Blog

Apa Itu Tiktok Commerce? Berikut Penjelasannya

Belanja online kini sudah seperti kegiatan yang wajib dilakukan banyak orang. Terlebih kemudahan belanja secara online didukung oleh perangkat smartphone yang canggih, sehingga aktivitas belanja online bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Melihat peluang tersebut, beberapa media sosial menyajikan layanan belanja secara langsung dari aplikasi, salah satunya media sosial TikTok.

Makin bertambahnya tahun, TikTok terus mengembangkan aplikasinya sebagai media sosial yang komplit. Hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya fitur TikTok Shop pada kuarter awal tahun, tepatnya pada April 2021. Sebagai media sosial yang menawarkan visual sebagai sajian utamanya, Tiktok terus berinovasi demi menggaet lebih banyak audiens.

Baca juga: Makro, Mikro, Dan Nano. Jenjang Tingkatan Influencer

Membuka Posisi Bidang E-commerce

Sejak awal tahun 2021, anak perusahaan Bytedance ini tiba-tiba mulai banyak mengeluarkan info lowongan pekerjaan yang berkaitan dengan e-commerce. Hal tersebut marak diketahui karena TikTok membukanya secara besar-besaran di website, media sosial, dan situs pencari kerja. Melihat upaya keseriusan TikTok, nampaknya mereka tidak main-main untuk membuat fitur baru ini.

Beberapa posisi yang terus dibuka oleh TikTok diantaranya Creator Development Support Specialist, Business Development, Platform Risk Management & Services, Community Partnership Manager, User and Campaign Operation Specialist, Logistic Operations, Seller Development Support Specialist, dan Category Management Specialist. Semuanya merupakan posisi pekerjaan yang biasa ditemukan pada perusahaan e-commerce.

Belanja Lewat Satu Aplikasi

Hadirnya TikTok Shop merupakan langkah baru yang dapat memudahkan audiens untuk melakukan aktivitas belanja sembari mencari hiburan di media sosial. Mudahnya, saat audiens tertarik dengan promosi yang dilakukan pihak brand, audiens bisa langsung mengklik tombol shop untuk melakukan proses belanja.

TikTok Shop juga membantu memudahkan audiens untuk tetap berada di satu aplikasi saat memulai sesi belanja sampai mengakhirinya. Lantas, semua proses belanja online termasuk transaksi pembelian, chatting dengan penjual, hingga proses pembayaran dilakukan di dalam aplikasi TikTok. Tentu hal ini sudah didukung dengan berbagai metode pembayaran dan berbagai jasa ekspedisi pilihan agar memudahkan audiens.

Baca juga: Simak Cara Melakukan Pemasaran Frozen Food

Siap Bersaing Dengan Facebook

Langkah TikTok melebarkan sayap pada bidang e-commerce merupakan sinyal kuat untuk menantang Meta, grup besar yang menaungi Facebook, Instagram, dan WhatsApp. TikTok yang dahulu sempat diolok-olok karena mayoritas pengguna aplikasinya digunakan untuk berjoget disertai latar musik, kini bertransformasi menjadi media sosial yang memiliki ragam konten dari berbagai bidang.

Kebijakan memunculkan fitur e-commerce bukan hanya sekedar mengikuti tren. TikTok melakukan hal ini karena melihat awal mula perkembangan social commerce berasal dari China. Ditambah Douyin, aplikasi TikTok versi China berhasil menerapkan social commerce dengan keuntungan yang melimpah.

Buat bisnismu semakin berkembang, SIRCLO Store memudahkan kamu untuk memilih ragam pilihan template website menarik dan mampu mengintegrasikannya dengan marketplace, berbegai penjualan di sosial media, serta WhatsApp Business API dalam satu dashboard. Klik banner untuk info selengkapnya. 

SIRCLO Store

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!