Blog

Bantu Optimalkan Bisnis Lewat Chat Commerce, Bagaimana Cara Kerja SIRCLO Chat?

Saat ini sudah ada begitu banyak platform yang tersedia untuk berjualan online seperti website toko online dan marketplace. Walaupun demikian, banyak konsumen Indonesia yang lebih memilih untuk berbelanja melalui aplikasi chat seperti WhatsApp. Hal ini dikarenakan komunikasi secara personal dengan pembeli dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan. 

Melihat hal ini, sejumlah aplikasi chat pun mengembangkan platform yang dapat mendukung kegiatan chat commerce, contohnya WhatsApp dengan WhatsApp Business dan WhatsApp Business API. Walaupun mirip, WhatsApp Business dan WhatsApp Business API pada dasarnya berbeda. WhatsApp Business merupakan aplikasi gratis dengan fitur-fitur yang dapat mempermudah pebisnis untuk berjualan. Sementara WhatsApp Business API merupakan perangkat yang dapat mengoptimalkan layanan pelanggan.

Baca juga: WhatsApp Business vs. WhatsApp Business API: Apa Bedanya?

Untuk mendukung kegiatan chat commerce yang lebih efektif, SIRCLO menghadirkan SIRCLO Chat yang yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui SIRCLO Chat, brand dapat melayani customer dengan efisien, memproses pemesanan dari aplikasi, dan banyak lagi. Berikut fitur-fitur SIRCLO Chat yang dapat mendukung pertumbuhan bisnismu.

Dashboard Terpadu

Dashboard SIRCLO dapat diakses oleh banyak pengguna sekaligus sehingga memungkinkan penjual untuk merespons customer dengan lebih cepat. Selain itu, dashboard SIRCLO Chat juga terintegrasi dengan inventori dan katalog produk sehingga penjual bisa langsung memberikan informasi produk kepada customer dengan mudah. Inventori pada SIRCLO Chat juga tersinkronisasi secara otomatis sehingga akan ter-update langsung apabila ada produk yang terjual.

Transaksi via Chat

SIRCLO Chat mendukung pengalaman berbelanja customer yang menyeluruh dalam satu aplikasi. Tidak hanya dapat merespons customer saja, SIRCLO Chat juga memungkinkan penjual untuk memproses transaksi seperti mengisi format order dan menambahkan pesanan ke shopping cart. Tak hanya itu, pemrosesan transaksi ini juga bisa dilakukan secara otomatis maupun oleh admin

Notifikasi Otomatis

Terkadang, ada sejumlah pertanyaan umum yang seringkali ditanyakan customer seperti cara order, status pemesanan, ketersediaan produk, dan lain-lain. Melalui Fitur notifikasi otomatis SIRCLO Chat, penjual dapat langsung menyapa customer baru dan merespons pertanyaan. Hal ini dapat mempercepat proses transaksi sekaligus meningkatkan produktivitas.

Selain itu, penjual juga bisa mengirimkan pesan otomatis terkait status pesanan atau pengiriman serta mengirimkan notifikasi pengingat pembayaran ke customer. Melalui fitur ini, customer pun akan merasa tenang dan puas karena mendapatkan pelayanan dan perhatian yang baik dari penjual.

Dapat Diakses Beberapa Admin

Saat bisnis sudah semakin berkembang, brand akan membutuhkan beberapa admin untuk menangani chat dan pertanyaan customer yang masuk. Untuk mengakomodasi ini, dashboard SIRCLO Chat dapat diakses oleh banyak admin sehingga mengurangi kemungkinan adanya chat yang tidak terjawab. Selain itu, kamu juga bisa memantau performa layanan pelanggan dari admin sehingga kamu bisa tetap menjaga kualitas pelayananmu dan mempertahankan kepuasan pelanggan. 

Pembayaran Terintegrasi

Metode pembayaran yang terbatas dapat membuat customer menjadi ragu untuk melakukan transaksi. Untuk itu, SIRCLO Chat menyediakan fitur pembayaran terintegrasi. Melalui fitur ini, customer dapat melakukan pembayaran melalui berbagai metode dan platform mulai dari kartu kredit, virtual account, GoPay, OVO, dan Indomaret via Midtrans.

Terintegrasi dengan Website

SIRCLO Chat juga dapat diintegrasikan dengan website toko online SIRCLO sehingga seluruh pengelolaan produk, inventori, pemesanan, hingga pengiriman dapat tersinkronisasi. Hal ini akan memudahkan brand untuk melakukan penjualan secara efisien dan memantau perkembangan bisnis secara berkala.

Baca juga: Luasnya Pasar Pengguna Whatsapp Jadi Potensi Besar Bagi Pebisnis

Fitur-fitur ini membuat SIRCLO Chat menjadi andalan beragam brand dari berbagai industri untuk mendukung aktivitas chat commerce mereka mulai dari Wall’s, Banda.co, Plantful, Hijab Wanita Cantik, Rock Nation, Garyman Indonesia, dan banyak lagi. Melalui SIRCLO Chat, brand dapat mengoptimalkan pelayanan pelanggan, meningkatkan efektivitas kinerja tim, memproses penjualan dengan efisien, dan mempercepat pertumbuhan bisnis. 

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!