Blog

Apa Itu Facebook Marketplace dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Sekarang ini platform media sosial turut mengembangkan berbagai fitur yang dapat membantu bisnis untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan penjualannya. Facebook merupakan salah satu media sosial yang banyak menghadirkan fitur-fitur bagi bisnis, salah satunya Facebook Marketplace.

Fitur gratis ini memungkinkan kamu untuk melakukan penjualan produk lewat Facebook, bahkan tanpa harus memiliki website toko online sendiri. Pada dasarnya Facebook Marketplace bekerja seperti marketplace pada umumnya. Kamu hanya perlu mengunggah foto produk dan kamu sudah bisa melakukan penjualan.

Baca juga: Ide Bisnis di Tahun 2021 yang Patut Kamu Coba!

Selain itu, penjual dan pembeli juga bisa menghubungi satu sama lain secara instan melalui Facebook Messenger. Kemudahan untuk berinteraksi dengan penjual dapat meningkatkan kepercayaan calon pembeli. 

Selain itu, karena perilaku pengguna juga menjadi faktor pada algoritma Facebook, kemungkinan target customer melihat postinganmu lebih tinggi sehingga tingkat konversi pun bisa lebih optimal.

Untuk mulai berjualan di Facebook Marketplace, kamu tinggal klik ikon Marketplace pada menu Home kemudian pilih ‘Create New Listing’. Dari sini, kamu bisa memilih tipe listing apakah produk, kendaraan, properti, atau lowongan pekerjaan. Selanjutnya, kamu hanya perlu mengunggah foto, menyertakan deskripsi, kategori, harga, tag, dan info lainnya untuk mulai berjualan.

Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan penjualan di Facebook Marketplace:

Lakukan Riset

Sebelum mulai berjualan di Facebook Marketplace, lakukan riset terlebih dahulu dengan memeriksa barang-barang apa yang banyak dicari pada kategori produk yang serupa dengan produkmu. Periksa juga halaman toko yang menjual barang tersebut. 

Dengan mengeksplor Facebook Marketplace sebelum mulai menggunakannya, kamu bisa mendapatkan gambaran mengenai ekosistem jual-belinya, standar harga, dan apa yang bisa kamu lakukan untuk menarik perhatian calon pembeli.

Gunakan Facebook Ads

Manfaatkan Facebook ads untuk memperluas jangkauan penjualanmu. Tetapkan siapa target customer yang ingin kamu capai dan mulai beriklan. Selain menjangkau customer baru, Facebook Ads juga bisa membantumu mempertahankan pelanggan dan mendorong pembeli lama untuk kembali membeli produkmu.

Optimalkan Penjualan dengan Kata Kunci Relevan

Agar unggahan produkmu berada di peringkat atas dalam hasil pencarian dan mudah ditemukan oleh calon pembeli, pastikan kamu menggunakan kata kunci yang tepat. Optimalkan penjualanmu dengan memasukkan kata kunci utama pada judul dan kata kunci yang berkaitan pada deskripsi produk.

Misalnya, kamu bisa memasukkan nama produk, model, warna, jenis atau bahan, kondisi, dan lain-lainnya. Kamu juga bisa melakukan riset kata kunci terlebih dahulu untuk mengetahui kata kunci apa yang banyak dicari dan ideal untuk produkmu.

Pilih Kategori yang Tepat

Hindari memasukkan terlalu banyak kategori untuk satu produk. Misalnya jika kamu menjual pakaian, jangan memberi label produk elektronik pada listing tersebut. Ini dapat membuat unggahanmu dianggap sebagai spam dan malah dilaporkan atau bahkan diblokir dari Facebook.

Pilihlah kategori yang memang sesuai dengan produk yang kamu jual. Memasukkan kategori dengan sembarangan tidak hanya akan mempersulit pengguna tetapi juga malah membuat postinganmu lebih sulit untuk ditemukan oleh target customer yang tepat.

Gunakan Foto yang Berkualitas

Baik di Facebook Marketplace ataupun platform penjualan lainnya, foto merupakan faktor yang sangat penting yang dapat mempengaruhi persepsi pembeli. 93% customer mengatakan bahwa tampilan visual menjadi faktor penentu dalam keputusan pembelian mereka. Maka itu, jangan sampai kamu mengunggah foto yang buram, berkualitas rendah, dan tidak jelas.

Untuk menghasilkan foto yang berkualitas, pastikan kamu memiliki pencahayaan yang baik. Lebih baik lagi apabila pencahayaan tersebut natural. Latar yang bersih seperti warna hitam atau putih juga akan membantu calon pembeli melihat produk dengan baik. Gunakan tripod agar foto tidak buram. 

Baca juga: Maksimalkan Penjualan di Instagram dengan 7 Tips Konten untuk Instagram Shopping Berikut

Edit apabila perlu, tetapi jangan sampai hasil editan membuat produk terlihat berbeda. Apabila produkmu memiliki cacat, pastikan kamu menampilkannya pada foto agar pembeli nantinya tidak merasa dicurangi. Hindari menggunakan foto yang diunduh dari internet karena ini dapat mengurangi kepercayaan calon pembeli.

Pertahankan Reputasi yang Baik

Cara kamu melayani customer juga menjadi faktor yang dinilai oleh Facebook. Facebook memberikan penjual dua badge yang dapat membangun hubungan yang baik dengan customer

Badge yang pertama diberikan kepada penjual yang memberikan respons dengan cepat kepada calon pembeli. Badge kedua diberikan kepada penjual dengan rating yang tinggi pada Facebook Marketplace. Buat kedua badge ini menjadi target lapakmu untuk menunjukkan reputasi yang baik serta mendapatkan kepercayaan calon pembeli.

Apabila kamu dapat memanfaatkan fitur-fitur yang ada secara optimal, Facebook Marketplace bisa menjadi platform tambahan untuk menjangkau lebih banyak pembeli dan meningkatkan penjualanmu. 

Selain itu, ada juga website toko online yang bisa menjadi platform utamamu untuk berjualan! Dengan website toko online SIRCLO Store, kamu bisa mengintegrasikan toko online-mu dengan Facebook Pixel untuk beriklan dengan Facebook Ads hingga memasarkan produkmu melalui Instagram Shop! Buat website toko online-mu sekarang dengan penawaran terbaik dari SIRCLO, mulai dari Rp 275ribu per bulan.

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!