Blog

Beberapa Penyebab Bisnis Online Kamu Sulit Berkembang

Pada tahun 2016 ini, sepertinya tren bisnis online masih akan terus bergulir. Hal ini terlihat dari salah satunya diselenggarakannya Indonesia E-Commerce Summit & Expo oleh Indonesian E-Commerce Association untuk pertama kalinya pada April 2016 lalu yang dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Pemerintah Indonesia pun turut andil menciptakan ekosistem yang mendukung bagi para pelaku bisnis online seperti 1000 startup, palapa ring, dan Desa Brodaband Terpadu. Sayangnya, di tengah kondisi di Indonesia yang cukup memadai untuk bisnis online ini, ternyata masih banyak pelaku bisnis online yang sulit mengembangkan bisnisnya sampai ada beberapa yang mengalami kegagalan juga.

Jika dilihat dari kondisi ini, dapat diketahui bahwa ternyata masih banyak faktor penentu yang membuat kondisi bisnis online kamu menjadi kurang baik. Dari sejumlah alasan, kami mencoba mengerucutkan menjadi beberapa saja. Simak ulasan berikut untuk mengetahui beberapa hal yang bisa menjadi penyebab bisnis online kamu sulit berkembang:

1.       Tampilan Toko Online Kurang Menarik

Ketika berkunjung ke sebuah toko untuk ingin membeli barang, tentu tampilan toko tersebut cenderung menjadi tolak ukur yang paling awal. Demikian juga ketika pembeli berkunjung website toko online kamu, tentu ia akan menangkap kesan pertama dari tampilannya. Kamu tidak harus membuat tampilan yang indah atau sangat kompleks, namun pastikan website dari toko online kamu tampak rapi dan menarik. Cek kembali apakah website tersebut mudah digunakan dan produk di dalamnya selalu up-to-date, juga disertai dengan deskripsi lengkap tentang produk yang dijual.

2.       Alamat Website Kurang Meyakinkan

Yang tak kalah penting adalah kamu harus memiliki website dengan top level domain, usahakan untuk membangun situs yang kredibel. Hal ini termasuk poin penting karena banyak toko online di luar sana bertujuan untuk melakukan penipuan dengan memanfaatkan situs kacangan. Dengan menggunakan domain berbayar maka setidaknya konsumen akan merasa bahwa toko online kamu memang nyata. Hal ini membantu meningkatkan kepercayaan konsumen, lho!

3.       Kurang Menguasai
Online Marketing

Setelah online shop kamu sudah memiliki website yang oke, tugas berikutnya adalah mengenali pemasaran secara online. Jika ingin terjun dalam sebuah bidang bisnis, maka kamu perlu menguasai tentang trik-trik yang ada di dalamnya. Terjun ke bisnis online tanpa tahu trik pemasaran yang bisa dilakukan melalui internet sama saja seperti terjun bebas tanpa parasut. Oleh karena itu, pastikan untuk setidaknya melakukan research mengenai online marketing sebelum benar-benar terjun ke bisnis online. Saat menjalankan bisnis online ini pun kamu juga tetap harus terus belajar. Hal ini karena dunia online memiliki segudang cara yang kerapkali berubah tanpa schedule yang pasti.

Beberapa contoh cara yang harus kamu kuasai adalah bagaimana beriklan secara online dan juga memilih keyword yang tepat untuk mendeskripsikan bisnis kamu. Untuk memasang iklan online, pastikan kalian mempelajari tentang pemanfaatan via media sosial serta blog pribadi agar usaha kamu menarik perhatian banyak orang. Cari segala promosi online yang bisa dilakukan dan maksimalkan hal tersebut.

Kemudian untuk pemilihan keyword, pastikan kamu menggunakan kata-kata yang tepat karena hal ini dapat berpengaruh terhadap hasil pencarian di search engine. Manfaatkan keyword planner untuk mendapatkan pilihan kata yang paling relevan dan pilihlah yang sederhana serta familiar bagi audiens. Ingatlah bahwa keyword yang mudah akan memudahkan pula untuk orang lain menemukan bisnis online kamu, sehingga ia bisa semakin berkembang.

4.       Kurangnya Jaringan atau Mitra

Mitra atau jaringan tidak hanya penting untuk bisnis offline saja, tapi juga untuk bisnis online. Sebagai user online shop di dunia maya tentu kamu sering mendengar tentang reseller atau dropship bukan? Nah para reseller dan dropship inilah yang nantinya dapat membantu mengembangkan bisnis online yang kamu miliki. Mereka akan membantu untuk memasarkan produk toko online kamu, tentunya dalam kondisi ini biaya untuk bermitra dengan mereka lebih kecil dibandingkan dengan bisnis offline.

Setelah mengenali beberapa penghambat perkembangan bisnis online, semoga kamu bisa menemukan solusi untuk mengatasinya. Salah satunya, telah tersedia jasa pembuatan toko online dari SIRCLO yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis kamu.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!