Blog

9 Taktik untuk Tingkatkan Pengunjung Website Toko Online

Kamu sudah merancang website toko online untuk bisnis sedemikian rupa hingga akhirnya jadi suatu website dengan tampilan yang menarik dan mudah digunakan. Lalu apa langkah selanjutnya? 

Calon customer tentu tidak akan tiba-tiba datang dengan sendirinya. Agar website toko online kamu dikenali oleh calon pembeli, maka kamu harus mempromosikannya. Tak sedikit pebisnis pemula yang melakukan kesalahan dengan membiarkan begitu saja websitenya sehingga akhirnya website tidak memberikan hasil yang optimal.

Apa saja yang dapat dilakukan pebisnis untuk mempromosikan website bisnisnya? Berikut cara-caranya:

Email Newsletter

Apabila kamu memiliki data email customer, email newsletter menjadi salah satu cara yang efektif untuk mempromosikan website. Kirimkan email pengumuman mengenai hadirnya website toko onlinemu. 

Agar customer semakin tertarik, kamu dapat memberikan promo tertentu bagi mereka yang berbelanja melalui website. Dengan demikian, kamu bisa membentuk kebiasaan baru bagi customer untuk belanja melalui website toko onlinemu.

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Tampilan Website E-Commerce Penting untuk Diperhatikan

Signature Email

Selain melalui email newsletter yang dikirimkan ke customer, kamu juga bisa mempromosikan website bisnis kamu secara tidak langsung melalui signature email pada email pribadi ataupun email karyawan. 

Edit signature email dan tambahkan logo bisnis, informasi kontak, serta link menuju media sosial dan website toko onlinemu. Dengan demikian, saat seseorang menerima email dari kamu atau karyawanmu, mereka akan langsung menyadari signature tersebut dan akhirnya dapat mengarahkan mereka ke websitemu.

Marketplace

Jika kamu berjualan di marketplace, jangan lupa untuk mencantumkan link ke website toko onlinemu pada profil toko. Apalagi, marketplace menjadi salah satu platform belanja yang banyak digunakan oleh sebagian besar orang. Dengan menambahkan informasi website pada profil, customer yang berniat untuk mencari tahu lebih lanjut bisa berkunjung ke websitemu.

Blog

Walaupun tidak secara langsung mempromosikan website-mu, konten blog yang dikembangkan dengan tepat dapat membantu mempromosikan website toko onlinemu. Hal ini dikarenakan blog dapat meningkatkan SEO dan ranking website di mesin pencari. 

Jadi saat orang mencari kata kunci tertentu yang sesuai dengan konten blogmu, mereka pun bisa menemukan website bisnismu. Selain itu, website dengan ranking yang bagus juga bisa mendorong tingkat konversi.

Media Sosial

Ada begitu banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mempromosikan website melalui media sosial. Salah satu caranya adalah dengan meletakkan link menuju website toko onlinemu pada profil atau biodata media sosial pribadi maupun bisnis. Dengan begitu, siapapun yang berkunjung ke profil mu akan langsung menyadari keberadaan website tersebut.

Selain itu, apabila jumlah pengikut Instagram kamu ataupun akun bisnismu lebih dari 10 ribu, kamu juga bisa membagikan informasi mengenai website pada Instagram Story menggunakan fitur swipe up untuk mendorong pengikutmu berkunjung ke website.

Kamu juga dapat memanfaatkan konten multimedia seperti video untuk mempromosikan website. Misalnya, kamu bisa membuat video dan mempublikasikannya di Youtube atau TikTok. Kemudian pada caption, cantumkan link menuju website toko online.

Google My Business

Daftarkan bisnis kamu di Google My Business agar saat seseorang memasukkan nama brand kamu di mesin pencari, mereka bisa langsung menemukan seluruh informasi esensial mengenai bisnismu seperti nomor telepon, jam operasional, dan juga website toko online. Selain mendorong calon customer untuk mengunjungi websitemu, hal ini juga menunjukkan profesionalitas bisnismu sehingga dapat meningkatkan kepercayaan mereka.

E-Book

Khususnya bagi usaha yang bergerak di B2B (business-to-business) kamu dapat mempublikasikan e-book yang membahas mengenai perkembangan dan tren terbaru industri. Ajak audiens untuk mengunduh ebook ini melalui website-mu. Pada bagian ini, kamu juga dapat meminta mereka yang ingin mengunduh e-book tersebut untuk memberikan email mereka sehingga kamu pun mendapatkan leads.

Baca juga: 6 Elemen Penting yang Perlu dalam Desain Website E-Commerce

Kontes

Salah satu cara yang paling efektif untuk mempromosikan sesuatu dengan cepat adalah dengan mengadakan kontes. Biasanya orang akan lebih tertarik untuk berpartisipasi dalam kontes karena ingin memenangkan hadiah. 

Adakan kontes yang mengarahkan audiens untuk mengunjungi website-mu. Umumkan mengenai kontes di berbagai platform penjualan. Kamu bisa memberikan hadiah berupa produk kamu ataupun hadiah lain yang masih relevan dengan brand-mu.

Iklan

Terakhir, kamu bisa mempromosikan website-mu secara langsung melalui iklan. Ada begitu banyak jenis iklan yang bisa kamu coba mulai dari iklan di media sosial, Google, ataupun platform-platform lainnya.

Bentuk iklannya pun bisa berbagai macam mulai dari gambar, teks, ataupun video. Saat membuat iklan, pastikan kamu menargetkannya sesuai dengan target customer yang ingin kamu sasar baik itu dari segi demografi, lokasi, ketertarikan, dan lain-lain.

Membangun dan mempromosikan suatu blog tentu membutuhkan waktu, usaha, dan kesabaran. Setelah melakukan upaya-upaya di atas, analisis kembali cara-cara apa yang berhasil dan mana yang kurang efektif sehingga kedepannya kamu bisa menerapkan strategi yang tepat bagi website toko onlinemu

Kamu pun bisa mulai berjualan di website toko online sendiri dengan domain custom, modal cuma Rp 0. Yuk, coba berjualan dengan Starter Plan dari SIRCLO Store!

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!