidak hanya rancangan desainnya yang terus berkembang, namun demikian pula dengan inovasinya dalam berbisnis di bidang fashion.

Tentu, kesuksesan yang Jenahara raih tidak didapatkan seorang diri — tetapi juga dengan sahabat terdekatnya. Berdua dengan Bayi Nurhayati, brand menengah ke atas ini sukses terangkat di dunia fashion sejak awal dirintis pada tahun 2011. Bukan sesuatu yang mudah dilakukan saat kedua sahabat ini menjalani kewajiban mereka sebagai ibu rumah tangga.

source: SIRCLO

Awal bulan ini tim SIRCLO memiliki kesempatan untuk bertemu langsung dengan ibu Bayi Nurhayati sebagai Business Development Manager JENAHARA di butiknya yang berlokasi di Kemang. Ia bercerita tentang perjalanan JENAHARA dari awal hingga kini, sembari membagikan beberapa tips sukses untuk entrepreneur muda yang ingin memulai bisnis sendiri. Berikut ulasan percakapan kami bersama bu Nurhayatai, atau lebih akrab disapa bu Ayi:

Bagaimana bisnis fashion JENAHARA dirintis sejak awal?

Semua tidak jauh dari pengamatan pribadi kita sebagai pengguna hijab. Setelah lama aktif di Hijabers Community, pandangan mengenai hijab sebagai gaya hidup menjadi semakin luas. Banyak dari kita yang berprofesi sebagai lawyer, dokter muda, designer, dan lainnya merasa bahwa pilihan busana muslim yang mampu dipakai untuk sehari-hari sangat terbatas. Dari sana lah kami pikirkan bagaimana cara mengimplementasikan syariat agama dengan lifestyle keseharian.

Sebagai putri dari Ida Royani, Jehan (Jenahara) sendiri sudah sangat terekspos dengan fashion design sejak kecil — benar, buah jatuh tidak jauh dari pohon. Dengan segala pengalaman yang kita punya, Jehan dan saya, yang sudah lama berteman, memutuskan untuk membuat brand fashion muslimah yang bisa melengkapi kebutuhan wanita muda dan berhijab, seperti kami sendiri.

source: SIRCLO

Apa saja keunggulan dari produk Jenahara?

Yang paling utama memang kualitas busana dan desain yang mampu di-mix and match untuk segala occasion. Segmen kami memang untuk menengah ke atas, sehingga kualitas bahan dan detil rajutan sangat diperhatikan.

Dari segi desain, zaman sekarang orang ingin segala sesuatu yang serba praktis dan modern. Karena itu, setiap busana yang dirancang Jehan selalu memenuhi konsep: elegan, simpel, modern, dan minimalis. Semua bisa dipadankan dengan pakaian atau aksesoris apa pun. Tidak seperti busana muslim pada umumnya yang dijual satu setel dengan bawahan, atasan, dan kerudung.

Menurut Anda sendiri, apa yang membuat produk Jenahara begitu sukses diminati oleh berbagai kalangan?

Saya benar-benar merasa it’s all about the right timing. Saat itu, kita mampu melihat dari sudut pandang konsumen karena memang pilihan busana muslim yang modern dan sesuai selera masih sangat terbatas. Di sanalah kita mengambil momentum yang pas untuk memenuhi permintaan market yang belum terisi. Dukungan dari Hijabers Community pun membantu mengangkat popularitas, jadi produk Jenahara semakin dikenal dan diminati oleh muslimah dari berbagai daerah, bahkan negara asing.

Apa saja usaha marketing, dan kerja sama lainnya yang telah dilakukan?

Melalui pendekatan ke komunitas yang tepat, seperti Hijabers Community, dan penggunaan media sosial. Dari awal dibentuk, JENAHARA aktif sekali di Twitter dan Instagram sehingga jumlah followers-nya terus bertambah sampai saat ini. Ketika baru launching, kita juga mengeluarkan kampanye video fashion muslimah yang cukup menggebrak.

Dari segi kolaborasi, kami juga bekerja sama dengan Hijub, Zalora, dan (belum lama ini) Berrybenka. Fokusnya benar-benar ke marketplace di mana kita dapat mempertahankan identitas easy to wear dan mix and match dengan kualitas yang premium.

Goal yang ingin dicapai dengan membuat webstore?

Saat ini butik JENAHARA sendiri ada 5 (1 di Jakarta, Yogyakarta, Balikpapan dan 2 di Bandung) dengan 8 resellers berkonsep premium. Tetapi dengan adanya webstore kita bisa memudahkan pelanggan, apalagi yang dari luar daerah, untuk terus mengakses barang dan koleksi JENAHARA secara lebih “dekat” via online. Jelas ini lebih relevan dan efisien. Metode yang konvensional seperti BBM, Whatsapp atau Line sudah tidak cocok lagi.

Selain itu, dengan webstore kita bisa berdiri atas nama brand sendiri sehingga tetap mempertahankan identitas JENAHARA. Karena ke depannya kita ingin menjadi the leading hijab brand, kehadiran JENAHARA di dunia online, maupun offline, harus kuat.

 

Tips & Trik sukses untuk para entrepreneur muda?

Berdasarkan pengalaman sendiri, penting untuk selalu lihat apa yang pasar inginkan. Di Indonesia sendiri pasarnya luas sekali dan sangat unik karena ketika ingin berjualan untuk segmen tertentu, pasti market-nya ada. Temukan segmen yang ingin ditargetkan dan pastikan untuk terus mempertahankan daya saing di pasar karena semakin banyak brand-brand yang muncul sebagai kompetitor.

Terakhir: saat berbisnis, kamu harus selalu berani dan konsisten. Berani untuk melakukan keputusan dan mengambil resiko, dan tetap konsisten dengan pilihan yang kamu ambil.


******

Ingin membangun kisah bisnismu sendiri yang juga sukses? Kini saatnya membuat toko online-mu sendiri bersama SIRCLO. Coba sekarang dan nikmati berjualan online GRATIS tanpa batas waktu dan komitmen!

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!