Blog

Bagaimana Cara Membangun Tim Sukses Bisnis Online Yang Ideal?

Saat pertama kali memulai bisnis online, banyak yang mengira mereka bisa mengatasi semuanya sendirian, jadi buat apa menggaji orang untuk mengerjakan sesuatu yang bisa dilakukan sendiri? Nyatanya, setelah dijalankan ternyata bisnis tidak mungkin bisa berkembang tanpa bantuan orang lain.

Coba bayangkan bagaimana repotnya membuat konten marketing, mengecek stok barang, melayani pelanggan, menjalankan promosi, mengurus pembukuan, dan tugas lainnya sendirian. Agar bisa terus berkembang, penting sekali untuk membangun tim sukses yang bisa mendukung kelancaran bisnis online kamu.

 

Tentukan Posisi Yang Dibutuhkan

Untuk memutuskan posisi apa saja yang kamu butuhkan, apakah harus menggaji pegawai tetap atau menggunakan freelancer, serta berapa gaji yang pantas untuk setiap pegawai, coba tuliskan jawaban dari tiga pertanyaan di bawah ini:

  • Tugas apa saja yang harus saya selesaikan setiap hari, setiap minggu, setiap bulan, dan setiap 3 bulan agar bisnis berjalan dengan lancar? Merinci berbagai tugas yang harus dilakukan akan membantu kamu menciptakan deskripsi pekerjaan dan memberikan gambaran berapa banyak jam kerja yang kamu butuhkan setiap bulannya untuk membangun tim sukses yang ideal.
  • Apa saja tugas, proyek, dan bagian spesifik yang saya rasa kurang nyaman dan kurang mampu untuk dikerjakan sendiri? Jawaban pertanyaan ini akan memberikan sedikit petunjuk tentang pekerjaan apa saja yang bisa didelegasikan pada orang lain. Contohnya, kalau kamu merasa kurang komunikatif, kamu mungkin perlu bantuan di bagian customer service.
  • Berapa budget bulanan saya untuk menggaji pegawai? UMR bisa menjadi patokan gaji pegawai tetap, sedangkan pekerja freelance bisa dibayar sesuai dengan jumlah pekerjaan yang diberikan.

Berikut ini adalah contoh susunan tim untuk bisnis online yang cukup ideal dan bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan:

  • Tim Inti

–       Asisten Eksekutif

–       Manajer Operasional

–       Manajer Sosial Media

–       Admin Toko Online 

 

  • Freelancer

–       Web Designer dan Engineer (bisa di outsource dengan jasa pembuatan toko online)

–       Graphic Designer

–       Copywriter

–       Pembukuan

–       Fotografer

 

Rekrut Berdasarkan Budaya Perusahaan

Terkadang orang yang memenuhi kriteria dan pengalaman yang dibutuhkan belum tentu bisa menjadi pegawai yang terbaik. Salah satu aspek penting yang mempengaruhi kelancaran bisnis adalah budaya perusahaan yang ingin kamu terapkan, karena itu pilihlah anggota tim yang bisa beradaptasi dengan karakter bisnis online kamu.

Kalau kamu ingin menciptakan lingkungan kerja yang cepat, kreatif, dan komunikatif, sebaiknya jangan merekrut pegawai yang kerjanya lamban dan kurang skill sosial – meskipun kerjanya bagus. Anggota tim yang bisa saling bekerja sama dan berkomunikasi dengan baik biasanya akan membuat suasana kerja jadi lebih santai dan menyenangkan, sehingga mereka juga bekerja dengan lebih produktif.

Sebisa mungkin lihat lebih dekat kepribadian dan cara berpikir orang yang akan direkrut, dan akan lebih baik lagi kalau mereka memiliki passion di bidang bisnis online kamu, sehingga lebih mudah bertukar pikiran untuk mencari ide baru dan mengembangkan rencana bisnis.

 

Setelah kamu selesai merekrut pegawai, pastikan setiap anggota tim diberikan goal individu serta tahu peran goal tersebut untuk mendukung tujuan utama yang ingin dicapai oleh bisnis online kamu. Tunjukkan apresiasi untuk setiap saran, inovasi, dan kerja keras yang sudah mereka berikan untuk kemajuan perusahaan, sehingga mereka akan selalu merasa menjadi bagian dari tim dan terus berkomitmen untuk mensukseskan bisnis online kamu.

 

 

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit