Blog

Babylonish: fokus pada memenuhi kebutuhan pelanggan, raih banyak pesanan berulang

Belanja online di Indonesia saat ini sudah menjadi tren. Dengan minat masyarakat yang semakin tinggi terhadap toko online, semakin banyak pula pilihan produk yang dapat dibeli secara online. Mulai dari barang yang hanya satu kali konsumsi maupun yang dikonsumsi sehari hari. Jelas, dengan hadirnya toko online, memberikan kemudahan dalam berbelanja. Karena hanya tinggal ‘klik’, Anda dapat menerima barang yang dibutuhkan datang ke rumah. Hal ini pula yang menginspirasi Sandy Irawan, pemilik dari toko online kebutuhan bayi, www.babylonish.com, untuk mengembangkan usahanya dengan menggunakan ecommerce.

“Dengan toko online, Babylonish mempunyai visi untuk memberikan segala yang dibutuhkan oleh orangtua untuk keperluan bayinya, dimanapun”, ungkap Sandy Irawan pada saat wawancara dengan SIRCLO.

Tidak heran, toko online yang fokus pada produk untuk bayi ini memiliki pelanggan yang loyal. Berbagai produk untuk bayi yang ditawarkan oleh Babylonish hampir selalu mendapatkan order ulang (re-order) dari pelanggan. Jika dibandingkan, pada saat awal Babylonish berjualan secara online, pesanan yang masuk hanya mencapai 30 pesanan per bulan. Tetapi saat ini, pada awal 2015, Babylonish berhasil meraih lebih dari 3000 pesanan per bulan. “Hal ini juga dikarenakan strategi offline dan online marketing yang sama-sama dikerahkan untuk meningkatkan penjualan”.

Untuk strategi awal memasarkan toko online Babylonish, Sandy mengungkapkan bahwa berbagai strategi online dan offline marketing dikerahkan. Secara online, Sandy mengaku tidak menggunakan agency, tetapi lebih memilih mengerjakan promosinya sendiri. Pengalaman bekerja di portal berita membuatnya tertantang untuk mengerjakan semua promosi onlinenya tanpa bantuan dari pihak ketiga. Mulai dari Google Ads, Facebook Ads, Influencer dari para Blogger, hingga berbagai materi promosi online lainnya. Selain itu, cara offline juga dilakukan untuk meningkatkan penjualan. Seperti, membuka booth di berbagai event hingga memasarkan produk kepada department store.

Sebagai pengusaha, Sandy berpendapat bahwa jika ingin sukses, jangan pernah berhenti belajar. Selalu lakukan riset pelanggan untuk mengetahui segmentasi pelanggan, bagaimana kepuasan pelanggan, hingga teknologi terbaru yang dapat memudahkan berjualan secara online. “Contoh mudahnya, menggunakan platform ecommerce untuk berjualan online. Awalnya mungkin sulit, karena kita nggak tahu dan nggak tekun mengoperasikan platform ecommerce. Tapi setelah diseriusin, belajar utak-atik, akhirnya paham dan mengerti bahwa platform ecommerce itu memudahkan untuk berjualan, kita juga bisa tau tools atau celah yang dapat digunakan untuk meraih lebih banyak pelanggan”.

Kedepannya, Babylonish akan semakin meningkatkan kualitas dan kuantitas produk dengan terus menerus melakukan riset pada pelanggan serta menumbuhkan misi untuk menjadi toko online yang dapat memenuhi semua kebutuhan bayi.


Ingin memiliki toko online seperti Babylonish? Daftar sekarang di www.sirclo.com dan nikmati berjualan online GRATIS tanpa batas waktu dan komitmen!

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!