Blog

Baru Mulai Berjualan di Marketplace? Gapai Customer dengan 7 Cara Ini!

Saat baru pertama kali berjualan, salah satu hal yang penting untuk dilakukan adalah memasarkan bisnis dan menarik pelanggan baru. Tujuannya tak lain adalah supaya target konsumen bisa mengenal bisnismu dan akhirnya tertarik untuk menggunakan produk atau jasa yang kamu tawarkan. 

Salah satu platform yang bisa digunakan untuk berjualan adalah marketplace. Di marketplace, kamu bisa buat toko online tanpa repot. Beberapa marketplace bahkan memungkinkan kamu untuk buat toko online gratis. 

Namun, menjangkau customer sebagai lapak baru di marketplace bisa menjadi suatu pekerjaan yang cukup menantang. Hal ini dikarenakan di marketplace ada begitu banyak toko online yang menjual beragam macam produk sehingga kompetisi pun menjadi tinggi. 

Baca juga: Optimalkan Penjualan Bisnis Online dengan Omnichannel

Tapi jangan khawatir! Jika kamu baru saja memulai bisnis atau baru menambah platform penjualan dengan membuat lapak di marketplace, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjangkau target konsumen dan mendapatkan pelanggan. 

Pelajari Marketplace

Pertama, kenali dulu marketplace yang kamu gunakan, mulai dari demografi pengguna hingga kategori produk yang umumnya dijual pada marketplace tersebut. Layaknya pusat belanja, ada toko yang menjual produk yang sangat spesifik seperti tas branded, ada juga yang menjual produk peralatan rumah tangga dengan harga yang terjangkau. 

Dengan mengetahui ciri khas marketplace yang kamu gunakan, kamu bisa menyusun strategi untuk memasarkan lapakmu. Selain itu, pelajari juga cara kerja algoritma dari marketplace tersebut. Dengan mengetahui algoritma marketplace, kamu bisa mengoptimalkan toko online-mu supaya saat orang mencari produk yang kamu jual, toko online kamulah yang muncul paling atas. 

Pilih Nama Produk yang Menjual

Selain dari segi marketplace-nya, kamu juga harus bisa menentukan nama produk yang sesuai dengan apa yang orang cari. Misalnya alih-alih sebatas menggunakan nama produk yang kamu buat sendiri, gunakanlah kata kunci yang relatif umum sehingga produkmu lebih mudah ditemukan. 

Namun tambahkan juga keterangan lainnya beserta dengan nama bisnismu. Keterangan ini bisa berupa ukuran, bahan, warna atau keterangan lainnya. Misalnya, jika kamu menjual sweater, kamu bisa menuliskan “sweater tebal ukuran L (nama brand)” sebagai nama produkmu. Dengan demikian, saat orang mencari dengan kata kunci ‘sweater tebal’ produkmu bisa muncul di hasil pencarian. Jika kamu sedang memberikan potongan, kamu juga bisa menambahkan kata ‘promo’ pada produk. 

Gunakan Foto Produk yang Menarik

Foto merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan ketertarikan orang terhadap suatu produk. Maka itu, gunakan foto yang berkualitas mulai dari resolusi hingga pencahayaan. Sebisa mungkin gunakan foto produk asli sehingga nantinya saat orang memesan produkmu, barang yang mereka terima sama dengan apa yang mereka lihat pada foto. 

Foto produk dari beberapa sudut sehingga detail produk juga ikut terlihat. Kamu juga bisa menunjukkan cara penggunaan produkmu pada foto untuk menghindari pertanyaan yang berulang dari calon pembeli. 

Gunakan Fitur Ads

Biasanya tiap marketplace memiliki fitur iklannya sendiri. Manfaatkan fitur tersebut untuk memasarkan toko online-mu. Agar semakin menarik hati pengguna, kamu bisa menawarkan promo pada iklan yang kamu pasang. 

Iklan yang ditawarkan di tiap marketplace bermacam-macam, mulai dari iklan pada kata kunci tertentu, iklan pada headline, iklan produk tertentu, hingga iklan toko online. Lewat iklan, kemungkinan orang melihat produk yang kamu jual dan mengunjungi lapakmu semakin tinggi sehingga kemungkinan kamu mendapatkan customer baru juga meningkat. 

Promosikan di Media Sosial

Jika kamu tidak berjualan di platform lain, kamu bisa mempromosikan lapakmu di media sosial pribadimu dan membagikannya ke orang-orang terdekat. Namun, jika sebelumnya kamu sudah berjualan di media sosial atau website toko online, kamu bisa menghubungkan platform-platform tersebut dengan lapakmu di marketplace

Pasang link menuju lapakmu pada profil media sosial bisnis, bagikan di Instagram Story, tambahkan tombol di web jualan online yang mengarahkan pengunjung ke lapakmu. Arahkan pelanggan untuk bertransaksi lewat marketplace dan minta mereka untuk memberikan rating dan review sehingga lapakmu bisa berkembang dengan cepat. 

Berikan Promo

Salah satu yang dicari orang saat berbelanja di marketplace adalah produk dengan harga terjangkau dan promo. Untuk menarik hati calon pembeli, kamu bisa memberikan promo opening sale seperti memberikan potongan harga, cashback, buy 1 get 1, gratis ongkir, dan promo-promo lainnya. 

Bisa juga dengan memberikan potongan untuk pembelian selanjutnya sehingga menarik orang untuk kembali membeli dari lapakmu. Tentukan batas waktu untuk promo yang kamu buat sehingga meningkatkan rasa urgensi orang untuk segera membeli produkmu.

Berikan Pelayanan yang Berkualitas

Terakhir dan tak kalah penting dari poin-poin sebelumnya, selalu berikan pelayanan yang berkualitas. Respons chat dan pertanyaan dari konsumen dengan ramah dan sopan. Balas chat dengan cepat sehingga calon pembeli tidak kabur dan malah berbelanja di lapak kompetitor. 

Perbarui stok produk di marketplace. Segera proses tiap pesanan yang kamu terima dan berikan estimasi waktu pengiriman. Berikan update informasi terbaru kepada pembeli. Pelayanan yang berkualitas menunjukkan kepada pembeli bahwa kamu peduli kepuasan terhadap mereka. 

Baca juga: Tips Menjangkau Lebih Banyak Konsumen Melalui Marketplace

Berjualan di beberapa marketplace secara bersamaan? Memantau tiap marketplace bisa sangat membuang waktu. Sebaiknya, gunakan layanan manajemen multichannel e-commerce seperti Connexi yang dapat mempermudah penjualan online-mu mulai dari mengelola penjualan, mensinkronisasi stok, hingga mengurus proses logistik. Apabila kanal-kanal penjualanmu terintegrasi, kamu bisa lebih mudah mengendalikannya dan kamu bisa fokus mengembangkan strategi untuk sukses jualan online!

Kami mengerti bahwa kesuksesan bisnis online Anda adalah yang paling utama.

Mulai kisah sukses Anda sekarang juga!