Blog

Bisa Jadi Inspirasi, Ini 6 Brand yang Menggunakan Instagram Shopping

Dengan munculnya fitur Instagram Shopping di Instagram, banyak pelaku bisnis dan brand yang ikut memanfaatkan fitur-fitur ini. Bukan hanya bisnis kecil saja, brand-brand besar pun banyak yang menggunakan fitur Instagram Shopping untuk meningkatkan penjualan dan memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan kepada customer

Dari brand-brand ini, kamu juga bisa ikut mempelajari bagaimana mereka memanfaatkan fitur-fitur yang ada sekaligus menjadi inspirasi untuk mengoptimalkan konten dan penjualan di Instagram. Berikut 6 brand lokal maupun internasional yang telah menggunakan Instagram Shopping.

Baca juga: Instagram Shopping Resmi Diluncurkan di Indonesia!

Polytron

Salah satu brand lokal yang telah memanfaatkan Instagram Shopping adalah brand elektronik Polytron. Customer yang mengunjungi profil Instagramnya bisa langsung melihat-lihat produk yang dijual dengan mengklik ikon Shopping Bag. Pada menu ini, customer bisa melihat berbagai produk elektronik yang ditawarkan mulai dari kulkas, televisi, speaker, dan berbagai produk rumah tangga.

Selain itu, pada beberapa foto yang diunggah ke feed juga disertakan shopping tag dimana customer bisa melihat nama  produk, harga, serta deskripsi. Pada bagian deskripsi, customer bisa membaca secara detail produk. Apabila customer ingin membelinya, customer juga tinggal memilih ‘View on Website’ dimana customer langsung diarahkan ke website Polytron untuk melakukan transaksi.

Selain mengunggah foto produk untuk disertakan tag, Polytron juga menggabungkannya dengan beberapa foto yang menampilkan cara penggunaan, fitur, dan manfaat produknya sehingga customer tidak hanya bisa membeli tetapi juga bisa lebih memahami produk-produk yang dijual. 

Buccheri

Brand lokal ternama lainnya yang juga telah menggunakan Instagram Shopping adalah Buccheri. Dibandingkan dengan Polytron, Buccheri lebih sering mengunggah konten-konten yang menyertakan shopping tag

Namun, foto konten dibuat beragam dari berbagai sudut pandang sehingga konten terlihat rapi dan tidak membosankan. Misalnya, untuk produk heels foto yang diunggah bisa berupa foto heels dari dekat untuk menunjukkan material produk, foto heels keseluruhan untuk menampilkan desain, serta foto heels saat digunakan oleh model.

Selain itu, visual konten juga dibuat konsisten seperti dari tone warna dan sudut pandang foto yang diambil. Selain menggunakan fitur shopping tag, seperti Polytron Buccheri juga menggunakan fitur Shops dimana customer bisa melihat katalog produk dengan lebih lengkap dan lanjut melakukan transaksi ke website. 

The Executive

Sama dengan Buccheri, The Executive juga menggunakan fitur shopping tag dan Shops Instagram Shopping. Bedanya, The Executive lebih sering menyertakan orang di tiap fotonya dimana model terlihat menggunakan produknya di berbagai tempat dan dengan beragam sudut pandang. 

Selain itu, The Executive juga terkadang menampilkan dan menyertakan shopping tag untuk lebih dari satu produk pada fotonya. Misalnya pada salah satu foto, terdapat dua model satu pria dan satu wanita dimana masing-masing model menggunakan produk The Executive. Apabila di klik, akan tampil carousel foto produk tersebut sehingga customer bisa melihat-lihat lebih jelas detail produknya. 

Selain itu, The Executive juga beberapa kali men-tag produk yang sama dalam foto yang berbeda. Artinya, kamu bisa meng-highlight suatu produk dalam beberapa postingan, misalnya produk baru atau produk favorit. 

Ikea Indonesia

Salah satu Instagram brand yang juga bisa menjadi inspirasimu dalam memanfaatkan Instagram Shopping adalah Ikea Indonesia. Sama seperti brand-brand lainnya, Ikea Indonesia juga memanfaatkan fitur shopping tag dan Shops. Pada fitur Shops, customer bisa melihat-lihat katalog produk yang beragam. Sementara dengan fitur shopping tag, customer yang tertarik pada suatu produk bisa mengklik tag pada foto produk tersebut untuk melanjutkan transaksi di websitenya. 

Menariknya, Ikea terkadang menggunakan konten dari customer-nya atau user-generated content untuk menyoroti produk-produknya. Hal ini dapat membuat pelanggan senang karena merasa diperhatikan sekaligus menjadi cara untuk meningkatkan engagement

Selain itu, cara lain Ikea untuk menarik customer adalah dengan menampilkan dekorasi dan interior rumah yang juga menyertakan produk-produknya sehingga customer yang melihatnya tidak hanya tertarik pada produk yang dijual tetapi juga bisa mendapatkan inspirasi. 

Lego

Lego merupakan salah satu brand dengan konten Instagram yang menarik. Pada feed-nya, Lego lebih sering menampilkan foto dan video hasil karya seni yang dibuat menggunakan produk mereka, mulai dari membuat lego yang berhubungan dengan tren terbaru seperti Star Wars hingga karya seni yang unik seperti membuat motor dari Lego. Dengan cara ini, Lego tidak hanya menarik audiens anak-anak saja dari kontennya tetapi juga orang dewasa.

Tak hanya itu, mereka juga memanfaatkan fitur Shops dan Collections untuk menyoroti beberapa kategori produk, salah satunya produk DOTS mereka. Dengan demikian, customer yang mencari produk DOTS tidak perlu susah payah mencari produk tersebut karena telah digabungkan dalam satu katalog. 

Nike Sportswear

Nike memang dikenal dengan konten-konten yang menarik, termasuk pada Instagramnya. Nike menarik perhatian pada produknya dengan cara menampilkan para atlet maupun model menggunakan produk-produk mereka. Selain itu, Nike juga kerap membagikan konten-konten inspirasional dengan meng-highlight industri olahraga dan cerita-cerita personal para atlet. Dengan cara ini, Nike bisa menyoroti produknya dengan kreatif. 

Pada konten-konten ini, Nike beberapa kali menyertakan shopping tag agar customer juga bisa mempelajari lebih lanjut produk yang ditampilkan pada foto atau video. Selain itu, Nike juga memanfaatkan fitur Collection pada halaman Shops-nya untuk koleksi produk Nike Revival-nya. Kamu juga bisa menggunakan fitur ini untuk menarik perhatian customer pada kategori produk yang ingin kamu tonjolkan.

Baca juga: Instagram Shopping Resmi Diluncurkan di Indonesia!

Dari Instagram brand-brand ini, kamu bisa mencari sumber inspirasi dan mempelajari bagaimana mereka membuat konten secara optimal untuk feed maupun untuk Instagram Shopping sehingga konten terlihat rapi, menyatu, dan sesuai dengan brand image yang ingin dibangun.

Kamu juga bisa mengaktifkan Instagram Shopping di akun Instagram brand atau bisnis-mu! Dalam beberapa minggu, katalog produk di website SIRCLO Store akan bisa langsung dihubungkan ke Instagram Shopping; mempermudah brands untuk menjajakan produk di Instagram, meningkatkan exposure brand, serta memanfaatkan fitur-fitur unggulan Instagram Shopping. Jika kamu belum memiliki website toko online, kamu bisa mulai membuat website e-commerce dengan harga mulai dari Rp 275.000 per bulan di sini!

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!