Blog

Baru Mulai Berbisnis Online? Tingkatkan Penjualanmu lewat Strategi Pemasaran Ini

Dalam berbisnis, strategi pemasaran merupakan salah satu hal penting yang wajib dimiliki agar bisnis bisa terus berkembang. Apalagi jika bisnismu merupakan bisnis baru. Strategi pemasaran yang tepat tidak hanya membantu bisnismu jadi lebih dikenal tetapi bisa meningkatkan penjualan dan akhirnya menghasilkan pendapatan yang berlipat. 

Dengan adanya internet, cakupan strategi pemasaran jadi semakin luas karena bisa dilakukan secara online. Selain itu, modal yang dibutuhkan juga tidak sebesar seperti beriklan di billboard atau televisi. Maka itu, strategi pemasaran produk secara online menjadi pilihan tepat bagi pebisnis pemula. 

Baca juga: Ingin Memulai Bisnis di Tengah Pandemi? Simak Dulu Strateginya

Namun bagaimana menerapkan strategi pemasaran online yang ampuh mendongkrak penjualan? Berikut beberapa strategi yang bisa kamu terapkan untuk bisnismu. 

Konten jadi Kunci

Ya, salah satu yang krusial dalam melakukan strategi pemasaran online adalah menciptakan konten. Tapi bukan sekadar konten saja, tetapi konten yang berkualitas. Faktanya, rata-rata bisnis online juga memiliki konten untuk menggaet audiens. Dengan banyaknya pilihan konten, kontenmu harus berkualitas sehingga orang pun ingin melihatnya dan mencari tahu tentang bisnismu lebih lanjut. 

Konten ini bisa berupa artikel pada blog website toko online-mu ataupun postingan di media sosial. Jenis konten yang bisa kamu eksplor juga sangat banyak mulai dari tulisan, visual, video, audio, dan banyak lagi. Tinggal kamu sesuaikan dengan bisnis dan produk atau jasa yang kamu tawarkan. 

Konten merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kehadiran online bisnismu. Jika kamu membuat konten untuk media sosial, pastikan kamu mengetahui ciri khas tiap platform. Instagram misalnya, sangat menekankan segi visual. Artinya, konten yang kamu buat juga harus terlihat menarik. 

Terapkan Strategi SEO

Jika kamu sudah punya web jualan online, jangan lupa untuk mengoptimasinya dengan SEO (Search Engine Optimization). SEO dapat membantu meningkatkan ranking website toko online-mu di Google. Jadi saat orang memasukkan kata kunci yang berkaitan dengan bisnismu di mesin pencari, mereka akan langsung menemukan web jualan online-mu. 

Influencer Marketing

Ingin bisnismu dikenal oleh orang banyak dengan cepat? Influencer marketing jadi pilihan yang tepat. Untuk yang satu ini, kamu memang perlu mengeluarkan modal, tetapi efeknya memang umumnya lebih cepat. 

Namun, kamu juga harus memilih influencer yang tepat ya untuk mempromosikan bisnis dan produkmu supaya target audiens yang kamu tuju pun bisa tercapai. Ada beberapa faktor yang bisa kamu jadikan pertimbangan dalam memilih influencer di antaranya jumlah followers, tingkat engagement, dan konten-konten yang diunggah oleh influencer

Buat Program Referral

Dengan program referral, kamu bisa melipatgandakan customer bisnismu. Pada dasarnya, lewat program referral ini kamu mendorong pelangganmu yang sekarang untuk mengajak orang lain untuk ikut menjadi pelanggan. Dengan kata lain, customer-mu secara tidak langsung membantumu memasarkan bisnismu.

Biasanya program referral ini disertai kode khusus untuk dibagikan ke orang lain. Dengan menggunakan kode ini, pelanggan baru bisa mendapat diskon atau promo. Sebagai gantinya, pelanggan yang membagikan kodenya juga akan menerima semacam reward atau hadiah tertentu. 

Tawarkan Kupon atau Promo

Strategi yang satu ini juga banyak digunakan oleh pebisnis pemula untuk menarik pelanggan baru dan memasarkan produk mereka. Entah itu dengan kupon, kode voucher, promo buy 1 get 1, diskon, dan banyak lagi. 

Orang pada dasarnya akan tertarik apabila melihat kata ‘DISKON’,‘PROMO’, atau ‘SALE’. Promo ini juga bisa kamu letakkan pada homepage web jualan online-mu sehingga setiap pelanggan baru yang mengunjungi situsmu bisa semakin tertarik untuk belanja.  

Giveaway

Cara lain adalah dengan memberikan sampel dengan cuma-cuma baik lewat giveaway atau kontes. Kamu bisa membuat giveaway atau kontesnya sekreatif mungkin untuk mempromosikan bisnismu lebih lanjut. 

Misalnya, syarat menang giveaway adalah follow media sosial bisnismu dan membagikannya di timeline mereka atau membuat lomba menulis artikel tentang produkmu. Dengan demikian, giveaway atau kontes yang kamu adakan tidak hanya berhenti pada peserta yang berpartisipasi saja tetapi juga menyebar ke cakupan audiens yang lebih luas. 

Email Marketing

Ingin meningkatkan penjualan? Kamu bisa mulai dari mailing list kamu. Hingga saat ini, email marketing masih menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling banyak digunakan oleh banyak bisnis. Email marketing merupakan salah satu cara paling personal dan efektif untuk menarik calon pelanggan. Kalau kamu ingin mendorong orang-orang yang sudah pernah mengunjungi website toko online-mu dan mendaftarkan email mereka untuk membeli barang, email marketing adalah cara yang tepat. 

Email marketing juga memungkinkan kamu untuk membangun hubungan dengan calon pelanggan. Kamu bisa membagikan kode promo khusus atau update promo-promo terbaru ke mailing list kamu. Jangan lupa untuk tambahkan CTA (Call to Action) untuk mendorong calon pembeli untuk mengambil tindakan. 

Buat Website

Website toko online merupakan salah satu aspek paling penting untuk memaksimalkan pemasaran bisnismu. Beberapa strategi pemasaran di atas pun melibatkan website. Misalnya, kamu bisa mendapatkan leads untuk email marketingmu dari web jualan online. Jika kamu membuat konten artikel, kamu bisa memasangnya di website toko online-mu.

Apalagi saat ini kebanyakan orang mencari informasi melalui mesin pencari seperti Google.  Maka itu, membuat website toko online penting untuk mengembangkan bisnismu. Dengan punya web jualan online, bisnismu jadi terlihat lebih kredibel dan profesional. 

Pastikan web jualan online-mu mudah dicari dan memuat informasi yang diperlukan calon pembeli seperti halaman tentang bisnismu, deskripsi produk, dan sebagainya. Buat website online dengan desain yang responsif serta opsi pembayaran yang mudah. Agar tampilannya menarik, kamu bisa memanfaatkan jasa pembuatan toko online profesional.

Baca juga: Tips Memaksimalkan Penjualan dengan Website Toko Online

Nah itu dia beberapa cara yang bisa kamu coba sebagai pebisnis pemula. Walaupun baru mulai, bukan berarti kamu tidak bisa bersaing dengan bisnis-bisnis lainnya kan? Dengan menerapkan strategi-strategi di atas, kamu pun bisa mengembangkan bisnis barumu dengan efektif.

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit